Mitsubishi Dikabarkan Gabung Aliansi Honda dan Nissan

Mitsubsihi Motors Jepang, dikabarkan akan bergabung dengan aliansi antara Honda Motor dan Nissan Motor

oleh Arief Aszhari diperbarui 30 Jul 2024, 06:09 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2024, 06:09 WIB
Usung Tema Passion to Support Your Life’s Adventure, Mitsubisi Motor Pamer 13 Mobil di GIIAS 2024
Untuk diketahui, Mitsubishi Motors telah hadir selama lebih dari 50 tahun di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubsihi Motors Jepang dikabarkan akan bergabung dengan aliansi antara Honda Motor dan Nissan Motor. Hal ini, akan menciptakan ikatan antara produsen mobil dengan penjualan gabungan lebih dari 8 juta unit kendaraan. Demikian dilansir Asia Nikkei, Senin (29/7/2024).

Melansir dari Reuters, Mitsubishi Motors yang 34 persen sahamnya dimiliki oleh Nissan, akan kerja sama dengan Honda dan juga Nissan untuk menyelesaikan rincian kemitraan strategisnya.

Ketiga perusahaan ini bermaksud untuk menstandarisasi perangkat lunak di kendaraan yang dapat mengendalikan mobil.

Sementara itu, Mitsubishi Motors sendiri masih menolak berkomentar terkait laporan tersebut, dan juru bicara Nissan mengatakan, bahwa laporan itu tidak didasarkan pada sesuatu yang telah diumumkan oleh salah satu perusahaan. Sedangkan juru bicara Honda tidak menanggapi permintaan komentar.

Dorongan kerja sama ketiga perusahaan ini muncul, setelah Nisan kehilangan pangsa pasar di dua negara terbesarnya, yaitu Amerika Serikat dan China yang bersama-sama menyumbang setengah dari penjualan globalnya dalam setahun, hingga Maret (fiskal).

Nissan sendiri, sudah memangkas prospek tahunanya setalah diskon besar-besaran di AS, dan hampir sepenuhnya menghapus laba kuartal pertamanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kemitraan strategis

Nissan dan Honda mengatakan pada Maret lalu, bahwa sedang mempertimbangkan kemitraan strategis, untuk berkolaborasi dalam memproduksi komponen kendaraan listrik, dan kecerdasan buatan dalam platform perangkat lunak otomotif.

Mitsubishi Motors, sudah menjadi bagian dari aliansi jangka panjang dengan Nissan dan Renault, bahwa ketiga perusahaan sepakat untuk melakukan restrukturisasi, dengan tujuan kemitraan yang lebih kecil namun lebih pragmatis dan gesit.

 

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya