Jemaah Calon Haji Medan Dimudahkan Urus Paspor Lewat Inovasi Smart Eazy Passport

Inovasi layanan smart eazy passport memudahkan para jemaah calon haji Kota Medan dalam mengurus paspor, dengan tujuan Ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah.

oleh Reza Efendi diperbarui 18 Mar 2023, 17:34 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2023, 17:34 WIB
Layanan smart eazy passport
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan berkolaborasi Kementerian Agama Kota Medan menyelenggarakan layanan smart eazy passport di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Ikhwanul Ikhlas

Liputan6.com, Medan Inovasi layanan smart eazy passport memudahkan para jemaah calon haji Kota Medan dalam mengurus paspor, dengan tujuan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah.

Terbaru, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan berkolaborasi Kementerian Agama Kota Medan menyelenggarakan layanan smart eazy passport di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Ikhwanul Ikhlas.

Pelaksana Harian Kepala Bidang Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian, Madriva Rumadyo Gusmaritno mengatakan, kegiatan layanan smart eazy passport kepada jemaah calon haji Kota Medan ini merupakan bukti dukungan Imigrasi terhadap penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023.

"Khususnya dalam hal penerbitan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia atau paspor," kata Madriva, Sabtu (18/3/20223).

Besar harapannya untuk masyarakat Indonesia, khususnya Kota Medan dapat mengetahui dan memahami peran Imigrasi dan Kementerian Agama dalam penyelenggaraan ibadah haji.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Kuota Jemaah Calon Haji

Layanan smart eazy passport
Layanan smart eazy passport

Berdasarkan data dari Kementerian Agama Kota Medan, kuota calon jemaah calon haji asal Sumatera Utara (Sumut) kembali normal pada tahun 2023, yakni sebanyak 8.168 orang.

Sehingga, layanan smart eazy passport ini dirasa perlu Agar permohonan paspor khusus calon Jemaah haji tahun 2023 dapat selesai tepat waktu, dan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat berjalan lancar.

"Sebanyak 100 jemaah calon haji Kota Medan terlayani dalam layanan smart eazy passport yang diselenggarakan di KBIH Ikhwanul Ikhlas," Madriva menerangkan.


Sangat Membantu

Layanan smart eazy passport
Pemohon paspor

Seorang pemohon paspor, Rossy Marliza, mengaku layanan pembuatan paspor kolektif sangat membantu dalah hal pembuatan paspor untuk keperluan ibadah ke Tanah Suci.

Rossy tidak mendaftar online terlebih dahulu, seluruh pelayanan dilakukan di tempat sehingga dia dan para pemohon paspor lainnya tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi.

"Layanan smart eazy passport merupakan solusi yang sangat tepat bagi kami yang memiliki keterbatasan waktu," ungkapnya.


Apresiasi Kementerian Agama

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Medan, Eri Nofa, mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan smart eazy passport.

"Semoga kerja sama antara Imigrasi dan Kementerian Agama terus terjalin dengan baik," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya