Indonesia-Vietnam Sepakati Etika di Laut China Selatan

Selain itu, SBY menyatakan, Indonesia dan Vietnam juga sepakat untuk saling mendukung posisi masing-masing dalam PBB.

oleh Nadya Isnaeni Panggabean diperbarui 28 Jun 2013, 06:25 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2013, 06:25 WIB
sby130417c.jpg
Di Istana Negara, Presiden SBY menerima kunjungan Presiden Vietnam Truong Tan Sang yang datang bersama Ibu Negara Mai Tinh Hanh. Sebuah jamuan makan malam pun dipersiapkan. Berbagai permasalahan dibahas kedua pemimpin negara itu. Salah satu yang dibicarakan yakni soal etika di Laut China Selatan.  

"Kami juga membahas situasi di Laut Timur atau Laut China Selatan dengan tujuan agar segala sesuatu yang terjadi di kawasan itu bisa diselesaikan secara damai, sesuai dengan hukum-hukum internasional dan semangatnya adalah peacefull resolution (resolusi perdamaian)," kata Presiden SBY dalam keterangan persnya bersama Presiden Vietnam, di Jakarta, Kamis (27/6/2013).

SBY menuturkan, baik Indonesia maupun Vietnam, keduanya memiliki pandangan yang sama mengenai isu-isu tata etika di Laut China Selatan. Seperti yang selama ini telah dibahas bersama negara anggota Association of South East Asian Nations (ASEAN) lain, Indonesia dan Vietnam sepakat untuk mendorong pembahasan etika di Laut China Selatan.

"Kami juga ingin apa yang telah disepakati antara ASEAN dan Tiongkok itu bisa dilanjutkan untuk bergerak dari declaration of conduct (deklarasi damai) menuju code of conduct (nota kesepahaman), yang tentu akan baik bagi semua negara yang memiliki kaitan dengan isu Laut China Selatan," ujar SBY.

Selain itu, SBY menyatakan, kedua negara ini juga sepakat untuk saling mendukung posisi masing-masing dalam Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), khususnya keanggotaan sebagai Dewan Keamanan PBB. (Ant/Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya