Puasa Bikin Mantan Bek Liverpool Tambah Kuat

Kolo Toure selalu menjalani puasa Ramadan sepanjang kariernya sebagai pesepak bolan profesional.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 03 Jun 2018, 00:00 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2018, 00:00 WIB
Afrika Terkaya
Mantan bek Liverpool Kolo Toure tetap berpuasa di bulan Ramadan meski kompetisi tengah berjalan. (AFP/Lindsey Parnaby)

Liputan6.com, Liverpool - Puasa di bulan Ramadan tak menjadi halangan bagi Kolo Toure. Mantan bek Liverpool itu bahkan tak pernah absen menjalani rukun Islam ketiga tersebut selama kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Iya. Saya menjalani (puasa) Ramadan sepanjang berkarier di sepak bola. Berat, tapi pada saat bersamaan saya merasa tambah kuat lantaran kekuatan mental yang didapat," kata Kolo.

"Sulit memang, namun saya percaya Tuhan, tak ada yang tak mungkin," tambah kakak dari Yaya Toure ini.

Untuk bisa menjalani puasa dengan baik, Kolo mengaku sangat mengatur pola makannya. "Harus makan makanan yang tepat. Kalau tidak, bisa kekurangan makanan," ucapnya.

Kolo juga dibantu dokter dan staf lainnya agar dapat berpuasa dengan lancar. "Kami mencoba untuk bisa bekerja dengan baik. Mereka memberi saya sesuatu yang bisa membantu agar tampil lebih baik," paparnya.

Pemain asal Pantai Gading ini mengaku tubuhnya lebih kuat setelah menjalani puasa di bulan Ramadan. "Buat saya, lima hari pertama selalu sulit. Tapi setelah itu, tubuh sudah bisa beradaptasi," ujar Kolo.

"Perasaan pun mulai ringan. Seolah tubuh tengah dibersihkan dan merasa tambah kuat setelah Ramadan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Didukung Klub

Keperkasaan Manchester City Tertahan di Celtic
Bek Celtic Kolo Toure selalu berpuasa di bulan Ramadan. (AFP/Oli Scarf)

Tidak seperti tahun ini, dimana puasa dimulai saat kompetisi tengah selesai. Sebelumnya, Kolo kerap menjalani puasa Ramadan saat kompetisi tengah berjalan. "Buat saya, itu tidak masalah. Saya akan melakukan semampu saya," katanya.

Pemain Celtic ini mengaku bersyukur karena klub mendukungnya untuk menjalankan ibadah puasa. "Dukungan mereka sangat besar. Luar biasa. Fantastis. Setiap orang di sekeliling saya mencoba membantu. Mulai dari fisioterapis, dokter, dan staf pelatih," tutur Kolo.

Sumber: berbagai sumber

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya