Ini 6 Cara Move On dari Pasangan yang Selingkuh dan Temukan Kebahagiaan Lagi

Mengetahui cara move on dari pasangan yang selingkuh sangat penting supaya tidak terjerumus dalam dampak buruk dari perselingkuhan tersebut.

oleh Zahra Utami pada 18 Jul 2024, 18:54 WIB
Diperbarui 18 Jul 2024, 19:57 WIB
Perempuan Sedih
Ilustrasi perempuan kecewa karena diselingkuhin, Credit: Pexels/Egin

Liputan6.com, Jakarta Menghadapi kenyataan pasangan telah berselingkuh merupakan pengalaman yang sangat menyakitkan. Karena itu penting mengetahui cara move on dari pasangan yang selingkuh  supaya tidak terjerumus dalam dampak buruk dari perselingkuhan tersebut.

Perselingkuhan tidak hanya menghancurkan sebuah hubungan yang terjalin dengan baik selama bersama, melainkan juga memberikan dampak buruk yang berlangsung lama pada korban. Efek perselingkuhan bisa berdampak pada kesehatan mental dan fisik seseorang dalam bentuk depresi, kecemasan, gangguan tidur, hingga gairah hidup yang berkurang.

Akibat selingkuh dari kacamata psikologi juga bisa membuat korban mengalami trust issue alias krisis kepercayaan dalam menjalin sebuah hubungan. Agar tak merasakan lebih dalam dampak dari perselingkuhan, setiap korban harus berupaya untuk bisa move on dari pasangan yang selingkuh.

1. Istirahat sejenak 

Setelah mengalami putus dalam hubungan cinta, tidak ada salahnya untuk memberi diri sendiri ruang sebagai momen istirahat sejenak. Gunakan momen ini untuk berterima kasih pada diri sendiri yang telah melewati dramatis hubungan perselingkuhan. Dengan demikian, kamu akan merasa lega karena terlepas dari seseorang yang bermain api di belakangmu.

Proses ini ampuh untuk membantu kamu move on dari seseorang yang telah menyia-nyiakan cinta yang sangat tulus. Bahkan, hal ini dapat meningkatkan rasa cinta pada diri sendiri. Jadi, nikmatilah kebersamaan kamu dengan diri sendiri terlebih dahulu, sembari menyembuhkan luka pasca diselingkuhi oleh seorang yang tidak bertanggung jawab. 

2. Jangan Hubungin Orang Itu Lagi 

Salah satu cara efektif untuk move on dari pasangan yang selingkuh adalah dengan memutus total komunikasi dengannya. Terutama pada  mantan yang sudah melakukan selingkuh terhadap kamu, meski dirinya melakukan permohonan maaf, meminta belas kasihan, bahkan sampai bersujud di kaki kamu, jangan pernah menerima atau membiarkan dirinya kembali dalam kehidupanmu. 

Tidak ada alasan untuk terus berkomunikasi dengan seseorang yang telah mengkhianati hati tulus kamu. Jika dia benar-benar mencintaimu, dirinya tidak akan melakukan perselingkuhan dalam hubungan yang telah terjalin. Dengan memutus komunikasi  total, kamu bisa fokus menyembuhkan luka dan menghapus jejak ingatan tentang dirinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Lakukan Hal Yang Bisa Buat Pikiran Teralihkan 

baca buku
Ilustrasi perempuan mengalihkan pikiran, Credit: Unsplash/Mariana

Untuk mempercepat proses move on dari pasangan yang selingkuh, kamu perlu menyibukkan diri dengan aktivitas yang bisa mengalihkan pikiran. Mulailah dari hal-hal yang disukai atau menekuni hobi. Misalnya, menghabiskan waktu untuk bersepeda, berenang, membaca buku atau hobi lainnya yang kamu gemari. 

Tidak hanya berhasil mengalihkan pikiran dari bayangan kenangan masa lalu, aktivitas-aktivitas tersebut juga memberikan manfaat untuk mengembangkan keterampilan diri. Dengan begitu, kamu tidak hanya move on tapi juga memperkaya diri dengan pengalaman baru yang menyenangkan.

4. Intropeksi Diri

Tidak ada hubungan yang sempurna begitu juga hubungan yang kamu miliki pada saat itu. Ketika mendengar pacar kamu selingkuh pastinya akan kecewa berat dan menyalahkan dirinya. Namun, tidak ada salahnya untuk melihat ke arah diri sendiri terlebih dahulu atau intropeksi diri. Mungkin saja terdapat perbedaan karakter atau kekurangan kamu yang turut mempengaruhi keputusan sang pacar untuk berselingkuh. 

Akan tetapi, harus diingat bukan berarti momen ini menjadi ajang menyalahkan diri sendiri, melainkan menjadikannya sebagai pelajaran berharga untuk berubah yang lebih baik lagi bagi hubungan selanjutnya kelak. Dengan demikian, pengalaman pahit ini akan membuatmu lebih cepat move on dan menemukan kebahagiaan yang lebih besar di masa depan.


5. Belajar Ikhlas 

Ikhlas
Ilustrasi Perempuan Belajar Ikhlas Credit: Unsplash/Mariana

Belajar untuk ikhlas memang merupakan proses panjang yang tidak ada habisnya, terlebih ketika kamu harus menghadapi cobaan berat, seperti diselingkuhi. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk berikhlas dan memaafkan seseorang yang telah mengkhianati cinta tulusmu. Justru dengan berikhlas, proses move on dari pasangan yang selingkuh akan terasa lebih ringan dan cepat untuk dilalui. 

6. Jangan Berspektif Negatif untuk Semuanya 

Hanya karena kamu mengalami kejadian perselingkuhan bukan berarti semua orang yang ingin bersamamu akan selingkuh. Perspektif negatif ini sebaiknya dibuang jauh-jauh karena tidak semua orang punya sifat yang sama dengan mantan kamu. Jadi jika kamu bisa buang perspektif tersebut pasti bisa cepat move on dari pasangan yang selingkuh dan menemukan kebahagian dari orang baru. 

Itulah sejumlah cara move on dari pasangan yang selingkuh. Sembuhkan diri kamu dan raih kebahagiaan kembali sekarang juga. Mulai dengan cara kecil untuk menuju kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya