Anies Baswedan Buat Program Khusus Atasi Kekerasan pada Perempuan

Menurutnya, selama ini jika ada tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak, para korban terkadang bingung bagaimana melaporkannya.

oleh Rezki Apriliya Iskandar diperbarui 08 Des 2016, 16:09 WIB
Diterbitkan 08 Des 2016, 16:09 WIB
20161208-Anies Hadiri Festival Budaya Perempuan-Jakarta
Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersalaman dengan sejumlah ibu saat menghadiri "Festival Budaya Perempuan 1001 Cerita Perempuan Kali Ciliwung" di GOR Otista, Jakarta, Kamis (8/12). Acara itu mengangkat isu perempuan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak menjadi masalah serius yang harus diselesaikan.

Perihal tersebut, calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan, ia bersama  Sandiaga Uno memiliki program khusus untuk mengatasi masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Menurutnya, selama ini jika ada tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak, para korban terkadang bingung harus melaporkan ke siapa dan di mana.

Anies mengatakan jika dirinya terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta, akan membuat sistem pelaporan sehingga akan ada respon cepat. Mulai dari pelaporan di RT, RW, kelurahan, hingga kecamatan, lalu di sekolah dan sejumlah tempat publik lainnya di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Kasihan sekali, bukan hanya perempuan, tapi juga anak-anak mengalami kekerasan. Mereka sering tidak tahu ke mana harus melaporkan. Kami akan membuat sistem pelaporan cepat dan respon cepat," kata Anies di GOR Jakarta Timur, Kamis (8/12/2016).

Pihaknya juga akan menyiagakan gugus pencegahan di setiap RT, sekolah hingga ke level kota.

"Nanti informasinya ada di setiap RT dan ada di setiap sekolah. Begitu ada kejadian bisa langsung ditangani dan ada gugus-gugus yang kemarin saya sampaikan, ada gugus pencegahan kekerasan di level kota, di level kecamatan dan level kelurahan dengan begitu pencegahan bisa kita lakukan," ucap Anies.

Selain itu, untuk menyembuhkan trauma psikologi akibat kekerasan, perempuan dan anak akan direhabilitasi.

"Kita akan siapkan program rehabilitasi di setiap kelurahan," ujar Anies.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya