5 Kuliner Vietnam yang Wajib Diicip, Banh Mi hingga Banh Cuon

Lengkapi pengalaman wisata ke Vietnam dengan mencicipi 5 kuliner khas ini.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 19 Agu 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2023, 12:00 WIB
5 Kuliner Vietnam yang Wajib Diicip, Banh Mi hingga Banh Cuon
5 Kuliner Vietnam yang Wajib Diicip, Banh Mi hingga Banh Cuon. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Liputan6.com, Jakarta Berwisata di Vietnam kurang lengkap jika tidak mencicip kekayaan kulinernya. Ada berbagai jenis makanan dan jajanan khas yang sayang untuk dilewatkan.

Kelima kuliner Vietnam itu adalah:

Banh Mi

Kuliner pertama yang sayang untuk dilewatkan jika bertandang ke Vietnam adalah banh mi.

Ini adalah sandwich Vietnam dengan jenis roti baguette khas Prancis. Baguette diperkenalkan ke Vietnam selama era kolonial dan tetap berpengaruh sejak saat itu.

Seperti diketahui, Prancis menduduki Vietnam sejak 1887 hingga 1954 atau 67 tahun.

Roti baguette yang digunakan dalam banh mi memiliki tekstur renyah cenderung keras, berbeda dengan roti-roti di Indonesia yang mengedepankan kelembutan.

Roti ini diisi dengan berbagai pilihan daging. Mulai dari ayam, sapi, hingga babi. Bagi yang tak ingin memakan daging, ada pula Banh mi yang diisi bawang putih halus dan dipadukan dengan keju.

Daging bukan satu-satunya isian banh mi, ada tambahan daun ketumbar, cabai, dan acar yang menandakan kekhasan Vietnam. Bisa dibilang, roti ini merupakan kuliner perpaduan antara Prancis dan Vietnam.

Salah satu restoran banh mi yang sangat terkenal ada di Hoi An, yakni Banh Mi Phuong yang berdiri sejak 1989.

Bahkan, banh mi di sini dicap sebagai banh mi terenak oleh juru masak sekaligus penulis asal Amerika Serikat Anthony Bourdain.

“Ini adalah banh mi terenak menurut Anthony Bourdain,” kata pemandu wisata sekaligus penduduk asli Vietnam Chau Quang Huong Duong, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Tak heran, saat tim Liputan6.com menyambangi restoran tersebut, para pembeli terlihat berkerumun untuk mendapatkan roti isi khas Vietnam itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pho

5 Kuliner Vietnam yang Wajib Diicip, Banh Mi hingga Banh Cuon. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.
Pho, 5 Kuliner Vietnam yang Wajib Diicip, Banh Mi hingga Banh Cuon. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Pho adalah makanan berkuah yang sangat populer di Vietnam. Kepopulerannya menembus berbagai negara termasuk Indonesia. Tak heran, sesekali warga Indonesia khususnya yang tinggal di kota besar menemukan sajian pho di beberapa rumah makan.

Secara tradisional, pho dibuat dari kaldu ayam atau sapi yang direbus selama lebih dari tiga jam. Campuran bumbu dan rempah-rempah membantu memperkaya rasanya.

Kuahnya bening tapi gurih dan memiliki rasa khas. Satu mangkuk pho berisi mie putih tebal seperti bihun, potongan daging sapi, dan kuah.

Variasi pho yang paling populer adalah pho sapi atau beef pho. Ini menggunakan potongan daging sapi yang berasal dari berbagai bagian tubuh sapi seperti ekor, kaki, dan leher.

Sementara, pho ayam menyajikan berbagai bagian ayam, dengan kaldu yang lebih ringan daripada pho daging sapi. Ini sering disajikan dengan jeruk nipis, mint, cabai, tauge, dan kemangi. Varian pho ini diyakini dibuat pada tahun 1930-an ketika daging sapi sedang langka.


Banh Xeo

Banh Xeo, 5 Kuliner Vietnam yang Wajib Diicip, Banh Mi hingga Banh Cuon. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.
Banh Xeo, 5 Kuliner Vietnam yang Wajib Diicip, Banh Mi hingga Banh Cuon. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Kuliner berikutnya adalah banh xeo, wisatawan internasional bisa pula menyebutnya sebagai crispy pancake.

Ban Xeo adalah hidangan Vietnam yang memadukan crepes renyah dengan komponen gurih dan diisi dengan tauge.

Kulitnya terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air, kunyit, dan santan atau krim sehingga menghasilkan adonan kuning yang kental.

Banh xeo biasanya disajikan bersama sayuran segar, irisan timun, acar, dan semangkuk saus celup.

Setelah menumis bahan-bahan seperti daun bawang, tauge, udang, dan daging babi atau sapi, adonan dituang ke dalam wajan. Dimasak dengan api kecil, kulit ban xeo kemudian dilipat menjadi setengah lingkaran untuk membungkus isian di dalamnya. Biasanya kuliner ini disajikan dengan saus ikan manis atau saus kacang gurih.

Menurut wisatawan Indonesia, banh xeo mirip dengan lumpia tapi lebih berminyak.

“Mirip lumpia ya, tapi lebih berminyak, rasanya gurih,” ujar wisatawan asal Bekasi, Dhiya Awlia kepada tim Liputan6.com, 14 Agustus 2023.


Spring Roll

Spring rolll, 5 Kuliner Vietnam yang Wajib Diicip, Banh Mi hingga Banh Cuon. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.
Spring roll, 5 Kuliner Vietnam yang Wajib Diicip, Banh Mi hingga Banh Cuon. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Warga Vietnam memang gemar memakan sayuran hijau, baik dimasak maupun dimakan mentah. Salah satu contoh makanan penuh sayur di Vietnam adalah spring roll. Ini adalah makanan khas Vietnam yang sudah terkenal termasuk di Indonesia.

Spring roll dibuat dengan berbagai sayuran mentah termasuk wortel, bangkuang, mentimun, tauge, daun selada, seledri, daun mint, daun ketumbar, dan daun basil. Sayuran ini dipadukan dengan udang rebus, bihun, dan digulung menggunakan rice paper.

Cita rasa spring roll Vietnam tidak seperti makanan-makanan Indonesia yang bercita rasa gurih, pedas, manis. Rasa spring roll didominasi rasa sayur mentah dengan sentuhan rasa mint serta basil yang membuatnya khas.

Jika tidak diberi saus cabai khas Vietnam, rasanya mirip seperti sedang memakan berbagai lalapan yang dimakan dalam waktu bersamaan.


Banh Cuon

Banh Cuon, 5 Kuliner Vietnam yang Wajib Diicip, Banh Mi hingga Banh Cuon. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.
Banh Cuon, 5 Kuliner Vietnam yang Wajib Diicip, Banh Mi hingga Banh Cuon. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Banh cuon adalah jajanan pinggir jalan terbuat dari adonan tepung beras yang dikukus dan digulung tipis.

Banh cuon biasanya diisi dengan jamur atau daging babi. Bisa pula berisi keduanya. Makanan ini biasa disajikan sebagai menu sarapan di Vietnam, lengkap dengan taburan bawang merah goreng serta saus ikan asam manis.

Rasanya ringan dan tidak kaya rempah sehingga perlu dicelup ke saus asam manis untuk memperkaya rasanya. Teksturnya lembut dan cocok untuk anak-anak hingga lanjut usia (lansia). 

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya