Pasukan Penjaga Perdamaian PBB di Lebanon Abaikan Permintaan Israel untuk Pindah

Berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan 1701, hanya sekitar 9.500 tentara UNIFIL dan tentara Lebanon yang boleh dikerahkan ke Lebanon selatan.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 15 Okt 2024, 10:28 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 10:25 WIB
Pasukan Sementara PBB di Lebanon
Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL) meningkatkan patroli pasca rerangan Israel di Lebanon. (JOSEPH EID/AFP)

Liputan6.com, Beirut - Pasukan penjaga perdamaian PBB akan tetap berada di semua posisi di Lebanon, meskipun Israel meminta mereka untuk pindah di tengah meningkatnya pertempuran antara Israel dan Hizbullah dan lima pasukan helm biru mengalami luka-luka. Demikian ditegaskan kepala pasukan penjaga perdamaian PBB pada Senin (14/10/2024).

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Senin kembali meminta pasukan penjaga perdamaian di Lebanon selatan (UNIFIL) untuk pindah dari daerah-daerah tertentu yang dekat dengan perbatasan Israel dengan Lebanon. Dia mengklaim sama sekali tidak benar bahwa pasukan Israel menargetkan UNIFIL.

Israel menghadapi kritik keras atas cedera dan kerusakan yang dialami oleh UNIFIL, yang telah dikerahkan di Lebanon sejak serangan darat pertama dari empat serangan darat utama Israel terhadap tetangganya pada tahun 1978.

"Keputusan telah dibuat bahwa UNIFIL saat ini akan tetap berada di semua posisinya meskipun ada seruan yang dibuat oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) untuk mengosongkan posisi-posisi yang berada di sekitar Garis Biru," kata Kepala Pasukan Penjaga pPerdamaian PBB Jean-Pierre Lacroix, seperti dikutip dari CNA, Selasa (15/10).

"Saya ingin menekankan bahwa keputusan ini masih berlaku."

Lacroix menambahkan bahwa rencana tersebut telah dikonfirmasi sebelumnya pada hari Senin oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Lima pasukan UNIFIL terluka dalam serangkaian insiden pekan lalu, di mana dalam insiden terbaru pasukan Israel menerobos gerbang dan memasuki salah satu posisi mereka.

Militer Israel kemudian menjelaskan bahwa sebuah tank mundur beberapa meter ke pos UNIFIL saat di bawah tembakan dan berusaha mengevakuasi tentara yang terluka.

Dewan Keamanan PBB untuk pertama kalinya dengan suara bulat menyuarakan "kekhawatiran yang kuat" pada hari Senin setelah serangkaian insiden tersebut.

"Dengan latar belakang permusuhan yang sedang berlangsung di sepanjang Garis Biru, para anggota Dewan Keamanan PBB menyatakan kekhawatiran mereka yang kuat setelah beberapa posisi UNIFIL diserang dalam beberapa hari terakhir," kata presiden bergilir Dewan Keamanan PBB, yang saat ini adalah Duta Besar Swiss untuk PBB Pascale Baeriswyl.

"Beberapa pasukan penjaga perdamaian telah terluka."

Dalam pernyataan, yang tidak secara khusus menyinggung Israel, ke-15 anggota Dewan Keamanan PBB mendesak semua pihak untuk menghormati keselamatan dan keamanan personel dan tempat UNIFIL. Mereka mengingatkan bahwa pasukan penjaga perdamaian PBB dan tempat PBB tidak boleh menjadi sasaran serangan.

Intervensi Dewan Keamanan PBB tersebut menyusul dua pertemuan tertutup mengenai situasi yang memburuk di Lebanon. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya