Solusi Kurangi Angka Pengangguran, Boy Rafli Ajak Alumni Perkuat Jaringan

Komjen Pol (purn) Boy Rafli Amar mengatakan, ikatan alumni berperat kuat dalam mengatasi angka pengangguran.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 02 Jun 2024, 19:49 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2024, 19:40 WIB
Halal bihalal Alumni SMA Negeri 37 Jakarta (Istimewa)
Halal bihalal Alumni SMA Negeri 37 Jakarta (Istimewa)  

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Pol (purn) Boy Rafli Amar mengatakan, ikatan alumni berperat kuat dalam mengatasi angka pengangguran. Menurut dia, jaringan dimiliki alumni akan mempermudah para lulusan sekolah untuk mengisi lapangan kerja.

“Potensi yang dimiliki lintas alumni sangat banyak. Potensi itu bisa menjadi aset bagi bangsa,” kata pria yang kini dipercaya sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni SMA Negeri 37 Jakarta saat agenda halal bihalal, melalui siaran pers diterima, Minggu (2/6/2024).

Pensiunan Jenderal Bintang Tiga ini melihat, potensi bagus dari jaringan alumni harus dirawat. Sebab, mereka adalah aset untuk masyarakat.

“Kita harus menjadi subjek bagi kegiatan aktivitas perekonomian bangsa kita sendiri," ajak dia.

Boy menyebut, perkembangan teknologi dan inovasi membuat persaingan hidup semakin ketat. Maka dari itu, selain memperkuat jaringan alumni maka tekad kuat untuk meraih cita-cita juga harus diniatkan.

“Ini persaingan sangat ketat. Artinya, nilai tambah keahlian itu harus ada,” dorong mantan kepala BNPT ini.

Boy menyarankan, setiap alumni bisa memiliki jiwa berwirausaha. Tujuannya, agar bisa memberikan wadah pembekalan dan pelatihan untuk adik kelasnya dengan berbagai kegiatan.

“Bagaimana menjadi pelaku wirausaha yang berdaya saing di tengah masyarakat, kemampuan itu yang harus kita berikan pembekalan. Jangan semua berpikir menjadi pegawai, menjadi PNS, ASN, TNI Polri. Tapi kemampuan untuk berwirausaha,” kata Boy.

Boy juga menekankan pentingnya pendidikan perguruan tinggi. Dia berharap tidak ada lagi masyarakat yang berfikir cukup sampai SMA.

“Lanjut ke perguruan tinggi adalah kondisi yang ideal. Kita tidak hanya berbicara kaitan masalah uang. Banyak keluarga yang latar belakang ekonominya biasa saja, tapi anaknya sekolah di perguruan tinggi yang hebat, bahkan ke luar negeri," harap Boy.

“Kita harus mendorong memotivasi para pelajar untuk menjadi insan yang berprestasi. Kalau prestasi tidak ada, tentu menjadi beban bagi masyarakat,” imbuh Boy menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Organisasi Masa Depan Siswa

Sementara itu Humas Ikatan Alumni SMA Negeri 37 Jakarta Hendri Satrio menambahkan bahwa Ikatan Alumni bukan hanya sekedar organisasi silaturahim saja, tapi juga organisasi masa depan para siswa.

Menurut Hensat, panggilan akrabnya, Ikatan Alumni harus membuat jaringan para siswa meluas sehingga membuka kesempatan kerja lebih terbuka dan hal ini bisa dinikmati manfaatnya.

 

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya