Jangan Sepelekan, Ini Bahaya Mudik Gunakan Sepeda Motor

Sepeda motor bukan dirancang untuk perjalanan jarak jauh, sehungga rentan mengalami kerusakan saat di jalan.

oleh Ria Aprilianti diperbarui 31 Mei 2019, 13:25 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2019, 13:25 WIB
Kuota Mudik Gratis via Kapal untuk Pemotor Ditambah
Calon pemudik sepeda motor mengantre menaiki KM Dobonsolo tujuan Tanjung Emas Semarang di Terminal Penumpang Nusantarapura, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta (30/5/2019). Pemerintah menambah kuota mudik gratis bagi pemotor hingga 3 Juni mendatang (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Mudik adalah salah satu tradisi masyarakat Indonesia dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Demi melewatkan hari Lebaran bersama sanak saudara di kampung halaman, beberapa orang rela menggunakan sepeda motor untuk mudik.

Mudik dengan sepeda motor sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian orang. Padahal, penyumbang terbesar angka kecelakaan lalu lintas adalah roda dua alias sepeda motor.

Sepeda motor bukan dirancang untuk perjalanan jarak jauh, itulah sebabnya banyak sepeda motor yang rentan mengalami kerusakan saat di jalan. Selain itu, sepeda motor juga tidak bisa memuat banyak barang.

Bahkan jika muatan yang dibawa melebihi kapasitas, memungkinkan sepeda motor menjadi tidak seimbang dan kemungkinan terburuknya bisa terjatuh di tengah perjalanan. Tak hanya itu, kantuk yang biasanya melanda pemudik bisa juga menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

Jadi, perhatikan selalu keselamatan Anda saat mudik Lebaran ini. Simak selengkapnya tips dan saran mudik aman di channel SCTV di Vidio berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya