Profil Mohamed Salah, Bomber Liverpool Beragama Islam yang Cetak Hattrick Tercepat Liga Champions

Pemain beragama Islam, Mohamed Salah mengukir sejarah baru di Liga Champions dengan mencetak hattrick tercepat dalam kemenangan klub Liverpool 7-1 atas Rangers dalam pertandingan pekan keempat Grup A

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Okt 2022, 14:30 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2022, 14:30 WIB
Salah Hattrick, Liverpool Pesta Gol di Kandang Rangers
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah mengontrol bola saat bertanding melawan Rangers selama pertandingan lanjutan Grup A Liga Champions di stadion Ibrox di Glasgow, Skotlandia, Kamis, 13 Oktober 2022. Salah mencetak tiga gol dan mengantar Liverpool menang telak atas Rangers 7-1. (AP Photo/Scott Heppell)

Liputan6.com, Jakarta - Pemain beragama Islam, Mohamed Salah mengukir sejarah baru di Liga Champions dengan mencetak hattrick tercepat dalam kemenangan klub Liverpool 7-1 atas Rangers dalam pertandingan pekan keempat Grup A di Ibrox, Kamis (13/10/2022) dini hari WIB.

Masuk ke lapangan pada menit ke-68 menggantikan Nunez, Salah hanya butuh waktu delapan menit untuk sukses merobek jala Rangers lewat tembakan kaki kiri melengkung khasnya. Pemain muslim berkebangsaan Mesir itu menunjukkan tajinya.

Empat menit kemudian, Salah kembali menggetarkan gawang McGregor. Salah semakin menggila ketika satu menit berselang, ia lagi-lagi menceploskan bola ke gawang tim tuan rumah.

Torehan tiga gol hanya dalam rentang waktu enam menit 12 detik ini pun membuat Salah memecahkan rekor hattrick dalam tempo tercepat sepanjang sejarah Liga Champions.

Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Bafetimbi Gomis yang mencetak tiga gol dalam tempo delapan menit ketika Lyon berhadapan dengan Dinamo Zagreb pada 2011 silam.

Selain Salah, pemain Liverpool yang mencetak gol di pertandingan itu yakni Robert Firmino (24', 55'), Darwin Nunez (66'), dan Harvey Eliott (87'). Sementara tuan rumah Rangers lebih dulu mencetak gol pada menit ke-17 lewat Scott Arfield.

Tambahan tiga gol ke gawang Rangers membuat Salah kini tercatat sudah mencetak 38 gol bersama Liverpool di Liga Champions. Itu adalah jumlah gol terbanyak oleh seorang pemain dari klub Inggris di pentas Liga Champions. Salah melewati catatan Didier Drogba dan Sergio Aguero yang sama-sama mencetak 36 gol.

Masuk Liverpool pada 2017, pemain Muslim ini terus menunjukkan konsistensi. Meski beberapa kali diterpa cedera, Salah kembali tampil dengan performa terbaik usai pulih.

Selain prestasinya di lapangan sepak bola, salah satu yang menjadi ciri khas Salah di luar lapangan adalah kesalehannya. Dia juga dikenal dengan kedermawanannya. Secara rutin dia bersedakah atau mendonasikan sebagian hartanya untuk orang miskin, anak terlantar, dan kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Sedekah terakhir yang diwartakan diberikan salah kepada pihak pengelola Gereja Koptik di Mesir yang mengalami kebakaran. Salah membuktikan bahwa kebaikannya tidak hanya untuk kaumnya, namun bersifat universal.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Perjalanan Karier Mohamed Salah

Liga Champions - Sadio Mane, Mohamed Salah, Didier Drogba, Samuel E’too
Liga Champions - Sadio Mane, Mohamed Salah, Didier Drogba, Samuel E’too (Bola.com/Adreanus Titus)

Mengutip Bola.net, Mohamed Salah Hamed Mahrous Ghaly lahir pada 15 Juni 1992. Ia merupakan pemain sepak bola profesional Mesir yang bermain sebagai penyerang untuk klub Liga Utama Inggris Liverpool dan menjadi kapten tim nasional Mesir. Dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia, ia dikenal dengan kemampuannya mengeksekusi bola, dribbling, dan kecepatannya.

KARIER KLUB

Al Mokawloon (2010 – 2012)

Salah mulai bermain untuk tim pemuda lokal. Dia menyebut Ronaldo, Zinedine Zidane dan Francesco Totti sebagai idola masa kecilnya. Pada tahun 2006, ia bergabung dengan tim muda Al Mokawloon saat berusia 14 tahun setelah dilirik oleh seorang anggota pramuka yang awalnya datang untuk menonton anak lain bermain tetapi terkesima oleh Salah.

Ketika Salah berusia 15 tahun, dia diperhatikan oleh manajer tim pertama Mohamed Radwan, yang segera memindahkannya ke skuat senior. Salah harus diberikan diet dan program latihan khusus karena ototnya belum terbentuk sempurna karena usianya yang masih muda. Dia membuat debut tim seniornya di Liga Utama Mesir sebagai pemain pengganti pada 3 Mei 2010 dalam hasil imbang 1-1 melawan El Mansoura. Selama musim 2010–11 Salah terus mendapatkan menit bermain, akhirnya menjadi pemain reguler di tim.

Basel (2012 – 2014)

Klub Liga Super Swiss, Basel, telah memantau Salah untuk beberapa waktu, jadi setelah Liga Premier Mesir di suspend, klub menyelenggarakan pertandingan persahabatan dengan tim U-23 Mesir. Pertandingan berlangsung pada 16 Maret di Stadion Rankhof di Basel, dan meskipun hanya bermain di babak kedua, Salah mencetak dua gol, membantu tim Mesir menang 4-3. Basel kemudian mengundang Salah untuk tetap berada di kota untuk pelatihan selama seminggu. Pada 10 April 2012, diumumkan bahwa Salah telah menandatangani kontrak dengan Basel selama empat tahun mulai dari 15 Juni 2012.

Dia membuat debut resminya di Basel dalam pertandingan babak penyisihan Liga Champions UEFA melawan klub Norwegia Molde pada tanggal 8 Agustus, masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-74. Dia melakukan debut liga pada 12 Agustus melawan Thun, memainkan pertandingan penuh.

Chelsea (2014 – 2016)

Pada tanggal 23 Januari 2014, Chelsea mengumumkan bahwa kesepakatan telah disepakati dengan Basel untuk menandatangani Salah dengan biaya dilaporkan berada di wilayah £ 11 juta. Tiga hari kemudian transfer selesai, membuatnya menjadi orang Mesir pertama yang menandatangani kontrak dengan klub yang berbasis di London. Liverpool sangat tertarik untuk mengontrak striker Basel, dan telah mengajukan tawaran sebesar £ 11 juta tetapi dikalahkan oleh The Blues untuk mendapatkan tanda tangannya.

Pada tanggal 8 Februari, Salah melakukan debutnya untuk Chelsea di Liga Premier, masuk sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 3-0 atas Newcastle United. Tujuh pertandingan kemudian, pada 22 Maret, Salah mencetak gol pertamanya untuk Chelsea melawan Arsenal di Stamford Bridge dalam Derby London, masuk sebagai pengganti Oscar, dalam pertandingan yang berakhir dengan kemenangan 6-0 untuk The Blues.

Fiorentina (2015) (Loan)

Pada hari batas waktu transfer, 2 Februari 2015, Chelsea mengkonfirmasi bahwa Salah akan bergabung dengan klub Italia Fiorentina dengan status pinjaman selama 18 bulan hingga akhir musim 2015–16.

AS Roma (2015 – 2016) (Loan)

Pada 6 Agustus 2015, Salah bergabung dengan Roma dengan status pinjaman selama satu musim seharga €5 juta; dengan opsi untuk membuat kesepakatan itu permanen, dengan nilai €15 juta yang dilaporkan. Dia mengenakan kemeja nomor 11. Dia melakukan debutnya pada 22 Agustus, saat musim baru dimulai dengan hasil imbang 1-1 di Hellas Verona.

AS Roma (2016 – 2017)

Pada 3 Agustus 2016, Roma mengumumkan penandatanganan Salah dengan kesepakatan permanen seharga €15 juta. Dia mencetak gol pertamanya musim ini dalam kemenangan 4-0 atas Udinese di pertandingan pembukaan musim pada 20 Agustus.

Liverpool (2017 – Sekarang)

Pada 22 Juni 2017, Salah menyetujui transfer ke Liverpool. Dia menandatangani kontrak jangka panjang dengan The Reds dengan biaya awal £ 36,5 juta yang bisa naik menjadi £ 43 juta. Kedatangan Salah ke Liverpool dapat dikatakan sebagai sebuah keajaiban, dimana di musim pertamanya saja, Salah sudah bisa mencetak banyak gol dan dia merupakan salah satu top skorer bagi Liverpool.

Pada 2 Juli 2018, Salah menandatangani kontrak jangka panjang baru dengan Liverpool. Manajer Jürgen Klopp mengatakan berita itu penting sebagai pernyataan niat dalam hal status Liverpool di dunia sepak bola dengan membuat Salah berkomitmen lebih jauh ke klub. Pada tanggal 30 Agustus 2018, Salah masuk dalam daftar pendek tiga orang untuk Pemain Terbaik UEFA Pria Tahun Ini, berada di tempat ketiga, dan juga termasuk dalam daftar pendek tiga orang untuk UEFA Forward of the Season, datang di tempat kedua.

 


Prestasi Mohamed Salah

Liverpool - Mohamed Salah
Liverpool - Mohamed Salah (Bola.com/Adreanus Titus)

KARIER INTERNASIONAL

Egypt U20            (2010 – 2011)

Egypt U23            (2011 – 2012)

Egypt                   (2011 – Sekarang)

Pada tanggal 3 September 2011, Salah melakukan debutnya untuk tim nasional sepak bola Mesir dalam kekalahan tandang 2-1 oleh Sierra Leone. Dia mencetak gol pertamanya untuk tim pertama Mesir dalam kemenangan 3-0 melawan Niger sebulan kemudian, pada tanggal 8 Oktober, dalam kualifikasi untuk Piala Afrika 2012.

Dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018, Salah adalah pencetak gol terbanyak untuk Mesir dengan lima gol, termasuk kedua gol dalam kemenangan 2-1 yang menentukan atas Kongo, salah satunya adalah penalti di menit terakhir untuk membuat Firaun mencapai Piala Dunia pertama mereka. final sejak 1990

GAYA BERMAIN

Dianggap sebagai pemain yang cepat, gesit, pekerja keras dan taktis, dengan teknik yang baik dan insting mencetak gol, Salah dikenal karena kecepatan, pergerakan, penyelesaian akhir yang klinis, kelincahan, keterampilan menggiring bola, sentuhan pertama, dan kontrol bola, serta kemampuannya untuk menggunakan kecepatan dan bakatnya pada bola untuk melewati lawan, dan menciptakan peluang mencetak gol untuk dirinya sendiri atau rekan satu timnya.

PENGHARGAAN

Basel

Swiss Super League: 2012–13, 2013–14

Liverpool

Premier League: 2019–20, UEFA Champions League: 2018–19, UEFA Super Cup: 2019, FIFA Club World Cup: 2019

Egypt

Africa Cup of Nations runner-up: 2017, 2021

Individual

Individual

  • CAF Most Promising Talent of the Year: 2012
  • UAFA Golden Boy: 2012
  • Swiss Super League Player of the Year: 2013
  • El Heddaf Arab Footballer of the Year: 2013, 2017, 2018
  • A.S. Roma Player of the Season: 2015–16
  • Globe Soccer Best Arab Player of the Year: 2016
  • CAF Team of the Year: 2016 (as a substitute), 2017, 2018, 2019
  • Africa Cup of Nations Team of the Tournament: 2017, 2021
  • Premier League Player of the Month: November 2017, February 2018, March 2018, October 2021
  • Premier League Goal of the Month: January 2021, October 2021
  • PFA Player of the Month (9) : November 2017, December 2017, February 2018, March 2018, December 2018, January 2019, April 2019, September 2021, October 2021
  • BBC African Footballer of the Year: 2017, 2018
  • African Footballer of the Year: 2017, 2018
  • Goal Arab Player of the Year: 2017, 2018, 2019, 2020, 2021
  • PFA Players' Player of the Year: 2017–18
  • FWA Footballer of the Year: 2017–18
  • Premier League Golden Boot: 2017–18, 2018–19
  • Premier League Player of the Season: 2017–18
  • PFA Premier League Team of the Year: 2017–18, 2020–21
  • Liverpool Fans' Player of the Season Award: 2017–18, 2020–21
  • Liverpool Players' Player of the Season Award: 2017–18, 2020–21
  • PFA Fans' Player of the Year: 2017–18, 2020–21
  • UEFA Champions League Squad of the Season: 2017–18
  • ESM Team of the Year: 2017–18
  • Onze d'Argent: 2017–18
  • Honorary Citizen of the Chechen Republic: 2018
  • Top 100 most influential Africans by New African magazine: 2018.
  • UEFA Men's Player of the Year Award: 2018 (3rd place)
  • FIFA Puskás Award: 2018
  • The Best FIFA Men's Player: 2018 (3rd place), 2021 (3rd place)
  • FIFA Club World Cup Golden Ball: 2019
  • FSA Player of the Year: 2018, 2021
  • Time 100: 2019
  • Liverpool Goal of the Season: 2018–19 (vs. Chelsea)
  • GQ Middle East Man of The Year Award: 2019
  • Fans' Footballer of the Year award: 2020, 2021
  • IFFHS CAF Men's Team of The Year: 2020, 2021
  • IFFHS Best CAF Men's Player of the Decade: 2011–2020
  • IFFHS CAF Men's Team of the Decade: 2011–2020
  • Laureus Sporting Inspiration Award: 2021
  • Golden Foot: 2021
  • IFFHS Best CAF Men's Player of the Year: 2021
  • BBC Premier League Player of the Year: 2021

(Ditulis oleh: Luke Oswald. Diterbitkan pada: 12 Februari 2022. Sumber: Bola.net)

Tim Rembulan

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya