Uji Seka Mandiri, Wakil Wali Kota Solo Dinyatakan Negatif Covid-19

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo menjalani uji seka mandiri setelah dinyatakan positif Covid-19. Hanya saja, hasil uji seka mandiri yang dilakukan pada tanggal 24 Juli 2020 itu telah menunjukkan hasil negatif.

oleh Fajar Abrori diperbarui 28 Jul 2020, 10:59 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2020, 10:30 WIB
Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. (Liputan6.com/Fajar Abrori)
Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo menjalani uji seka atau swab test mandiri setelah terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis, 23 Juli 2020 lalu. Uji seka dengan metode polymerase chain reaction (PCR) itu dilakukan oleh Rumah Sakit Kasih Ibu (RSKI) Solo dan hasilnya negatif.

Achmad Purnomo memutuskan menjalani uji swab secara mandiri selang satu hari setelah hasil swab dari Dinas Kesehatan Solo keluar. Ia melakukan tes swab mandiri untuk pembanding hasil swab yang telah keluar.

"Paginya Jumat tanggal 24 Juli 2020, saya ingin bandingkan swab di tempat lain gitu," kata Purnomo melalui sambungan telepon, Selasa, 28 Juli 2020.

Purnomo saat menjalani uji swab tidak datang ke rumah sakit melainkan mengundang dokter RSKI Solo untuk datang ke rumahnya. Hal ini dilakukan karena setelah positif Covid-19 harus menjalani karantina mandiri di rumahnya.

"Saya undang dokter untuk datang ke rumah. Harusnya datang ke rumah sakit, tapi saya isolasi, jadi tidak bisa. Selain swab, juga untuk cek kontrol kesehatan," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut ini:


Hasil Swab Purnomo dan Istri

Menurut Wakil Wali Kota Solo itu hasil uji swab mandiri telah keluar pada Senin malam dan hasilnya negatif. Bahkan, kondisi kesehatannya saat ini cukup baik dan tidak mengeluhkan rasa sakit.

"Hasil swab Senin malam diantar ke rumah sekitar pukul 19.0 WIB. Hasil swab saya dan ibu itu negatif," katanya.

Sedangkan, tes swab lanjutan yang dilakukan Dinas Kesehatan Solo dilakukan pada Selasa pagi ini, 28 Juli 2020. Uji swab tersebut dilakukan di kediaman pribadi Wakil Wali Kota Solo. Uji swab hari ini untuk mengetahui perkembangan kondisi Purnomo setelah hasil swab sebelumnya pada tanggal 18 Juli 2020 itu terkonfirmasi positif.

Seperti diketahui awalnya Purnomo menjalani uji swab setelah pulang dari Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Jokowi pada 16 Juli 2020 lalu. Uji swab itu dilakukan selama dua hari berturut-turut pada Jumat-Sabtu, 17-18 Juli 2020. Hasil uji swab yang pertama negatif dan kedua positif.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya