Langkah Mencuci Sajadah dan Perkembangan Produk Terbarunya

Saat mencuci baju, pisahkan sajadah dengan pakaian lainnya.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Jun 2022, 04:08 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2022, 04:17 WIB
Langkah Mencuci Sajadah dan Perkembangan Produk Terbarunya
Langkah Mencuci Sajadah dan Perkembangan Produk Terbarunya. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu perlengkapan salat yang hampir selalu dipakai adalah sajadah. Seperti perlengkapan lainnya, tentu kita harus mencucinya secara rutin. Ada berbagai langkah untuk mencuci sajadah dan termasuk cara menjemurnya.

Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pisahkan sajadah dengan pakaian lainnya. Alasannya, jika Anda mencuci dalam satu wadah yang sama, akan berisiko kelunturan, baik pada pakaian Anda atau sajadah itu sendiri. Terutama, bagi jenis sajadah yang berbahan beludru, sebab bahan tersebut sangat rawan akan luntur apabila terkena air.

2. Kalau di sajadah terdapat berbagai noda yang cukup membandel untuk dibersihkan, maka Anda bisa menggunakan cairan pembersih noda dan sikat yang memiliki tekstur berbulu lembut.

Gunakan deterjen bubuk. Biasanya digunakan dengan cara dioles sedikit lalu digosok perlahan. Lalu, setelah noda mulai hilang, baru Anda bisa melanjutkan dengan proses pencucian dengan air dan sedikit deterjen.

3. Ada baiknya ketika sudah selesai mencuci sajadah dan membilasnya dengan air bersih, Anda jangan terlalu keras ketika memelintirnya. Selain itu, memeras air yang ada di sajadah dengan bantuan mesin cuci juga cukup berisiko karena bisa menyebabkan serat sajadah menjadi rusak.

4. Anda cukup menjemur sajadah dengan cara dibentangkan dan digantung pada tempat yang sirkulasi udaranya bagus. Lalu, cukup biarkan sajadah tersebut terkena hembusan angin. Sangat kurang disarankan dijemur di bawah terik matahari langsung karena bahan sajadah menjadi mudah lapuk.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sertifikasi Halal

Langkah Mencuci Sajadah dan Perkembangan Produk Terbarunya
Langkah Mencuci Sajadah dan Perkembangan Produk Terbarunya. foto: istimewa

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia masuk dalam daftar pasar sajadah terbanyak. Sayangnya, tidak semua sajadah yang beredar di pasar diproduksi sesuai dengan kaidah Islam. Karena itu, PT Anugrah Esa Mulia hadir sejak berdiri pada 2008 sebagai pelopor sajadah premium di Indonesia.

Bukan sekadar hadir, tapi baru-baru ini produk sajadah PT Anugrah Esa Mulia bahkan telah menerima sertifikasi halal dari Kementerian Agama RI. “Saat ini, alhamdulilah perusahaan kami menjadi pabrik sajadah pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi Halal Indonesia dari Kementerian Agama RI. Sertifikasi ini kami dapatkan setelah melalui proses penilaian yang cukup ketat,” ujar Direktur PT Anugrah Esa Mulia Anoop Vasandani dalam keterangannya kepada media pada Selasa (15/06/2022).

Anoop menambahkan, pencapaian ini menjadi bukti komitmen PT Anugrah Esa Mulia untuk terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya dari waktu ke waktu.

“Kami sangat bersyukur, berkat komitmen tersebut, kami telah menjadi distributor untuk para pelanggan setia dengan jumlah yang besar karena memiliki produk sajadah lebih dari 25 merek dan tipe. Beberapa merek produk yang paling laku di pasaran seperti sajadah Akbar, Al Miraj, Al Taqwa, Turkish, Sabeena," terang Anoop.

PT Anugrah Esa Mulia, lanjut Anoop, menjamin kualitas benang dan proses tenun serta jahit yang dilakukan untuk memproduksi sajadah-sajadah karena selalu ada quality check berstandar tinggi sebelum dipasarkan ke distributor dan agen secara offline, maupun ke pembeli retail secara online.


Motif Estetik

Langkah Mencuci Sajadah dan Perkembangan Produk Terbarunya
Langkah Mencuci Sajadah dan Perkembangan Produk Terbarunya.  foto: istimewa

 

“Pabrik PT Anugrah Esa Mulia yang terletak di Cibinong, Bogor memiliki mesin tenun sebanyak 40 unit dan memproduksi puluhan ribu sajadah setiap hari dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk impor,” tegas Anoop. Menurut Anoop, sajadah ukuran anak-anak menjadi penting diproduksi agar anak yang baru belajar shalat menjadi nyaman. "Untuk yang suka traveling kami memproduksi sajadah yang mudah dibawa."

Ukuran sajadah PT Anugrah Esa Mulia memiliki beberapa tipe. Mulai tipe Standar hingga Premium, dan Gold yang memiliki lebar 70 cm dan tinggi 110 cm. Ada juga sajadah tipe lain dengan ukuran lebih kecil, seperti AEM (lebar 60 cm, tinggi 105 cm), tipe Midi (lebar 53 cm, tinggi 105 cm), serta tipe Kepala (lebar 35 cm, tinggi 60 cm).

Sementara itu, untuk warna dan motif pun menjadi perhatian khusus juga. Anoop menjelaskan bahwa sajadah dengan motif yang estetik bila diletakkan di ruang khusus di rumah atau di kantor yang bisa menambahkan keindahan ruangan. “Jadi kami tidak sembarang membuat motif dan warna.”

Dari sisi bahan, PT Anugrah Esa Mulia memakai bahan velvet atau beludrunya agar nyaman digunakan dan bebas rasa gatal. “Agar beribadah lebih fokus lagi,” tukas Anoop.

"Alhamdulillah, semua produk kami diproduksi di pabrik yang bersertifikasi Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Hidup (K3L), sehingga pengelola tempat ibadah tak perlu ragu akan kualitas produk dan keamanan produksi sajadah kami,” pungkasnya.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya