Menikmati Keindahan Alam dan Ragam Permainan di Waduk Manggar Balikpapan

Lokasinya yang cukup jauh dari Kota Balikpapan, membuat tempat wisata ini memiliki kesan yang damai, tenang, dan sepi.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 10 Sep 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2022, 06:00 WIB
Ilustrasi waduk  (sumber: Pixabay)
Ilustrasi waduk (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Yogyakarta - Waduk Manggar merupakan danau buatan yang menyuguhkan keindahan alam yang memukau. Destinasi wisata ini berlokasi di Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

Tak hanya berfungsi sebagai penampung air, Waduk Manggar juga berfungsi sebagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Lokasinya yang cukup jauh dari Kota Balikpapan, membuat tempat wisata ini memiliki kesan yang damai, tenang, dan sepi.

Waduk ini masih dikelilingi pepohonan hijau yang menambah kesan asri. Kapasitasnya yang mencapai 16 juta kubik, menjadikan Waduk Manggar sebagai sumber utama air yang dikelola oleh pemerintah Kota Balikpapan.

Hal tersebut berguna untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat sekitar setiap harinya. Tak hanya itu, air dari waduk ini juga bermanfaat untuk mengairi sawah di musim kemarau.

Lokasinya agak masuk ke hutan, sehingga akses jalan menuju ke lokasi ini tidak mudah. Namun, perjalanan menuju lokasi yang tak mudah itu akan terbayarkan saat sampai ke lokasi.

Kontur lokasi wisata Balikpapan ini penuh persembunyian dan dipadukan dengan hijaunya pepohonan sekitar, dijamin dapat menghilangkan stres. Pengunjung bisa duduk bersantai di sekitar waduk untuk mengabadikan momen tak terlupakan bersama rombongan atau melakukan swafoto dengan latar belakang waduk.

Begitu menginjakkan kaki di dekat waduk, pengunjung bisa melihat air yang tenang dan membentang luas. Sayangnya, waduk ini cukup dalam, sehingga pengunjung yang datang ke sini dilarang untuk berenang.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Habitat Beragam Spesies

Selain itu, Waduk Manggar juga merupakan habitat dari berbagai spesies seperti pecuk ular, bee-eater (kirik-kirik atau berek-berek Eropa), blue-tailed bee-eater (kirik-kirik laut), dan berbagai jenis burung kecil sunbird atau burung pengisap nektar. Karena banyaknya spesies hewan tersebut, waduk ini juga kerap kali menjadi tempat edukasi mengenai keanekaragaman hewan.

Selain itu, di sekitar waduk juga terdapat camping ground serta lokasi outbound yang seru dan sayang untuk dilewatkan. Sehingga, tempat ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga, teman, bahkan komunitas yang kamu miliki.

Lokasi ini kerap digunakan oleh beberapa komunitas, seperti klub sepeda gunung, mobil, dan komunitas memancing. Komunitas sepeda gunung dan jeep biasanya sering melakukan perjalanan ke lokasi terpencil, sehingga menjadikan waduk ini sebagai tempat peristirahatan yang tepat.

Sedangkan komunitas memancing umumnya menggunakan Waduk Manggar sebagai lokasi berkumpul dan juga menyalurkan hobi tersebut. Pihak pengelola juga telah menyediakan berbagai permainan menarik, seperti paintball, yakni permainan olahraga 'perang-perangan' menggunakan senjata berisi peluru cat.

Untuk bisa menikmati permainan tersebut, pengunjung harus membayar biaya sekitar Rp250 ribu per orangnya. Tarif tersebut sudah termasuk baju pelindung beserta perlengkapan permainan.

Jika menginginkan spot foto menarik dengan latar belakang waduk, pengunjung bisa menggunakan jembatan panjang yang menuju ke tengah danau.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya