Antara T.B. Silalahi dan Vespa

T.B. Silalahi, tokoh nasional Indonesia, ternyata menggandrungi Vespa. Ada cerita unik tentang dirinya dan tunggangan asal Italia itu.

oleh Rio Apinino diperbarui 25 Okt 2016, 10:18 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2016, 10:18 WIB
Vespa Kesukaan T.B. Silalahi
T.B. Silalahi, tokoh nasional Indonesia, ternyata menggandrungi Vespa. Ada cerita unik tentang dirinya dan tunggangan asal Italia itu.

Liputan6.com, Toba - T.B. Silalahi adalah tokoh nasional Indonesia yang dikenal sebagai tokoh militer dan politikus andal. Ia, misalnya, pernah menjadi Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara pada Kabinet Pembangunan VI.

Namun tak banyak yang tahu bahwa sosok asal Pematangsiantar ini begitu menggandrungi vespa. Ini diketahui saat Liputan6.com berkunjung ke Museum T.B. Silalahi Center, di Toba Samosir, Minggu pekan lalu, (23/10/2016).

Di salah satu ruangannya tersimpan satu unit Vespa berkelir biru muda, yang disebut sebagai impian Silalahi sejak berada di bangku kuliah, di Amerika sana.

Sebagaimana anak muda pada umumnya, Silalahi sangat menyukai Vespa. Namun harganya yang mahal membuat ia tak sanggup membelinya. Ia pun berhemat dari uang jajan dan menabung saat berkuliah di AS. Dengan satu tujuan: saat uang terkumpul, maka akan langsung dibelikan Vespa.

"T.B. Silalahi selalu terkesan sewaktu pacaran dengan istrinya memakai Vespa pinjaman dari temannya," tulis keterangan di museum tersebut.

Namun rencana ini terkendala karena keluarga Silalahi terkena musibah. Anak kedua Silalahi, Merry, menderita hernia saat ia baru pulang dari AS. Akhirnya, uang yang selama ini ia kumpulkan terpaksa harus dihabiskan semua untuk biaya rumah sakit.

"Pupuslah cita-cita TB Silalahi untuk memiliki Vespa," tambah keterangan tersebut.

Namun rezeki memang tak ke mana. Kisah ini didengar seorang dokter mata bernama Ricky E. Rooroh. Ia kemudian mencari Vespa dengan tahun dan model yang sama persis dengan yang diinginkan Silalahi. Ia pun menemukannya. Bahkan beberapa suku cadang yang telah hilang diganti dengan yang asli, yang dipesan langsung dari Italia.

Vespa rekondisi tersebut akhirnya diserahkan kepada Silalahi, dan resmi menjadi koleksi museum sejak 4 Juli 2014.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya