Gagal Hadirkan Sekjen PKB, Tim Pansus PBNU Segera Temui Ma’ruf Amin

Kiai Cholil meyakini, informasi dari Hasanuddin Wahid menjadi sangat penting untuk menggali situasi terkini yang ada di PKB. Tujuannya, semata untuk mendamaikan kedua pihak yang saat ini ada dalam kondisi panas-dingin.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 05 Agu 2024, 19:44 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 19:44 WIB
Tim Panel dari Pansus PKB saat jumpa persi di Markas PBNU, Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, Senin (5/8/2024).
Tim Panel dari Pansus PKB saat jumpa persi di Markas PBNU, Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, Senin (5/8/2024). (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meneruskan penelusurannya lewat panitia khusus atau pansus terhadap Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB yang dinilai semakin menyimpang dari garis Nahdlatul Ulama.

Diketahui, usai eks Sekjen PKB Lukman Edy yang ‘diinterogasi’ Pansus, hari ini adalah giliran Hasanuddin Wahid selaku Sekjen aktif PKB yang dipanggil oleh Pansus.

Mengonfirmasi hal itu, Kiai Cholil Nafis selaku tim panel dari Pansus mengatakan yang bersangkutan tidak hadir dan tidak memberikan konfirmasi kehadiran sama sekali. Padahal, secara birokrasi, PBNU sudah bersurat secara resmi untuk mengundangnya datang ke ‘rumah besar’ Nahdliyin.

“Hari ini sebenarnya kita mengundang Sekjen PKB Pak Hasanuddin Wahid yang harusnya hadir tadi pada jam 12.30 tetapi ditunggu sampai 14.30 tidak ada koordinasi kedatangan, padahal sangat diperlukan kehadiran beliau pertama silaturahim sesama warga NU kemudian diundang oleh PBNU secara resmi,” kata Kiai Cholil di Markas PBNU, Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, Senin (5/8/2024).

Kiai Cholil meyakini, informasi dari Hasanuddin Wahid menjadi sangat penting untuk menggali situasi terkini yang ada di PKB. Tujuannya, semata untuk mendamaikan kedua pihak yang saat ini ada dalam kondisi panas-dingin.

“Kehadirannya sangat dibutuhkan, ada info-info mengenai PKB dan bagaimana juga menyusun hubungan baik antara PBNU dan PKB. Tapi beliau sampai sekarang belum hadir sehingga kami menyampaikan kepada teman-teman (wartawan) sekalian tim panel yang tadi menunggu beliau belum datang sama sekali,” ujar Kiai Cholil.

Kiai Cholik menambahkan, langkah tim panel Pansus PKB selanjutnya adalah kembali mengundang tokoh-tokoh yang diyakini memiliki informasi yang diperlukan. Sehingga dari informasi diperoleh tersebut, Pansus PKB dapat menghasilkan temuan yang bisa menjadi bahan rujukan PBNU untuk dirapatkan sebagai sebuah kebijakan.

“Tentunya kita akan mengundang beberapa tokoh lain yang mempunyai informasi yang kita perlukan, bagaimana menghimpun info-info yang cukup untuk menjadi kebijakan PBNU,” jelas Kiai Cholil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Akan Mendatangi Kiai Ma’ruf Amin

Kiai Cholil menambahkan, tim panel Pansus PKB saat ini sedang menjadwalkan silaturahmi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Diketahui, Ma’ruf Amin adalah salah satu dari saksi sejarah yang turut terlibat dalam pembentukan PKB di awal waktu.

“InsyaAllah nanti juga akan mendatangi, sowan kepada Kyai Ma'ruf Amin yang menjadi tim awal pendiri PKB untuk memberikan komentarnya begitu juga nanti pengurus senior yang ada di PKB orang-orang tua kita yang tahu dan mungkin sebagai pelaku sejarah di PKB,” ungkap Kiai Cholil.

Saat ditanya kapan waktu pasti untuk bertemu Wapres Ma’ruf, Kiai Cholil belum dapat memastikan. Namun satu hal yang pasti, tim panel Pansus PKB akan mengundang dan mendatangi tokoh-tokoh yang lebih muda dahulu sebelum kepada mereka yang senior atau dituakan.

“Kami ke yang muda yang aktif dan yang sudah tidak aktif dulu, kita minta informasinya termasuk kepada yang tua nanti kita akan mendatangi termasuk ke Kiai Ma'ruf Amin, Insya Allah untuk mendapatkan informasi yang cukup sehingga yang kami sampaikan informasinya utuh adil, tapi soal jadwalnya belum tahu karena kami mengumpulkan ke yang muda-muda,” dia menandasi.

 


Susunan Tim Pansus PKB

Sebagai informasi, Tim Pansus PKB bentukan PBNU sudah berjalan sekira dua pekan. Berdasarkan surat keputusan pembentukannya, tim tersebut tidak memiliki masa tenggat atau deadline masa tugas. 

Pansus PKB diketahui memiliki tim panel yang berjumlah sembilan anggota. Berikut susunannya:

  1. Cholil Nafis, Rais Suriah PBNU.
  2. Ihsan Abdullah, Katib PBNU.
  3. Umarsyah, Ketua PBNU.
  4. Miftah Faqih, Ketua PBNU.
  5. Ahmad Fahrurozi, Ketua PBNU.
  6. Ulil Abshar Abdalla, Ketua PBNU
  7. .Suleman Tanjung, Sekjen PBNU.
  8. Imran Rosyadi Hamid, Wasekjen PBNU.
  9. Najib Azca, Wasekjen PBNU.
Infografis Panas Dingin Hubungan PBNU dengan PKB. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Panas Dingin Hubungan PBNU dengan PKB. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya