Bahaya Unggah Sertifikat Vaksinasi COVID-19 ke Medsos

Dalam sertifikat vaksinasi COVID-19 tersebut ada data diri yang bila diunggah malah jadi bumerang.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 18 Mar 2021, 20:00 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2021, 20:00 WIB
FOTO: Wakil Menteri Kesehatan Jalani Vaksinasi COVID-19 di RSCM
Petugas menyiapkan sertifikat untuk Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono yang telah mengikuti vaksinasi COVID-19 di RSCM, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, tahap awal program vaksinasi akan menyasar tenaga kesehatan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara mengkomunikasikan bahwa Anda sudah divaksin COVID-19 tapi bukan dengan mengunggah sertifikat vaksinasi COVID-19 ke media sosial. Dalam sertifikat vaksinasi tersebut ada data diri yang bila diunggah malah jadi bumerang.

"Sertifikat vaksinasi ini jangan di-upload di sosial media, sebaiknya hanya untuk diri sendiri dan keperluan-keperluan khusus saja," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Jhony G. Plate usai menghadiri vaksinasi COVID-19 dosis kedua wartawan di Hall A Senayan, Jakarta pada 16 Maret 2021.

Keperluan khusus yang dimaksud Plate seperti memenuhi pendukung dokumen persyaratan perjalanan. 

Di dalam sertifikat tersebut ada QR Code yang di dalamnya ada data-data pribadi. Amat fatal bila diedarkan lalu digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, lebih baik tidak mengunggah sertifikat vaksinasi ke media sosial.

"Kita jaga data pribadi dengan tidak mengedarkannya," lanjut Plate seperti dikutip dari keterangan di laman Kementerian Kesehatan RI. 

Simak Juga Video Berikut Ini


Berlaku untuk Semua Target Sasaran Vaksinasi COVID-19

Tokoh Lintas Agama di Jakarta Utara Terima Vaksinasi Covid-19
Seorang biksu secara simbolis menunjukkan sertifikat usai vaksinasi Covid-19 di Balai Yos Sudarso, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin (15/3/2021). Tokoh lintas agama di Jakarta Utara mulai menerima vaksinasi yang digelar secara serentak di enam wilayah kecamatan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Hal ini tentu tidak hanya bagi wartawan yang sudah divaksin, melainkan berlaku bagi seluruh penduduk Indonesia yang mendapatkan sertifikat vaksinasi COVID-19. Sehingga kerahasiaan data sasaran bisa terjaga keamanannya.

 


Infografis

Infografis Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Atas 60 Tahun Dimulai. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Atas 60 Tahun Dimulai. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya