Terpuruk di Indonesia, Kia Morning Justru Laris di Vietnam

Mobil terlaris di Vietnam pada bulan Agustus dipegang oleh Kia Morning. Sementara di bawahnya ada Toyota Innova.

oleh Rio Apinino diperbarui 18 Sep 2016, 10:36 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2016, 10:36 WIB
Kia Morning
Kia Morning.

Liputan6.com, Hanoi - Di Indonesia dan Thailand, dua basis industri otomotif di Asia Tenggara, pabrikan asal Jepang terutama Toyota begitu mendominasi. Tapi hal ini tidak berlaku di Vietnam, setidaknya bulan Agustus lalu.

Melansir vietnambreakingnews.com, mobil terlaris di bulan Agustus dipegang oleh Kia Morning. Mobil kecil ini dibuat oleh perusahaan patungan bernama Truong Hai Automobile JSC (Thaco).

Berdasarkan data penjualan mobil yang dilansir Vietnam Automobile Manufacturers Association (VAMA), Kia Morning terjual lebih dari 1.300 unit. Dijelaskan, salah satu alasan larisnya kendaraan ini adalah karena murah. Harganya mulai dari 330 juta hingga 397 juta dong atau setara Rp 194,3 juta sampai Rp 233 juta.

Hal ini berbanding terbalik dengan yang ada di Indonesia. Untuk diketahui, Kia Mobil Indonesia (KMI) pernah meluncurkan Kia Morning pada 2014 lalu. Namun, mobil yang dikenal dengan versi murah Picanto ini hanya bertahan satu tahun.

Salah satu alasan mengapa Kia menghentikan penjualan mobil Rp 100an juta ini adalah bahwa saat itu Kia sedang melakukan restrukturisasi untuk kelas Picanto.

Di bawah Morning, ada Toyota Innova yang terjual sebanyak 1.035 unit, dimana 935 unit di antaranya adalah Innova terbaru.

Kemudian, di posisi ketiga dan kelima masing masing ada Ford Ranger, Mazda CX-5, dan Toyota Fortuner, dengan penjualan sebanyak 1.016, 1.012, dan 931 unit.

Total penjualan mobil di Vietnam pada bulan lalu mencapai angka 23.540 unit. Jumlah ini turun 17 persen dibanding bulan sebelumnya, namun naik 29 persen jika dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya