2 Bocah Tenggelam Saat Berwisata di Pantai Karapyak Pangandaran, 1 dalam Pencarian

Sebanyak dua remaja yang tengah berwisata di Pantai Karapyak, Kabupaten Pangandaran, dilaporkan tenggelam pada Minggu (31/10/2021).

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 01 Nov 2021, 12:00 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi tenggelam (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Ilustrasi tenggelam (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak dua remaja yang tengah berwisata di Pantai Karapyak, Kabupaten Pangandaran, dilaporkan tenggelam pada Minggu (31/10/2021). Berdasarkan keterangan Kantor SAR Bandung, satu orang berhasil diselamatkan dan satu orang lainnya masih berstatus dalam pencarian.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung Supriono mengatakan, pihaknya menerima informasi orang tenggelam di pantai pada pukul 17.00 WIB dari Kepala Unit Siaga SAR Pangandaran, Edwin. Kecelakaan laut yang terjadi terhadap dua anak yang sedang berwisata bersama keluarga itu terjadi pukul 13.00 WIB.

Korban selamat yakni Jakariah Fajar (9), warga Cikabuyutan Timur, Kota Banjar. Sedangkan, korban tenggelam yang masih dalam pencarian yakni Muhamad Usamah Salahudin (13), warga Kecamatan Pataruman, Kota Banjar

Kejadian bermula pada saat korban dengan satu orang temannya berenang. Namun tak selang lama korban dan temannya meminta pertolongan dengan mengangkat tangan dengan jarak 100 meter dari bibir pantai. 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Upaya Penyelamatan

"Rekan-rekan korban yang berada di bibir pantai langsung memberikan pertolongan dengan melemparkan ban dan juga mencoba menggapai korban. Satu orang ditemukan selamat dalam keadaan tak sadarkan diri dan segera mendapatkan perawatan sedangkan korban lainnya masih dalam pencarian," kata Supriono, Minggu (31/10).

Supriono mengatakan pihaknya langsung memberangkatkan satu tim rescue dari unit Siaga SAR Pangandaran untuk melakukan pencarian. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak Polsek Kalipucang dan potensi SAR setempat dalam melakukan pencarian.

"Pukul 18.40 WIB tim tiba di lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan pihak pihak terkait. Berdasarkan pertimbangan teknis seperti cuaca dengan hujan deras maka pencarian akan dilanjutkan pada esok hari, Senin 01 November 2021 pukul 07.00 WIB," ujarnya.

Adapun alat utama (alut) yang digunakan antara lain 1 Unit Rescue Car Compartment, 1 Unit LCR, 1 Set Palsar Air, 1 Set Peralatan Alkom, 1 Set Peralatan Medis dan APD Personal dengan unsur SAR yang terlibat antara lain Kantor SAR Bandung, Polsek Kalipucang, Koramil Kalipucang dan Balawista Pangandaran.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya