Khofifah: Program Makan Siang Gratis Bawa Efek Berantai, Bangkitkan Ekonomi UMKM

Menurut Khofifah, nantinya setiap UMKM akan mendapat kuota tertentu. Apakah nanti 50 atau 100 boks. Dengan begitu setiap UMKM akan menyerap tenaga kerja yang akan membangkitkan ekonomi di lingkungan mereka.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 02 Agu 2024, 05:33 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 05:33 WIB
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau imunisasi polio (Foto: Humas Dinkes Jatim).
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau imunisasi polio (Foto: Humas Dinkes Jatim).

Liputan6.com, Surabaya - Mantan gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, program makan siang gratis yang diusung Prabowo-Gibran akan membawa efek berantai yang bermanfaat bagi ekonomi masyarakat.

"Program ini tak hanya memperbaiki gizi anak dan mencegah stunting, tapi juga membangkitkan ekonomi pada para pelaku usaha kecil baik yang menyediakan makanan maupun yang mengantarkan makanan ke sekolah," kata Khofifah, saat mendampingi Gibran Rakabuming Raka meninjau pelaksanaan uji coba pemberian makan siang gratis di Kota Surabaya, Kamis (1/8/2024).

Khofifah mengatakan, makanan yang diberikan pada siswa memiliki komponen yang komplet. Ada nasi, protein berupa ayam saus manis, kemudian sayuran, serta buah, dan susu.

"Kami tadi melihat tempat proses memasaknya. Insya Allah nanti sesuai perencanaannya yang sudah dipresentasikan ke saya dan Mas Emil, nanti yang akan memasak adalah para pelaku UMKM," ujarnya.

Menurut dia, nantinya setiap UMKM akan mendapat kuota tertentu. Apakah nanti 50 atau 100 boks. Dengan begitu setiap UMKM akan menyerap tenaga kerja yang akan membangkitkan ekonomi di lingkungan mereka.

Selain itu Khofifah juga mengapresiasi karena dalam rangkaian program ini, setelah makanan sudah siap dimasak, nantinya akan diserahkan ke ojek online untuk diantar ke sekolah.

"Betapa program ini akan mendatangkan multiplier effect. Mulai yang memasak, yang mengantar, dan seterusnya. Ini akan mendatangkan income untuk masyarakat," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tingkatkan SDM Indonesia

Prabowo
Prabowo mengunjungi kantin sekolah Beijing No. 2 Middle School di Dongcheng District, China, yang menerapkan program makan siang gratis. (dok. Instagram @prabowo/https://www.instagram.com/p/C5TJV5WRjYQ/)

Yang tidak kalah penting, kata dia, manfaat yang didatangkan dari segi gizi makanan yang dibagikan. Makanan gizi komplit ini akan meningkatkan SDM anak-anak siswa siswi SD. Terlebih mereka akan menjadi pengisi Indonesia Emas 2045 mendatang.

"Jadi manfaat ekonominya dapat, impact pada IPM juga akan ter-support. Pendekatan yang komprehensif semacam ini akan menjadi titik awal untuk direplikasi dengan format-format yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan," ujarnya.

Meski digarap oleh pelaku UMKM, Khofifah tetap menjamin makanan yang sampai ke siswa terjaga kualitasnya, baik gizi yang terukur hingga kualitas bahan makanan.

"Tentu food security menjadi hal penting yang harus kita jamin bersama. Bahwa gizi dan keamanan makanan semua terjamin," katanya.

Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya