[VIDEO] Cari Bibit Unggul, Festival Wayang Orang Digelar

Festival sengaja melibatkan pemain wayang orang dari kalangan anak-anak dan pelajar seiring menurunnya generasi muda terhadap wayang.

oleh Muhammad Ali diperbarui 17 Sep 2013, 05:50 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2013, 05:50 WIB
wayang-130917a.jpg
Guna melestarikan serta mencari bibit-bibit pemain baru wayang orang, sebuah festival wayang bocah digelar pemerintah Kota Solo. Festival itu melibatkan 15 sanggar seni.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (17/9/2013), festival ini digelar di Gedung Wayang Orang di Kompleks Taman Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Festival kali ini sengaja melibatkan pemain wayang orang dari kalangan anak-anak dan pelajar seiring terus menurunnya generasi muda terhadap wayang.

Festival Wayang itu juga memberikan kesempatan untuk memainkan Lakon Mahabarata dan Ramayana yang lebih mudah diperankan anak-anak. Panitia pun memberikan penilaian berdasarkan gerak, kostum, dialog serta gending dan pengiring.

Ajang ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk melestarikan kelangsungan wayang orang di tengah gempuran era globalisasi hiburan. Sehingga predikat Kota Solo sebagai kota seni dan budaya dapat terus dipertahankan. (Ali)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya