Trik Agar Ketupat Lebaran Tidak Cepat Basi, Cukup Pakai 1 Bahan Dapur

Proses memasak ketupat bisa sangat berpengaruh pada keadaan basinya.

oleh Henry diperbarui 22 Apr 2023, 20:05 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2023, 20:05 WIB
Tradisi Berjualan Ketupat Siap Saji Jelang Lebaran
Pedagang saat memasak ketupat yang akan dijual di pinggir jalan kawasan Rawamangun, Jakarta, Senin (19/7/2021). Pedagang membanderol ketupat siap santap tersebut mulai dari harga Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per ikat (10 buah) tergantung besar kecil ukuran. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran Idul Fitri di Indonesia identik dengan menyantap ketupat dengan aneka sayur dan lauk seperti opor, gulai, dan rendang. Ketupat dijadikan sebagai pengganti nasi, walaupun bahan utama ketupat juga beras.

Sayangnya mengolah ketupat perlu proses yang lumayan lama. Mulai dari proses membungkus hingga perebusannya, ketupat membutuhkan waktu selama berjam-jam bahkan bisa sampai semalaman. Tak heran beberapa orang enggan bikin ketupat sendiri dan lebih memilih untuk membeli.

Meski begitu ada yang mensiasati bikin ketupat lebaran sekaligus banyak. Salah satu alasanya supaya ketupat tidak langsung habis sekali makan dan perlu berulang kali bikin. Namun kalau terlalu banyak membuat ketupat, makanan lezat ini bisa cepat basi kalau tidak segera dimakan.

Tapi ternyata ada trik supaya ketupat tidak cepat basi. Hal ini dibagikan oleh akun TikTok @dusdusanofficial. Kunci utamanya, cukup pakai satu bahan dapur, yakni kapur sirih.

Menurut sang pemilik akun, proses memasak ketupat bisa sangat berpengaruh pada keadaan basinya. Langkah pertama, siapkan beras lalu dicuci hingga bersih. Setelah itu, masukkan larutan air kapur sirih dan rendam beras selama 1 jam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rebus Ketupat

ilustrasi ketupat lebaran/pexels
ilustrasi ketupat lebaran/pexels

"Triknya rendam beras tambah air kapur sirih selama 1 jam, kapur sirih ini yang membuat beras jadi lebih awet," terangnya. Setelah 1 jam, buang airnya, lalu bilas dengan air bersih dan mengalir.

Masukkan beras ke daun janur, kira-kira 3/4 saja jangan sampai penuh dan bungkus dengan rapi. Langkah berikutnya adalah merebus ketupat tersebut. Jika menggunakan panci biasa, rebus selama empat jam.

Jika pakai presto, cukup rebus selama satu setengah jam saja. Kalau sudah matang, langsung tiriskan dan gantung ketupat. Setelah itu bisa langsung disantap bersama sayur atau lauk kesukaanmu. Selamat mencoba.

 

Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran
Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya