Cara Sederhana Pria Muslim Memuliakan Wanita, Menurut Buya Yahya

Buya Yahya ajak laki-laki jaga pandangan untuk muliakan wanita.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Jun 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2024, 09:30 WIB
Buya Yahya (Tangkap Layar Al-Bahjah TV)
Buya Yahya (Tangkap Layar Al-Bahjah TV)

Liputan6.com, Jakarta - Ulama kharismatik dan terkemuka yang juga pimpinan Pesantren Al-Bahjah KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya memberikan trik bagaimana agar bisa memberi penghormatan terhadap wanita.

"Kalau seorang laki-laki menjaga pandangannya, maka sebetulnya dia telah menghargai dan memuliakan wanitanya," ujar Buya Yahya, seperti dikutip laman Youtube kanal @buyayahyaofficial.

Dalam tayangan itu Buya menyebut tindakan menjaga pandangan bukanlah bentuk merendahkan wanita, melainkan sebaliknya, ini adalah cara memuliakan mereka.

Buya Yahya mengajak para wanita, khususnya yang belum menutup aurat, untuk memahami maksud dari tindakan menjaga pandangan tersebut.

"Kami sampaikan pada para wanita-wanita yang saat ini, adik-adikku semuanya di luar sana yang belum menutup aurat, jika ternyata Anda melihat orang yang tampak dia saleh, khusyuk, kemudian dia menjaga pandangannya dari mata dari jasad Anda, itu bukan merendahkan. Justru karena dia memuliakannya," jelas Buya Yahya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Menerapkan Jaga Pandangan Mata

Ilustrasi Islami, muslimah, belajar, hadis
Ilustrasi Islami, muslimah, belajar, hadis. (Foto oleh PNW Production: https://www.pexels.com/id-id/foto/pantai-pasir-wanita-piknik-8995810/)

Dalam ceramahnya, Buya Yahya juga berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana ia menerapkan prinsip ini.

"Saya secara pribadi punya cara untuk memuliakan. Mungkin melihat dia menunduk di samping ia bukan hanya sekedar dosa saja tapi adalah adik putri saya. Selagi dia belum bisa menutup, saya akan menutup mata saya, memuliakan dia," tambahnya.

Buya Yahya menegaskan bahwa menjaga pandangan adalah bentuk ibadah yang menunjukkan penghargaan tinggi terhadap wanita.

"Ini adalah bentuk ibadah yang menunjukkan kita menghargai dan memuliakan wanita," ujarnya. Tindakan ini juga mencegah timbulnya dosa dari pandangan yang tidak dijaga.


Laki-laki Jaga Pandangan

Gading Marten Hobi Fotografi, Intip Hasil Foto 5 Artis Cantik Indonesia
ilustrasi pandangan mata(Liputan6.com/IG/@gadiiingmoto)

Lebih lanjut, ia mengajak para laki-laki untuk terus berusaha menjaga pandangan sebagai bentuk penghormatan yang tulus.

"Laki-laki harus terus berusaha menjaga pandangan. Ini bukan hanya soal dosa, tapi juga soal bagaimana kita memuliakan dan menghormati wanita," katanya.

Buya Yahya juga menyampaikan bahwa menjaga pandangan adalah langkah penting dalam menjaga kesucian hati dan pikiran.

"Menjaga pandangan membantu kita menjaga kesucian hati dan pikiran. Ini adalah langkah penting dalam perjalanan spiritual kita," tandasnya.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya