Ini Pengganti Almarhum M Taufik di DPRD DKI Jakarta, Bakal Dilantik Hari Ini

Diketahui, Mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra Mochammad Taufik atau M Taufik meninggal dunia pada Rabu 3 Mei 2023 malam. M Taufik meninggal dunia setelah menderita sakit kanker paru.

oleh Winda Nelfira diperbarui 31 Mei 2023, 11:11 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2023, 11:11 WIB
20160503- M Taufik Bantah Pernah Bertemu Aguan-Jakarta- Helmi Afandi
Politikus Gerindra Almarhum M Taufik (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta Partai Gerindra menunjuk Bastian P Simanjuntak mengisi kekosongan kursi anggota DPRD DKI Jakarta, usai politikus senior Mochamad Taufik (MT) yang menjabat anggota dewan DKI Jakarta mewakili Partai Gerindra itu tutup usia.

Diketahui, Mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra Mochammad Taufik atau M Taufik meninggal dunia pada Rabu 3 Mei 2023 malam. M Taufik meninggal dunia setelah menderita sakit kanker paru.

Penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Rani Maulani mengatakan, penunjukan Bastian sebagai PAW menggantikan M Taufik sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. Bastian, bakal menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD DKI Jakarta sisa masa jabatan 2019-2024 dari Fraksi Gerindra.

"Yang pasti (Penunjukan Bastian) sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku hasil perolehan suara Pemilu 2019," kata Rani kepada Liputan6.com, Rabu (31/5/2023).

Menurut Rani, hasil perolehan suara Bastian pada pemilihan umum (Pemilu) 2019 lalu, memang berada tepat di bawah perolehan suara mendiang M Taufik. Sehingga, berdasarkan hal tersebut, Bastian mempunyai hak untuk naik menggantikan posisi mendiang M Taufik.

"Memang hak PAW jatuh pada Pak Bastian yang posisi perolehan suara di 2019 persis di bawah Pak MT," ucap Rani.

Adapun Bastian, dijadwalkan bakal dilantik pada Rabu (31/5/2023) ini dalam Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta. Rapat Paripurna ini, rencananya juga akan dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Usai dilantik, Bastian bakal duduk di kursi Komisi E DPRD DKI Jakarta yang membidangi kesejahteraan masyarakat (kesra), meliputi sosial, pendidikan, kesehatan, olahraga dan pemuda, pemberdayaan masyarakat dan perempuan, perlindungan anak, keluarga berencana, perpustakaan dan arsip daerah, RSUD dan RSKD, mental dan spiritual.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anies Baswedan Melayat M Taufik

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir di saat-saat terakhir mantan Wakil Ketua DPRD Mohamad Taufik di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Rabu 3 Mei 2023 malam. Pada malam itu, Anies Baswedan mendapat kabar dari putra Taufik tentang kondisi mantan politikus Gerindra tersebut.

Setelah mendapat kabar, Anies yang baru sampai di rumah, langsung bergegas menuju rumah sakit untuk melihat kondisi M Taufik.

"Jadi ketika kondisinya menurun. Kemudian putra almarhum, Taufan ngontak saya. Bilang, 'Pak Anies, ayah kondisinya menurun.' Saya langsung berangkat," kata Anies di rumah duka di Jakarta Timur, Kamis (4/5/2023).

Sesampainya di rumah sakit, suasana kamar hening, hanya terdengar lantunan ayat suci Al-Quran. Dokter pun menyatakan M Taufik meninggal dunia.

"Sebetulnya saya baru lewat dari sana, baru lewat. Begitu sampai di rumah, dapat kabar langsung kembali lagi dan berada di situ dan pada saat itu lalu dokter menyatakan beliau wafat," ujar Anies.

"Memang tidak boleh ada yang merekam, tidak patut untuk direkam tapi kita semua berada di sana. Suasananya hening, hanya ada lantunan ayat suci Al-Quran kemudian dokter menyatakan bahwa sudah wafat," tambah dia.

Infografis Jakarta Bangkit di HUT Ke-494 DKI
Infografis Jakarta Bangkit di HUT Ke-494 DKI (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya