Elektabilitas Cawapres Erick Thohir Meningkat, Dukungan PPP Makin Dekat

Elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres menunjukkan tren kenaikan. Kondisi ini pun membuat PPP semakin dekat untuk mengusungnya maju di Pilpres 2024.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Mar 2023, 16:49 WIB
Diterbitkan 27 Mar 2023, 14:15 WIB
Menteri Negara BUMN Erick Thohir menghadiri Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) PPP Jawa Tengah.
Menteri Negara BUMN Erick Thohir bersama Waketum PPP Arsul Sani menghadiri Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) PPP Jawa Tengah. (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024 terus meningkat. Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia (IPI), elektabilitas Erick Thohir meningkat dari November 2022 hingga Februari 2023 sebesar 4,7 persen.

Dari hasil survei dengan lima nama kandidat cawapres, elektabilitas Erick Thohir pada November 2022 berada di angka 12,9 persen, kemudian meningkat menjadi 17,6 persen di bulan Februari 2023.

Hal ini menjadi kabar gembira bagi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mayoritas kader internalnya mendukung Erick Thohir untuk diusung menjadi cawapres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Wakil Ketua Umum (Waketum) PPP, Arsul Sani mengatakan, kenaikan elektabilitas Erick Thohir memudahkan proses kandidasi di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan perjodohan dengan capres yang akan berlaga.

“Dengan kenaikan ini, PPP menjadi punya modal untuk meyakinkan juga capres yang akan didukung untuk menawarkan cawapres yang dapat menguatkan capres untuk memenangkan Pilpres 2024,” terang Arsul Sani.

Legislator dari Jawa Tengah (Jateng) ini juga mengatakan kenaikan elektabilitas yang diperoleh Erick Thohir lantaran aktif berkontribusi kepada masyarakat dari berbagai posisi yang diemban. Seperti saat menjabat Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah 1 Abad NU hingga sebagai Ketum PSSI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dampak Kiprah Erick Thohir di NU dan PSSI

Persiapan piala dunia U20 Ketua PSSI tinjau SU GBK
Ketua Umum PSSI merangkap Ketua LOC Erick Thohir saat melakukan inspeksi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (13/3/2023). Pemerintah dan PSSI meninjau stadion yang akan digunakan jelang Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Erick Thohir diketahui sangat sukses menggelar acara peringatan 1 Abad NU sebagai Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU. Sedangkan di PSSI, ia banyak mengeluarkan terobosan seperti komitmen tegas dalam pemberantasan mafia sepak bola dan pembinaan usia dini.

“Ada pengakuan dan penerimaan terhadap kinerja Erick Thohir yang memiliki kontribusi dalam berbagai kegiatan sosial dan olah raga. Selain terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketum PSSI, aktivitas Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Harlah Satu Abad NU juga turut menyumbangkan akseptabilitas dan elektabilitas,” pungkas Arsul Sani.

Infografis Ragam Tanggapan PAN Beri Kode Usung Ganjar-Erick pada Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan PAN Beri Kode Usung Ganjar-Erick pada Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya