Wajah Baru Stasiun Cirebon Hadirkan Suasana Pedesaan

Terdapat beragam jenis tanaman hidup, kolam kecil serta beberapa tempat yang bisa dimanfaatkan penumpang sembari menunggu keberangkatan kereta api

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Jan 2022, 19:00 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2022, 19:00 WIB
Wajah Baru Stasiun Cirebon Hadirkan Suasana Pedesaan
Suasana pengunjung tengah berfoto selfie di ruang tunggu dengan suasana alam pedesaan sambil menunggu jadwal keberangkatan kereta api. Foto (istimewa)

Liputan6.com, Cirebon Suasana berbeda dihadirkan manajeman PT KAI Daops 3 Cirebon dalam upaya meningkatkan kenyamanan penumpang kereta api.

Manajeman Daops 3 Cirebon menghadirkan suasana berbeda untuk pengguna kereta api yang tengah menunggu jadwal keberangkatan mereka di ruang tunggu penumpang. Suasana pedesaan hadir di kawasan stasiun Cirebon.

Manajer Humas Daops 3 Cirebon Suprapto mengatkan, di kawasan lobi Stasiun Cirebon disulap menjadi suasana alam pedesaan. Konsep baru tersebut, kata dia bagian dari rangkaian memeriahkan libur Imlek.

"Ruang tunggu dengan suasana alam yang instagramable. Diharapkan dengan adanya fasilitas tersebut, dapat dimanfaatkan bagi para penumpang untuk berswaphoto," ujar Suprapto, Senin (31/1/2022).

Dalam ruang tunggu tersebut, terdapat beragam jenis tanaman hidup, kolam kecil serta beberapa tempat yang bisa dimanfaatkan penumpang sembari menunggu keberangkatan kereta api.

Dia mengatakan, para penumpang juga bisa melakukan foto selfie atau mengabadikan momen saat menunggu keberangkatan KA di taman tersebut.

"Kegiatan penghijauan stasiun dengan cara penanaman pohon secara outdoor sudah dilakukan di 30 stasiun wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, dari stasiun kelas besar hingga stasiun kelas kecil," Jelas Suprapto.

Saksikan video pilihan berikut ini


Jadwal Keberangkatan Saat Libur Imlek

Wajah Baru Stasiun Cirebon Hadirkan Suasana Pedesaan
Suasana pengunjung tengah berfoto selfie di ruang tunggu dengan suasana alam pedesaan sambil menunggu jadwal keberangkatan kereta api. Foto (istimewa)

Sementara itu, untuk progres tamanisasi indoor pada tahap awal baru dilakukan di Stasiun Cirebon. Suprapto memastikan, suasana alam pedesaan di ruang tunggu akan berlanjut ke stasiun lain wilayah Daops 3 Cirebon.

Dia menjelaskan, inovasi tersebut bagian dari upaya mewujudkan keselarasan pembangunan infrastruktur yang tetap mendukung pelestarian, konservasi, dan menjaga ekosistem lingkungan setempat.

Selain untuk mendukung program BUMN hijaukan Indonesia, Konsep ramah lingkungan melalui penghijauan dapat menjadikan udara lebih baik dan bersih, mengurangi dampak dari pemanasan global serta menyerap berbagai polusi udara.

Pada masa liburan Tahun Baru Imlek 2573, PT KAI Daop 3 Cirebon tetap menyelenggarakan pelayanan transportasi kereta api dengan menerapakan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Tercatat pada masa libur ini, terdapat 85 perjalanan KA Jarak Jauh yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon dengan tujuan ke berbagai Kota di wilayah Pulau Jawa seperti Jakarta, Surabaya, Jogyakarta, Solo, Semarang, Bandung, Purwokerto, Jember dan Banyuwangi.

Jumlah penumpang KA di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon pada masa Libur Imlek ini masih terbilang stabil dibandingkan dengan hari – hari biasa.

Berikut jumlah penumpang naik di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon (berdasarkan data tanggal 31 Januari 2022, pukul 09:00 WIB) , sebagai berikut :

1. Tanggal 28 Januari 2022 : 1.914 orang.

2. Tanggal 29 Januari 2022 : 1.979 orang.

3. Tanggal 30 Januari 2022 : 2.510 orang.

4. Tanggal 31 Januari 2022 : 1.114 orang (data sementara)

5. Tanggal 1 Febuari 2022 : 1.112 orang (data sementara)

6.Tanggal 2 Februari 2022 : 529 orang (data sementara)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya