7 Respons Mulai Relawan hingga Parpol Usai Prabowo Pilih Gibran Jadi Bakal Cawapres

Bakal capres Prabowo Subianto telah secara resmi mengumumkan nama putra ulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres pendampingnya.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 24 Okt 2023, 10:34 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2023, 10:30 WIB
Bakal capres Prabowo Subianto telah secara resmi mengumumkan nama putra ulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres pendampingnya.
Bakal capres Prabowo Subianto telah secara resmi mengumumkan nama putra ulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres pendampingnya. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto telah secara resmi mengumumkan nama putra ulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya.

"Kita sudah sepakat mengusung saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju. Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus untuk Indonesia maju," ujar Prabowo Subianto di Rumah Kertanegara Jakarta, Minggu 22 Oktober 2023.

Usai dipilih dan diumumkannya Gibran sebagai bakal cawapres mendampingi bakal capres Prabowo Subianto, sejumlah pihak pun angkat bicara. Termasuk beberapa relawan.

Ketua Dewan Pembina Relawan Muda Airlangga, Khalid Zabidi mengamati, perkembangan dinamika politik nasional, khususnya hasil Rapimnas Partai Golkar pada hari Sabtu 21 Oktober 2023 yang menghasilkan rekomendasi dukungan Partai Golkar dan keputusan bulat dari Partai Politik anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) Minggu 22 Oktober 2022 terhadap pasangan Prabowo Subianto sebagai bakal capres dan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres.

"Mencermati hasil Rapimnas Partai Golkar, maka dengan itu Relawan Muda Airlangga memandang perlu melakukan pengalihan dukungan yang semula kami mendukung Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden, kini menjadi mendukung penuh pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka," kata Khalid melalui siaran pers diterima, Senin 23 Oktober 2023.

Khalid memastikan, selanjutnya relawannya akan masuk dan melebur bersama unsur relawan-relawan Prabowo Gibran mengganti nama semula Relawan Muda Airlangga (RMA) menjadi RMPG atau Relawan Muda Prabowo Gibran.

Selain itu, Barisan 8 Center (B8C) yang merupakan pendukung Prabowo Subianto sebagai capres di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 itu mengaku optimis dapat menghadapi lawan politiknya, dalam memperoleh suara masyarakat.

Walaupun, sebelumnya Barisan 8 Center sempat mengusung Erick Thohir sebagai pendamping Prabowo Subianto, namun, pihaknya juga menganggap sosok Gibran merupakan putra bangsa yang membanggakan.

Sejumlah partai politik lain juga angkat bicara terkait Gibran yang diusung menjadi bakal cawapres. Misalnya Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang menyatakan kader partai harus siap kecewa dan dikecewakan menyusul dinamika politik terus berjalan.

Berikut sederet respons sejumlah pihak usai bakal capres Prabowo Subianto mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres pendampingnya dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Relawan Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto

Gibran Rakabuming dan Prabowo
Gibran Rakabuming digoyang isu pindah parpol ke Gerindra tak lama setelah mendampingi Prabowo Subianto yang tengah mampir Solo, Jumat (19/5/2023). (Foto: Dok. Instagram @prabowo)

Ketua Dewan Pembina Relawan Muda Airlangga, Khalid Zabidi mengamati, perkembangan dinamika politik nasional, khususnya hasil Rapimnas Partai Golkar pada hari Sabtu 21 Oktober 2023 yang menghasilkan rekomendasi dukungan Partai Golkar dan keputusan bulat dari Partai Politik anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) Minggu, 22 Oktober 2022 terhadap pasangan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (Bacapres) dan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres) dari Partai Golkar.

"Mencermati hasil Rapimnas Partai Golkar, maka dengan itu Relawan Muda Airlangga memandang perlu melakukan pengalihan dukungan yang semula kami mendukung Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden, kini menjadi mendukung penuh pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka," kata Khalid melalui siaran pers diterima, Senin 23 Oktober 2023.

Khalid memastikan, selanjutnya relawannya akan masuk dan melebur bersama unsur relawan-relawan Prabowo Gibran mengganti nama semula Relawan Muda Airlangga (RMA) menjadi RMPG atau Relawan Muda Prabowo Gibran.

"Penggantian nama ini untuk melakukan penggalangan opini, penggalangan massa dan kerja-kerja politik pemenangan di massa rakyat untuk memenangkan Prabowo Gibran pada Pilpres 2024," ucap dia.

Khalid menegaskan, RMPG akan fokus pada 3 hal pasca perubahan nama. Tujuannya, adalah semata memenangkan pasangan Prabowo-Gibran.

"Pertama, mengkonsolidasikan relawan di seluruh Indonesia atas pengalihan dukungan dari Airlangga ke Prabowo, kedua, RMPG menyatakan diri bergabung dengan relawan-relawan Prabowo Gibran, ketiga, melakukan kerja-kerja politik pemenangan Prabowo Gibran di massa rakyat," dia menandasi.

Selain itu, Barisan 8 Center (B8C) yang merupakan pendukung Prabowo Subianto sebagai Capres di Pilpres 2024 itu mengaku optimis dapat menghadapi lawan politiknya, dalam memperoleh suara masyarakat.

"Untuk basis massa kita fokus di Jawa Tengah dan Jawa Timur juga Jawa Barat. Memang basis Banteng banyak di sana. Namun kami B8C menganalogikan sebagai Bison, yang pastinya mampu mengalahkan Banteng. Karena kita lebih kuat," ujar Ketua Barisan 8 Center, Andrio Caesario dalam keterangannya.

Andrio menegaskan, Barisan 8 Center tetap solid dan kompak untuk tegak lurus dan konsisten pada kemenangan konsisten untuk memenangkan Prabowo Subianto, dengan merangkul seluruh kalangan.

"Kita barisan 8 Center adalah stabilisator dan offtaker untuk menyerap seluruh keinginan masyarakat. Kita menyerap aspirasi keinginan semua kalangan hingga Gen Z, untuk diaplikasikan dalam program pemerintahan kedepannya," tutur Andrio.

Selain itu, lanjut Andrio, Prabowo memberi arahan agar memiliki strategi jitu tanpa menyebarkan hoaks dan juga propaganda.

"Sekarang kita bukan berpikir lagi siapa cawapresnya. Kita semua berfikir bagaimana strategi jitu untuk kemenangan. Jadi lebih ke arah strategi pemenangan," kata dia.

Walaupun, sebelumnya Barisan 8 Center sempat mengusung Erick Thohir sebagai pendamping Prabowo Subianto, namun, pihaknya juga menganggap sosok putra sulung Presiden Joko Widodo itu merupakan putra bangsa yang membanggakan.

"Tidak ada kekecewaan sedikitpun, B8C sudah mewakafkan diri untuk bapak Prabowo. Jadi siapapun pasangannya pasti kita tunduk dan patuh pada beliau," ucapnya.

Untuk itu, Andrio memastikan, bahwa siapapun yang akan berpasangan dengan Prabowo di Republik ini pasti didukung. Sebab menurutnya, beliau seorang visioner dan kapasitas beliau untuk menjadi pemimpin negara tak perlu diragukan lagi.

"Sesuai dari arahan bapak Prabowo, lebih baik cari pemimpin yang bersih hatinya yang masih putih seperti mas Gibran. Ia merupakan sosok anak yang tidak sombong, yang merakyat, dan dia juga tidak melebeli dirinya sebagai anak presiden. InsyaAllah mas gibran menjadi representatif dari golongan milenial dan Gen z ke depannya," ungkapnya.

Selain itu, satu catatan kenapa pihaknya tegak lurus ke sosok Wali Kota Solo, yaitu Gibran yang tidak pernah berurusan dengan KPK.

"Intinya Barisan 8 Center akan masuk dalam tim pemenangan, yang saat ini sudah memiliki 7 juta suara di seluruh Indonesia," tegas Andrio.

Kemudian, dalam sebuah era politik yang terus berkembang, kolaborasi lintas generasi dapat menjadi kunci untuk memimpin sebuah negara. Pemilu mendatang menawarkan pandangan yang menarik tentang kerja sama antara mantan Jenderal Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, seorang pengusaha muda yang juga putra Presiden Joko Widodo.

Nandi yang merupakan Ketua Relawan Muda Prabowo-Gibran Rakabuming Raka (Rempug) menyambut pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dengan tangan terbuka. Kolaborasi lintas generasi ini disambut dengan penuh harapan oleh Nandi, yang melihatnya sebagai langkah menuju pemimpin yang beragam dan komprehensif untuk Indonesia.

“Prabowo-Gibran mengusung pesan keberlanjutan kepemimpinan. Prabowo sendiri sekarang sebagai Menteri Pertahanan dan sekarang ia menawarkan pengalamannya yang berharga kepada generasi muda dengan meminang Masa Gibran sebagai Cawapresnya.” ujar Nandi.

Menurut Nandi, dengan memilih Gibran, melihat dorongan untuk meneruskan agenda-agenda positif yang telah diletakkan oleh pemerintahan sebelumnya.

“Kolaborasi Prabowo dan Gibran membawa gagasan bahwa pemimpin masa depan tidak hanya harus berasal dari satu generasi, tetapi dapat memanfaatkan kekuatan dan perspektif yang berbeda untuk mengatasi tantangan yang ada,” ujar Nandi.

Ia menilai kolaborasi antara Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka adalah contoh bagaimana pemimpin dari berbagai latar belakang dan generasi dapat bekerja bersama untuk membangun sebuah negara yang lebih kuat dan berkelanjutan.” lanjut Nandi.

Indonesia sedang menghadapi pilihan yang menarik dalam pemilihan presiden mendatang, dan Prabowo-Gibran mewakili upaya untuk membawa ide-ide segar ke dalam kepemimpinan nasional, menunjukkan bahwa kolaborasi lintas generasi adalah kunci untuk mencapai tujuan bersama dan melanjutkan perjalanan Indonesia ke masa depan yang lebih cerah.

 


2. Partai Gerindra Optimistis

Gibran Rakabuming Raka Ketahuan Sarapan Bareng Prabowo
Akhirnya Gibran Rakabuming Raka mengaku sarapan bareng Prabowo di Hotel Alila Solo. Ia membantah sarapan sambil membahas peluang Cawapres 2024. (Foto: Dok. YouTube Berita Surakarta)

Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan capres-cawapres untuk Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo mengaku optimistis Prabowo-Gibran bakal memenangkan Pilpres 2024.

"Pasti menang," kata Hashim usai rapimnas Gerindra di The Dharmawangsa, Jakarta, Senin 23 Oktober 2023.

Hashim menilai, keputusan menduetkan Prabowo-Gibran luar biasa. Sebab, keduanya merupakan kombinasi antara generasi tua dan muda.

"Ini generasi lebih berpengalaman, lebih tua bekerja sama dengan generasi baru dengan inovasi dan pemikiran baru dan sebagainya, saya kira ini luar biasa ini. Kombinasi yang top," ucapnya.

Lebih lanjut, Hashim ditanya mengenai Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia santer dikabarkan akan menjadi ketua tim pemenangan Prabowo. Hashim mengaku sudah mendengar soal ini.

"Pak Rosan teman saya, tapi saya dengar-dengar ada nama lain," katanya.

"Nah itu (Bahlil), nama-nama itu," tutup adik kandung Prabowo Subianto itu.

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan bahwa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sudah menerima pinangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut dia, seluruh persyaratan untuk Prabowo dan Gibran mendaftar sebagai pasangan capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah siap.

"Iya lah (sudah terima Gibran), persyaratan sudah siap," kata Dasco usai menghadiri Rapimnas Partai Gerindra di The Dharmawangsa, Jakarta, Senin 23 Oktober 2023.

Dasco melanjutkan, komunikasi dengan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu itu terus berjalan usai Gibran diumumkan KIM menjadi cawapres pendamping Prabowo.

"Komunikasi jalan terus," ucap Dasco.

Kemudian dia memastikan, tidak ada proses birokrasi yang akan menghambat pendaftaran bakal calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Menurut dia, baik Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka selaku bakal capres-cawapres dari KIM sudah sama-sama mengajukan cuti dari jabatan mereka di tingkat eksekutif.

"Izin cuti itu saya lihat ada beberapa tanggal tertentu, beliau meminta izin cuti juga sudah diajukan," ujar Dasco.

Selain izin cuti, lanjut dia, persyaratan lain seperti surat-surat administrasi yang diminta oleh pihak penyelenggara yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dipastikan juga sudah dilengkapi.

Dasco merasa yakin, KIM hanya tinggal datang untuk mendaftar capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu 25 Oktober 2023.

"Kalau surat izin untuk maju sebagai capres-cawapres sesuai dengan hasil penentuan persyaratan Pemilu sudah diajukan dan Alhamdulila sudah disetujui," jelas Dasco.

 


3. Ketum PBB Yusril Siap Pasang Badan untuk Prabowo-Gibran terkait Masalah Hukum

Hari Ini, Giliran Yusril Ihza Mahendra yang Sambangi Kediaman Prabowo
Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra memimpin rombongan bertandang ke rumah Menhan RI itu. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyatakan siap membantu pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam menghadapi permasalahan hukum di masa mendatang.

Diketahui, Koalisi Indonesia Maju (KIM) akhirnya resmi mengumumkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Prabowo Subianto untuk Pemilihan Presiden 2024.

"Pertama saya ucapkan selamat kepada Mas Gibran sebagai pendamping Pak Prabowo. Sudah saatnya yang muda tampil dan berperan lebih untuk Indonesia," kata Yusril Ihza Mahendra dalam keterangannya, Senin 23 Oktober 2023.

Yusril mengaku berkomitmen untuk membantu Gibran dan Prabowo menjadi pendekar hukum dalam menjalankan roda pemerintahan Indonesia ke depan.

"Diskusi saya dengan Mas Gibran bahwa partisipasi saya akan membantu dalam bidang saya yaitu hukum, dalam pemerintahan Prabowo Subianto dan Mas Gibran ke depan," kata Yusril.

Lebih lanjut, dengan adanya Mahfud Md sebagai cawapres Ganjar Pranowo, hal itu membuat peran Yusril akan semakin besar di bidang hukum untuk membantu pasangan Prabowo-Gibran terkait hukum.

"Dulu saya membantu menjadi lawyer pasangan Jokowi Maruf, sekarang sudah tugas saya membantu putra Pak Jokowi untuk maju melalui pasangan Prabowo dan Mas Gibran," tegas Yusril.

 


4. Bakal Cawapres yang Juga Ketum PKB Cak Imin Ucapkan Selamat Datang

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Tiba di RSPAD Gatot Soebroto
Pantauan Liputan6.com, Anies-Cak Imin tak datang bersamaan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar menyampaikan selamat kepada Gibran Rakabuming Raka setelah Partai Golkar resmi mengusung anak sulung Presiden Jokowi tersebut sebagai bakal cawapres untuk mendampingi bakal capres Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Welcome on the jungle, selamat datang dalam pertempuran politik, mari susun rangkaian persaingan politik dengan riang gembira karena kita adalah sesama anak bangsa mari objektif, rasional, terbuka jujur," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, di Magelang, Minggu 22 Oktober 2023 seperti dilansir dari Antara.

Bagi bakal pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin), kata Cak Imin, tidak ada yang berat karena yakin menang.

Menyinggung Presiden RI Jokowi sudah merestui Gibran maju sebagai cawapres, dia menyampaikan hal tersebut wajar sebagai orang tua untuk merestui.

Menurut dia, PKB sudah menjadi juara satu di Jatim dan juara dua di Jateng tinggal menggeser sedikit jadi juara satu Pileg menjadi juara satu Pilpres.

"Saya tidak merasa khawatir apa pun karena semua punya kelebihan masing-masing tinggal rakyat silakan menilai dan memutuskan pada tanggal 14 Februari 2024. Silakan rakyat menilai. Saya sebagai kompetitor tidak berhak menilai," ucap dia.

Ditanya strategi khusus untuk memenangi Pilpres 2024, Cak Imin menyampaikan pokoknya semua strategi dipakai, yang penting Amin menang.

 


5. Kata PDIP

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan dua buku kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di sela-sela pemanggilannya di kantor DPP PDIP, Selasa (22/5/2023)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan dua buku kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di sela-sela pemanggilannya di kantor DPP PDIP, Selasa (22/5/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyatakan kader partai harus siap kecewa dan dikecewakan menyusul dinamika politik yang terus berjalan.

"Kader partai itu sudah saya beri pesan semua, harus siap kecewa dan siap dikecewakan. Nek durung (kalau belum) siap kecewa jangan jadi kader PDI Perjuangan," kata F.X. Hadi Rudyatmo di Solo, Jawa Tengah, Minggu 22 Oktober 2023.

Terkait dengan langkah politik salah satu kader partai PDI Perjuangan sekaligus Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang akhirnya menjadi pendamping bacapres dari partai lain, dia pribadi mengaku tidak kecewa.

"Kader militan enggak ada kata kecewa. Saya enggak pernah berpikiran negatif kepada orang lain, enggak mau menjelek-jelekkan," katanya.

Menyinggung manuver Gibran yang mengawali karier politik di PDIP, Rudi mengatakan bahwa itu merupakan hak yang dilindungi oleh undang-undang.

Terkait dengan kelanjutan Gibran di PDI Perjuangan, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta mengatakan bahwa melihat kondisi saat ini, artinya Gibran secara otomatis sudah keluar dari PDI Perjuangan.

"Ya, otomatis to. Kalau sudah dari partai A ke partai B, berarti anggota partai B. Partai A-nya tergantung pada beliau sendiri," katanya.

Disinggung secara etika politik, dia enggan menilai langkah yang sudah dilakukan oleh putra sulung Presiden RI Joko Widodo tersebut.

"Saya enggak mau menilai orang lain. Menilai diri sendiri saja compang-camping kok," katanya yang dilansir dari Antara.

Ia juga memilih tidak ambil pusing dengan deklarasi capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari Koalisi Indonesia Maju.

"Pengaruh atau tidak itu masyarakat yang bisa menilai. Tugas saya merawat dan mengelola kader PDI Perjuangan bergerak sat-set das-des memenangkan Ganjar dan Mahfud," jelas Rudi.

Kemudian, Politikus Senior PDI Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira mengaku kecewa dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, yang meninggalkan PDIP dan merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Sebagai kader PDI Perjuangan saya sangat kecewa dengan keputusan GRR yang meniggalkan PDI Perjuangan untuk dicalonkan oleh partai lain dan menjadi Cawapres dari KIM. Memang ini hak politik GRR, tetapi ini juga melukai hati banyak orang yang mengetahui dan merekam perjalanan karir GRR," kata Andreas pada wartawan, Senin 23 Oktober 2023.

Andreas mengingatkan, PDIP tidak pernah bersikap tidak adil pada Gibran, justru menurutnya PDIP memberikan hak istimewa bagi Gibran.

"Apakah PDI Perjuangan telah berlaku tidak adil kepada beliau? Setahu saya ini tidak pernah terjadi. Yang bersangkutan justru selama ini mendapat tempat istimewa di partai; dicalonkan, diperjuangkan dan terpilih sebagai Walikota dalam usia karir politik yamg relatif baru," kata dia.

Lebih lanjut, kata Andreas, Gibran dalam berbagai pernyataan publik di berbagai media selalu menyatakan sebagai kader PDI Perjuangan, taat pada peraturan, taat pada perintah Ketua Umum partai.

"Hanya dalam sekejap GRR dengan dinginnya PDI Perjuangan, meninggalkan Capres yang diusung PDI Perjuangan dan bergabung dengan Capres lain karena dicalonkan Wapres. Sebagai orang muda, tentu ini mencoreng wajah politiknya sendiri, akan menjadi catatan buruk soal karakter pemimpin; soal integritas, loyalitas dan soal kejujuran dalam berpolitik yang seharusnya ditunjukan oleh seorang calon pemimpin," kata Andreas.

Menurut Andreas, publik akan mempertanyakan apakah kata-kata dan janji Gibran ke depan bisa dipegang. Ia menilai bisa saja Gibran akan berkhianat ke depan, sama seperti yang ia lakukan ke PDIP.

"Apakah yang selama ini diucapkan bisa dipegang? Hari ini perlakuan GRR terhadap PDI Perjuangan, bukan tidak mungkin besok-lusa terhadap partai yang mengusungnya menjadi Cawapres, bukan tidak mungkin juga terhadap rakyat yang memilihnya. Rakyat juga yang akan menilai," pungkasnya.

Selain itu, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto buka suara soal deklarasi bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut dia, pasca-penetapan Prabowo-Gibran, PDI Perjuangan semakin bergerak cepat, lebih mantap dan semakin semangat. Gibran saat maju pada 2021 ke persaingan Pilkada Solo setelah mendapatkan dukungan penuh dari PDI Perjuangan, setelah sebelumnya bergiat sebagai pemilik usaha penganan dan beberapa bisnis lain.

"PDI Perjuangan adalah ‘partai banteng’, semakin ditekan semakin semangat. Munculnya Prabowo-Gibran justru akan menjadi 'kontrasting' dengan Ganjar-Mahfud MD," kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan 'kontrasting' alias kebalikan itu terutama karena Ganjar-Mahfud dikenal sebagai figur yang visioner, punya nyali, dan perpaduan antara harapan percepatan daya unggul bangsa dan ketegasan dalam menegakkan keadilan.

Menurut dia, posisi Mahfud sebagai “pendekar hukum” dan pembela “wong cilik” menjadi semangat anti-korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) yang lahir kembali dengan daya semangat yang lebih besar.

Ia menegaskan bahwa PDI Perjuangan bersama PPP, Perindo, dan Partai Hanura serta relawan justru semakin meyakini jalan politiknya yang dibimbing oleh nilai moral dan etika politik.

"Namun pada saat bersamaan kami meyakini bahwa Ganjar Pranowo-Mahfud MD semakin mantap berkontestasi, bertarung dalam gagasan bagi daya unggul bangsa di masa depan, dan memiliki nyali karena berdiri kokoh dalam tuntunan mata hati rakyat," ujarnya.

Hasto mengatakan politik itu sejatinya digerakkan oleh dedikasi bagi bangsa dan negara, berjuang untuk rakyat, bukan bagi kepentingan keluarga.

Menurut dia, ketika mandat rakyat bahwa kekuasaan itu untuk kepentingan seluruh bangsa dan negara, lalu dibelokkan menjadi ambisi, maka semua wajib bergerak dengan penuh keyakinan karena Ganjar-Mahfud MD berpihak pada kebenaran.

 


6. PAN Bantah Ada Perdebatan di KIM Usai Deklarasi Gibran sebagai Cawapres Prabowo

Wali Kota Surakarta Gibran bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
Wali Kota Surakarta Gibran bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Rumah Dinas Menteri Perdagangan di kawasan Widya Chandra, Sabtu (21/10/2023). (Foto: Tim Media PAN).

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) membantah ada ketegangan dan perdebatan di Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memutuskan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (Cawapres) KIM.

Menurutnya, semua parpol KIM bertekad bekerja keras untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran.

"Tidak benar ada ketegangan. Tidak ada perdebatan. Tidak ada selisih pendapat. Isu itu sengaja dihembuskan pihak lain. Wajar saja, dalam pertarungan politik yang dinamis seperti ini, banyak yang merasa kepentingannya terganggu," kata Saleh dalam keterangannya, Senin 23 Oktober 2023.

Saleh mengatakan, penetapan Gibran secara bulat sebagai cawapres diyakini akan membawa dampak elektoral yang signifikan. Terbukti, banyak relawan dari berbagai kalangan telah mendeklarasikan dukungan.

"Banyak harapan yang dititipkan kepada Gibran agar kepentingan sosial politik anak-anak muda dapat disalurkan," kata Saleh.

Dia menambahkan, KIM mendesain proses penetapan capres -cawapres ini secara mudah dan sederhana. Setelah dimusyawarahkan tadi malam, tahap selanjutnya adalah pendaftaran di KPU.

"Ada waktu dua hari untuk melengkapi seluruh berkas," tutup Saleh.

 


7. Kata PPP

Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP M Romahurmuziy
Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP M. Romahurmuziy (Foto: Liputan6/Delvira Chaerani Hutabarat)

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyampaikan, selamat kepada Bakal Capres Prabowo Subianto yang telah mendeklarasikan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Ketua Majelis Pertimbangan PPP M. Romahurmuziy menyebut Gibran adalah calon yang sudah lama diidamkan Prabowo.

"Selamat Pak Prabowo yang telah mendapatkan jodoh yang sudah lama diidamkan, mas Gibran putra presiden," kata Rommy dalam keterangannya, Senin 23 Oktober 2023.

Menurut Rommy, kini rakyat bisa menilai dan memilih dengan penuh pertimbangan.

"Rakyat bisa menilai, mana pasangan yang dipilih dengan penuh pertimbangan, mana pasangan yang perjodohannya dadakan. Rakyat bisa menilai mana yang bersatunya menuai puji, dan mana yang bergabungnya memantik kontroversi," kata Rommy.

"Rakyat juga bisa menilai, mana pasangan yang diumumkan dengan wajah-wajah bersemangat, mana yang diumumkan dengan wajah-wajah penat," sambungnya.

Selain itu, Rommy menilai majunya Gibran akibat Putusan Mahkamah Konstitusi, disebut secara hukum problematik dan sangat mungkin dipersoalkan di kemudian hari.

“Pasangan ini masih potensial dipersoalkan sebagaimana analisis seluruh pakar tata negara. Dua problematika hukum yang akan dihadapi: perubahan PKPU 19/2023 yang digantikan hanya oleh Nota Dinas tanpa melalui konsultasi dengan DPR RI; serta kemungkinan judicial reviewnya di Mahkamah Agung atas kedudukan hukum Nota Dinas tersebut tanpa perubahan PKPU 19/2023,” kata dia

"Dengan demikian bisa saja setelah ditetapkan KPU sebagai capres dan cawapres, masih akan ada perubahan-perubahan pada pasangan ini sebelum gelaran Pemilu 14 Feb 2024," bebernya.

Selain itu, karena Gibran adalah putra presiden atau petahana, Rommy menilai secara emosional pasti sulit bagi Jokowi untuk netral atau tidak mendukung putra kandungnya.

"Tentu sulit mempercayai dukungan presiden tidak melekat untuk putranya. Ppublik juga wajib mengontrol potensiabuse of power, oknum aparat yang bisa digunakan untuk memenangkan Pemilu. Baik itu 271 Pj. kepala daerah, aparat penegak hukum, TNI, maupun penyelenggara pemilu," kata Rommy.

"Karena ada Nota Dinas yang terbit menggantikan perubahan PKPU 19/2023 ditengarai sejumlah pakar sebagai melanggar ketentuan UU Pemilu," pungkasnya.

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya