Gerindra Akan Usung Wagub Nasrul Abit di Pilgub Sumbar

Gerindra bakal mengusung Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di Pilkada Sumbar.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Feb 2020, 09:25 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2020, 09:25 WIB
Tim Pemenangan Prabowo-Sandi laporkan jumlah DPT bermasalah ke KPU
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PKS Mustafa Kamal, Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso memberi keterangan usai melakukan pertemuan tertutup dengan komisioner KPU, Jakarta, Rabu (17/10). (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Gerindra bakal mengusung Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di Pilkada Sumbar. Nasrul Abit merupakan mantan Ketua DPD Gerindra Sumbar. Hal itu juga menepis kabar jika Gerindra telah merestui Andre Rosiade untuk maju.

"Kita di sana ada calon lain yang mau kita majukan. Yang mau kita majukan Insyaallah mantan ketua DPD. Wakil gubernur sekarang, Nasrul Abit," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani di DPP Gerindra, Jalan Harsono RM 54, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Nasrul merupakan Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2016-2021 yang dilantik pada 12 Februari 2016. Sebelumnya, ia menjabat Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat periode 2005-2015 dan Wakil Bupati Pesisir Selatan 2000-2005. Pada Pilgub Sumbar 2015, ia terpilih menjadi Wakil Gubernur Sumatera Barat berpasangan dengan Gubernur Irwan Prayitno.

Saat pencalonannya sebagai wakil gubernur pada 2015, ia awalnya ditolak oleh pengurus Partai Gerindra di tingkat kabupaten/kota se-Sumbar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video di bawah ini:


Pernah Tak Diusulkan DPD

Dalam proses penjaringan nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur oleh panitia seleksi, nama Nasrul Abit tidak pernah diusulkan oleh pengurus di daerah, tetapi direkomendasikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Pada 8 September 2015, Ketua Panitia Seleksi Gerindra Zulkifli Jailani melayangkan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Padang. Kasus ini selesai setelah Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Desrio Putra meminta Zulkifli menyelesaikan persoalan tersebut dengan baik atau terancam dipecat.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya