Penderita Gangguan Jiwa Gigit Jari hingga Hampir Putus Dapat Bantuan Warganet

Wiji merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang viral lantaran kerap menggigit jarinya sendiri hingga hampir putus.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 23 Apr 2019, 10:00 WIB
Diterbitkan 23 Apr 2019, 10:00 WIB
Wiji Fitriani
Foto: Dian Kurniawan/ Liputan6.com.

Liputan6.com, Kediri - Setelah informasinya beredar, sejumlah orang mendatangi rumah Wiji Fitriani (28) di Dusun Tambak, Desa Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Wiji merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang viral lantaran kerap menggigit jarinya sendiri hingga hampir putus.

Mereka yang merasa iba sekaligus prihatin dengan nasib yang dialami Wiji, ramai-ramai memberikan sembako dan uang tunai.

Nana (32), warga Mojoroto, Kediri, merasa terenyuh setelah melihat secara langsung kondisi fisik bersangkutan. Ia mendengar informasi perihal penderitaan yang dialami Wiji setelah melihatnya di media sosial.

"Saya tahunya kemarin dari Facebook, Mas," katanya sambil menahan tangis.

Selain Nana, ada juga sekelompok komunitas pemuda yang mengatasnamakan Wajah Pribumi Solidarity datang memberikan berupa uang tunai Rp 1,7 juta.

Sama halnya Nana, Ahmad Arif Afandi dari komunitas itu mengaku tahu cerita yang dialami Wiji Fitriani setelah membaca unggahan dari Facebook seseorang. 

"Alhamdulihlah ada apresiasi dari teman-teman berupa uang senilai 1,7 juta. Ini titipan dari teman-teman," katanya.

Setelah bertatap muka langsung dengan Wiji Fitriani ia merasa prihatin dengan sakit yang dialami gadis Madrasah Ibtidaiyah kelas tiga tersebut. Ia lantas mendoakan semoga sakit Wiji Fitriani secepatnya bisa sembuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Viral di Medsos

Wiji Fitriani
Foto: Dian Kurniawan/ Liputan6.com.

Seperti diberitakan kemarin, Dinas Provinsi Jawa Timur akhirnya memutuskan untuk membawa Wiji Fitriani (28), pasien penderita gangguan jiwa, ke Rumah Sakit Menur Surabaya. Gadis berkulit sawo matang ini dibawa menggunakan mobil ambulans dan dijemput dari rumahnya di Dusun Tambak, Desa Ngadi Kecamayan Mojo Kabupaten Kediri, Sabtu sore (20/4/2019).

Wiji Fitriani dibawa ke RSJ Menur Surabaya setelah mendapat persetujuan dari neneknya, Jirah (73). Peristiwa ini mencuat, setelah viral di medsos lantaran perempuan asal Kediri ini dikabarkan telah menggit jari tangannya sendiri hingga terjadi infeksi pembusukan di bagian jari dan kaki.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya