[VIDEO] Kurma Agwa, Kurma Nabi dengan Harga Selangit

Kurma Agwa atau kurma Nabi dianggap paling istimewa. Selain harganya yang mahal, kurma ini konon biasa disantap Nabi Muhammad SAW.

oleh Liputan6 diperbarui 10 Jul 2013, 17:05 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2013, 17:05 WIB
kurma-nabi-130710c.jpg
Berbuka puasa tak lengkap rasanya tanpa kehadiran buah kurma. Namun, kurma-kurma yang dijual di sebuah toko di Jakarta berbeda dengan kurma biasa karena sudah dimodifikasi. Ada yang diberi jahe, kacang almond, hingga kurma yang dicelup dalam karamel.

Dan yang paling istimewa adalah kurma Agwa atau kurma Nabi yang harganya mencapai Rp 1 juta per kilogram. Kurma ini paling diburu pembeli karena dianggap sebagai kurma yang biasa disantap Nabi Muhammad SAW.

Ada juga kurma-kurma yang tak banyak di pasaran seperti kurma Sokari dan kurma Sekki. "Kurma Sokari itu keras seperti batu kalau diketok," ujar Santy Herawati, salah seorang penjual kurma di Jakarta, seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Rabu (10/7/2013).

Lain lagi menurut Irwan, salah seorang penyuka buah kurma. Menurutnya, kurma-kurma yang dijual di toko milik Santy tak sama dengan yang dijual di toko lain. "Ini agak beda kurmanya, tampilannya juga, banyak kurma di sini yang tak biasa kita temukan di pasaran," ujar Irwan.

Kurma-kurma istimewa ini bisa dibawa dalam kemasan yang cantik dan istimewa. Ada yang dari kayu, satin, mozaik, atau bebatuan cantik. "Memang mahal, tetapi kemasannya berbeda dari yang lain," ujar Arifin, pembeli lainnya.

Harganya mulai dari Rp 350 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenis kurma yang Anda pilih. Dapat juga dipadukan dengan sari kurma atau jus kurma untuk mempercantik bingkisan. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya