Asah 6 Kemampuan Anak dengan Berkunjung ke Museum

Dengan berkunjung ke museum, enam kemampuan pada anak akan terasah dengan baik.

oleh Bella Jufita Putri diperbarui 12 Okt 2016, 18:00 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2016, 18:00 WIB
Dengan berkunjung ke museum, enam kemampuan pada anak akan terasah dengan baik.
Dengan berkunjung ke museum, enam kemampuan pada anak akan terasah dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan merupakan waktu bagi ibu dan ayah membawa anak-anaknya berwisata. Sayangnya di zaman yang semakin modern kini, mal adalah tujuan utama yang dikunjungi para keluarga. Padahal ada tempat yang lebih menarik dan bermanfaat bagi anak, apakah itu?

Mengutip laman Mommy University, ditulis Rabu (12/10/2016), museum adalah lokasi yang paling tepat untuk mengajak anak wisata di akhir pekan. Meski museum terdengar membosankan, tetapi tempat ini dapat bantu anak mengasah kemampuannya seperti berikut ini.

1. Tingkatkan motivasi anak

Sejarah adalah ilmu yang paling mendasar dan penting untuk diketahui oleh anak sedini mungkin. Dengan memperkenalkan sejarah dari museum, anak dapat meningkatkan motivasinya seperti mengajukan pertanyaan yang secara tidak langsung mengasah aspek keingintahuan anak.

2. Asah empati

Saat mengelilingi museum dan mendengarkan pemandu bercerita secara tidak langsung empati anak akan terasah lebih baik.

3. Mampu berpikir kritis

Mengunjungi museum membuat anak berpikir lebih kritis, apalagi jika museum yang dikunjungi memiliki banyak karya seni yang menarik.

4. Asah kemampuan bahasa

Dengan membaca atau menonton video sejarah di museum, anak dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan penambahan kosa kata lebih banyak lagi.

5. Kembangkan ide

Dari patung, lukisan atau benda lainnya yang terdapat di museum dapat membuat anak mampu mengembangkan ide mereka. Memberikan hal yang baru kepada anak akan membuat pandangan mereka lebih terbuka.

6. Bentuk kedekatan antar keluarga

Mengunjungi museum juga membuat anak dan orangtua membentuk kedekatan yang semakin intim dan bisa memahami satu sama lain jauh lebih dalam.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya