Cek Kesiapan Tempat Tidur di Rumah Sakit Banyuwangi Antisipasi Lonjakan Covid-19

Pemkab Banyuwangi akan mengevaluasi pelaksanaan berbagai aktivitas yang berpotensi menimbulkan kerumunan khususnya melibatkan anak-anak

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Feb 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2022, 16:00 WIB
Cek Kesiapan Tempat Tidur di Rumah Sakit Banyuwangi Antisipasi Lonjakan Covid-19
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Pantau Ruang Isolasi Khusus Pasien Covid-19 di RSUD Genteng. (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Upaya mengantisipasi lonjakan covid-19 omicron terus dilakukan pemerintah daerah. Khususnya Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengaku sudah meminta rumah sakit daerah di Banyuwangi mempersiapkan diri antisipasi terjadinya lonjakan covid-19 gelombang ketiga.

Ipuk memantau kesiapan rumah sakit daerah mulai fasilitas ruang isolasi, ICU, ketersediaan tempat tidur, oksigen, obat-obatan. Termasuk, kesiapan rumah sakit dalam penanganan pasien yang angkanya kini terus meningkat.

"Saya sudah minta dua rumah sakit daerah di Banyuwangi kembali mempersiapkan diri untuk antisipasi," ujar Ipuk dilansir Antara, Kamis (10/2/2022).

Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi mencatat angka kasus aktif covid-19 per 8 Februari 2022 sebanyak 292 kasus. Angka tersebut, kata Ipuk, terus mengalami peningkatan.

Oleh karena itu, dia meminta semua warga perlu waspada dengan memperketat prokes untuk sendiri. Ipuk juga meminta seluruh rumah sakit rujukan COVID-19 di Banyuwangi juga bersiap untuk antisipasi lonjakan pasien covid-19.

"Pakai masker setiap keluar rumah, jaga kesehatan tubuh, sering cuci tangan dan jauhi kerumunan. Semoga tidak sampai terjadi lonjakan," harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ipuk mengatakan akan mengevaluasi pelaksanaan berbagai aktivitas yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Termasuk event Banyuwangi Festival, utamanya yang pelaksanaannya melibatkan banyak orang.

Diketahui, dari 292 kasus aktif di Banyuwangi pasien yang dirawat di dua rumah sakit daerah ada 13 orang. Terdapat 10 pasien di RSUD Blambangan, dan tiga pasien di RSUD Genteng.

"Terutama event yang melibatkan anak-anak. Event apa pun nanti akan kami evaluasi. Untuk pertemuan tatap muka di sekolah, juga akan pantau terus harian," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya