Jembatan Penghubung Desa di Gowa Ambruk

Jembatan alternatif yang terletak di Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ambruk diempas arus sungai Je'ne Lata.

oleh Eka Hakim diperbarui 22 Jan 2019, 22:00 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2019, 22:00 WIB
Jembatan penghubung desa di Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa, Sulsel ambruk akibat derasnya air sungai Je'ne Lata (Liputan6.com/ Eka Hakim)
Jembatan penghubung desa di Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa, Sulsel ambruk akibat derasnya air sungai Je'ne Lata (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Liputan6.com, Gowa - Salah satu jembatan penghubung antar desa di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ambruk terempas derasnya air sungai Je'ne Lata, Selasa (22/1/2019). Jembatan itu berada di Dusun Manyempa, Desa Moncongloe, Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa.

"Jembatannya ambruk akibat derasnya air sungai di bawahnya," kata Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga kepada Liputan6.com.

Kapolsek Manuju, Iptu Kasmawati mengatakan, ambruknya jembatan yang berpondasi beton tersebut diketahui terjadi pada pukul 11.00 Wita.

"Arus air sungai Je'ne Lata sangat deras sehingga membuat jembatan ambruk," kata Kasmawati.

Meski demikian, pihaknya telah mengantisipasi agar masyarakat tak melintas di jembatan yang panjangnya diperkirakan 55 meter tersebut. Sehingga tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Menurut laporan dari warga setempat, arus deras yang terjadi di sungai Je'ne Lata merupakan kiriman dari wilayah Kecamatan Bongayya dan Biring Bulu, Kabupaten Gowa dan hal tersebut telah dipantau warga sejak Senin, 21 Januari 2019.

"Selain mungkin karena curah hujan yang tinggi, itu arus kiriman dari Bongaya dan Biringbulu," ujar Kasmawati.

Warga setempat bersama personel Polsek Manuju saat ini berupaya berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa (Pemda Gowa) agar bisa mendatangkan bantuan secepatnya.

"Personel Polsek Manuju Kabupaten Gowa dan warga setempat masih memantau lokasi jembatan hingga saat ini," Kasmawati menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya