Jadi 3 Teratas Yahoo! Search Awards 2023, Ada Atarashii Gakko!, Mamoru Miyano ,dan YOASOBI

Kemenangan Atarashii Gakko! dalam kategori musisi diikuti oleh pemenang lain yang mencolok, termasuk Mamoru Miyano dalam kategori pengisi suara dan 'Idol' oleh YOASOBI.

oleh Arie Nugraha diperbarui 29 Des 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 29 Des 2023, 21:00 WIB
Atarashii Gakko!
caption foto: Kelompok vokal Jepang, Atarashii Gakko! . (sumber foto: Kprofile.com)

Liputan6.com, Bandung - Kelompok vokal Jepang, Atarashii Gakko! berhasil meraih posisi teratas dalam kategori musisi dalam pengumuman terbaru 'Yahoo! Search Awards 2023'.

Hal tersebut menandakan lonjakan signifikan dalam pencarian online sepanjang tahun ini terhadap grup vokal yang beranggotakan Mizyu, Rin, Suzuka, dan Kanon.

Peringkat tahunan dicuplik dari laman Japanese Station, Rabu, 27 Desember 2023 ini, berdasarkan data yang dikumpulkan dari 1 Januari-15 Oktober 2023, menyoroti individu dan karya yang mengalami peningkatan yang mencolok dalam permintaan pencarian.

Kemenangan Atarashii Gakko! dalam kategori musisi diikuti oleh pemenang lain yang mencolok, termasuk Mamoru Miyano dalam kategori pengisi suara dan 'Idol' oleh YOASOBI, yang memastikan posisi teratas dalam kategori musik.

Di kategori lagu, entri yang sangat dicari termasuk 'Kaiju no Hanauta' oleh Vaundy, 'Otona Blue' milik Atarashii Gakko!, dan 'Kawaite Gomen' oleh HoneyWorks.

Dalam kemenangan ganda yang luar biasa, pemain baseball profesional Shohei Ohtani berhasil meraih baik hadiah utama maupun posisi pertama dalam kategori atlet.

Serangkaian pemenang yang beragam ini menunjukkan minat luas masyarakat dalam berbagai bidang dan tokoh sepanjang tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Atarashii Gakko!

Menutip laman Kprofiles, Atarashii Gakkou merupakan idol group asal Jepang yang terkenal lewat lagu mereka yang berjudul 'Otona Blue'. Lagu ini sudah didengarkan sebanyak 25 juta kali di channel YouTube Atarashii Gakkou semenjak 3 bulan diunggah.

Atarashii Gakko! adalah sebuah grup vokal wanita asal Jepang yang dibentuk pada tahun 2015. Mereka berafiliasi dengan ASOBISYSTEM, dan melakukan debutnya di Jepang pada bulan 7 Juni 2017 di bawah Victor Entertainment dengan single Dokubana.

Sebelum dikenal secara global dengan nama Atarashii Gakkou, awalnya mereka menggunakan nama Atarashii Gakkou no Leaders.

Grup ini terdiri dari empat anggota, antara lain Mizyu, Rin, Suzuka dan Kanon. Mereka promosi secara internasional dengan nama ATARASHII GAKKO 1234.

Pemimpin dari Atarashii Gakkou! adalah Mizyu. Dia lahir di Tokyo, Jepang dan pernah menjadi model cilik. Dia juga pernah menjadi penari latar untuk penyanyi solo Kyary Pamyu Pamyu. Makanan favoritnya adalah tauge. Mizyu punya satu adik laki-laki. Dia sendiri mengaku punya hobi tidur. Mizyu bisa berlari sejauh 50 meter dalam 9.6 detik.

Sedangkan Rin lahir di prefektur Saitama, Jepang. Dia anak tunggal dan makanan favoritnya adalah terong. Mizyu dan Kanon berpikir jika dia bakal jadi anggota pertama Atarashii Gakkou!yang menikah. Saat sedang bad mood, Rin akan memasak nasi.

Sementara Suzuka lahir di Osaka, Jepang dan makanan favoritnya adalah ubi gunung. Dia suka menggambar dan punya akun kedua di Instagram khusus untuk gambarnya. Dia pergi ke air terjun saat mood-nya buruk untuk menyemangati dirinya sendiri. Dia punya dua kakak perempuan dan bisa berlari sejauh 50 meter dalam 8.7 detik.

Anggota terakhir yakni Kanon lahir di prefektur Gunma, Jepang dan makanan favoritnya adalah mangga. Saat sedang bad mood, dia akan pergi bersama teman-temannya. Dia punya satu kakak laki-laki dan satu kakak perempuan. Dia adalah tipe perempuan yang energetik. Nilai terburuk yang dia dapatkan dalam tes adalah 60.

Lagu terbaru dari Atarashii Gakko! adalah Tokyo Calling. Lagu ini dirilis pada tanggal 20 Oktober 2023 dan dapat dilihat dalam video live di YouTube. Selain itu, grup ini juga merilis single NAINAINAI pada tahun 2022.

Sampai saat ini, belum ada informasi resmi mengenai album baru dari Atarashii Gakko!. Namun, grup ini merilis sebuah EP berjudul Ichijikikoku pada tanggal 12 April 2023 1.

EP ini terdiri dari tujuh lagu, termasuk hit populer mereka Otonablue. Versi live dari lagu ini telah menarik lebih dari 8 juta tampilan di YouTube dan lebih dari 400 juta putaran di TikTok.

 


Profil Mamoru Miyano

Mamoru Miyano adalah seorang aktor dan penyanyi asal Jepang. Ia lahir pada tanggal 8 Juni 1983 di Prefektur Saitama, Jepang.

Berdasarkan informasi yang tercatat di laman Wikipedia, Miyano dikenal sebagai pengisi suara dalam beberapa anime terkenal seperti Death Note, Ouran High School Host Club, dan Fullmetal Alchemist: Brotherhood.

Selain itu, ia juga merilis beberapa album dan single, termasuk lagu 'Kuon' dan album 'Break' . Miyano menikah pada tahun 2008 dan memiliki seorang putra.

Aktor pengisi suara terkenal yang dikenal sebagai Light Yagami di Death Note dan Setsuna F. Seiei di Mobile Suit Gundam 00, juga ditawari peran pengisi suara dalam edisi dubbing Jepang dari film animasi 3D Minion yang akan datang.

Dicuplik dari laman Japanese Station, film ini adalah spin-off untuk Despicable Me (2010) dan Despicable Me 2 (2013), dan Miyano sebelumnya pernah mengisisuarakan Antonio Perez dalam edisi dubbing Jepang yang terakhir.

Bahkan pada Januari 2015, salah satu toko milik jaringan karaoke terbesar di Jepang Joysound, yang terletak di Ikebukuro Nishiguchi Kouenmae di Tokyo akan membuka sebuah ruangan khusus yang didedikasikan untuk aktor pengisi suara populer Mamoru Miyano untuk waktu yang terbatas antara tanggal 27 Januari hingga 30 April 2015.

Ruangan tersebut, termasuk dinding dan pintunya, semuanya akan dihiasi dengan foto-foto dari aktor pengisi suara berumur 39 tahun tersebut yang belum pernah dilihat sebelumnya.

 


Profil YOASOBI

YOASOBI adalah unit dua anggota asal Jepang yang terdiri dari komposer Ayase dan vokalis ikura. Namanya berasal dari kata Jepang yang berarti ‘Kehidupan Malam’.

Dicuplik dari laman JPop Style, Ayase yang membuat nama itu mengatakan bahwa ia menamakannya sebagai harapan bahwa dirinya dapat menghadapi berbagai tantangan menyenangkan dengan membandingkan kariernya dan ikura sebagai siang hari dan karier YOASOBI sebagai malam hari.

Sebelum terbentuk menjadi YOASOBI masing-masing dari anggotanya telah memiliki karier musik yang aktif.

Ayase membuat aktivitas sebagai Vocaloid P (sebutan bagi orang yang aktif membuat lagu dengan VOCALOID) dengan merilis lagu Vocaloid pertamanya 'Sentensei Assault Girl' di situs Nico Nico Douga pada 4 Desember 2018 dan merilis mini album pertamanya host City Tokyo pada 23 November di tahun berikutnya.

ikura telah aktif sebagai penyanyi solo dengan nama Ikuta Lilas serta merilis tiga mini album yaitu 15 no Omoi (2016), Rerise (2018), dan Jukebox (2019).

Pada tahun 2019, seorang anggota staf dari situs posting novel dan ilustrasi Monogatary.com yang dioperasikan oleh Sony Music menghubungi Ayase dan mengatakan keinginan untuk membuat sebuah unit grup yang berdasarkan cerita novel dari situs tersebut.

Ayase yang tertarik dengan proyek tersebut kemudian mengundang ikuta bergabung sebagai vokalis setelah melihatnya menyanyikan lagu milik penyanyi Aimyon 'Kimi wa Rock wo Hearing' di Instagram.

Di tahun yang sama, situs monogatary.com mengadakan kontes novel dengan novel berjudul The Temptation of Thanatos karya Hoshino Mayo menjadi pemenang dan novel tersebut yang digunakan ceritanya untuk membuat lagu pertama YOASOBI berjudul 'Yoru ni Kakeru'.

Video musik untuk lagu pertama meraka 'Yoru ni Kakeru' dirilis di channel YouTube resmi Ayase pada 15 November 2019 dan berhasil mencapai 1 juta penonton hanya dalam waktu satu bulan setelah perilisan.

Setelah itu, lagu tersebut dirilis secara digital di berbagai layanan musik satu bulan kemudian. 'Yoru ni Kakeru' dengan cepat menjadi topik hangat di media sosial serta menempati peringkat pertama dalam Spotify Viral 50 di Jepang edisi Januari 2020.

Ia juga berhasil mencapai peringkat pertama di Billboard Japan Hot 100 dalam peringkat tahunan 2020, dan melampaui lebih dari 700 juta penyangan streaming yang terbanyak dalam sejarah tangga lagu tersebut.

Sebagian besar lagu yang dirilis berikutnya diproduksi berdasarkan novel, manga, hingga cerita pendek yang semuanya hasil kolaborasi dari berbagai seniman.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya