Dua Obat Kanker Kolorektal yang Tak Dijamin BPJS Kesehatan Rugikan Pasien

Pasien merasa dirugikan dengan dihilangkannya dua obat kanker dari tanggungan BPJS Kesehatan

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 20 Feb 2019, 18:00 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2019, 18:00 WIB
Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Aryanti Baramuli Putri dari Komunitas Penyintas Kanker tidak setuju atas dikeluarkannya obat kanker kolorektal (usus) Bevacizumab dan Cetuximab dari daftar Formularium Nasional (Fornas).

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan momor HK.01.07/MENKES/707/2018, kedua obat tersebut tidak lagi dijamin Program Jaminan Kesehatan (JKN) BPJS Kesehatan per 1 Maret 2019.

Aryanti pun menyuarakan keprihatinan atas kondisi tersebut. Yang juga mewakili pasien kanker lain.

"Pada Juni 2018, kami menghadiri diskusi terkait hasil studi yang mana dua obat kanker ini dinilai tidak efektif. Jadi, obat Bevacizumab dan Cetuximab ini tidak direkomendasikan lagi masuk program JKN," kata Aryanti dalam konferensi pers di bilangan Tebet, Jakarta, Rabu, 20 Februari 2019.

Padahal, lanjutnya, pasien tergantung dokternya. Dokter akan merekomendasikan obat tersebut sesuai kondisi pasien.

"Ini akan merugikan pasien. Harapan hidup pasien bisa menurun. Kanker usus itu peringkat keempat bagi perempuan dan peringkat kedua pada laki-laki," Aryanti menjelaskan.

Biaya pengobatan tidak murah dan tidak semua pasien kanker mampu membiayai obat sendiri. Pada akhirnya, mengganggu ekonomi keluarga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya