Melihat Wisata Alam Geyser di Sukabumi, Satu-satunya di Indonesia yang Mendunia

Sebagai salah satu fenomena alam di dunia, geyser Cisolok di Sukabumi, Jawa Barat masih terus diminati wisatawan lokal hingga mancanegara.

oleh Fira Syahrin diperbarui 02 Agu 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 06:00 WIB
Wisata alam Geyser Cisolok di Sukabumi, Jawa Barat (Liputan6.com/Fira Syahrin).
Wisata alam Geyser Cisolok di Sukabumi, Jawa Barat (Liputan6.com/Fira Syahrin).

Liputan6.com, Sukabumi - Geyser Cisolok Sukabumi, Jawa Barat. Wisata alam yang menawarkan pengalaman semburan air panas yang langsung keluar dari batu ini, dimanfaatkan wisatawan dengan mandi semburan atau berendam. Tak hanya itu, air panas yang berasal dari geyser dimanfaatkan untuk terapi semprot tubuh.

Bagi Anda pecinta fenomena alam dan ingin menghabiskan waktu liburan, Geyser Cisolok yang berlokasi di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi ini bisa menjadi pilihan.

Menjadi salah satu wisata Sukabumi, Geyser Cisolok merupakan salah satu fenomena alam dunia yang hanya satu-satunya di Indonesia. Semburan air dan uap panasnya bisa mencapai 4 meter dan sering dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk mandi uap panas di sekitar semburan geyser.

Selain bisa merasakan semburan langsung, di sini terdapat kolam rendam air panas dan terapi air panas yang bisa membuat segar badan.

“Panasnya memang terasa berbeda di tubuh, rasanya apa yang di tubuh rasakan bisa hilang pada saat setelah dilakukan terapi. Memang terasa banget luar biasa suasana alamnya memberikan kesegaran dalam tubuh,” ujar Enjang bakar, wisatawan asal Garut.

Selain seperti pijatan relaksasi, wisatawan yang merasakan air panas dari geyser mengaku merasa lebih segar setelah mandi air panas.

“Salah satunya saya merasa ini sebagai terapi yah, karena ketika badan ini capek lelah habis dari subuh bawa motor dari bandung sampe kesini kita terapi di air panas ini perasaan merasa segar sekali,” ucap Iik Abdul Rafik, wisatawan asal Bandung. 

Menurutnya, terapi menggunakan air panas pun memiliki sensasi tersendiri. Badan seperti ditekan dengan kencang oleh semburan air panas di sekujur tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Tiket Terjangkau, Mulai dari Rp12 ribu

Wisata alam Geyser Cisolok di Sukabumi, Jawa Barat (Liputan6.com/Fira Syahrin).
Wisata alam Geyser Cisolok di Sukabumi, Jawa Barat (Liputan6.com/Fira Syahrin).

Untuk masuk ke wisata Geyser Cisolok Sukabumi, wisatawan hanya membayar uang senilai Rp12 ribu, bagi orang dewasa dan Rp7 ribu untuk anak-anak. Sementara kolam rendam, pengunjung dikenai biaya tambahan sebesar Rp6 ribu dan untuk terapi dibanderol Rp15 ribu.

“Fasilitas lainnya itu ada kolam rendam dan terapi air panas, di dalam produk perda nomor 12 tahun 2023 itu perorangan dewasa itu dikenakan biaya Rp12 ribu, untuk anak-anak Rp7 ribu itu sudah sama asuransi,” ujar Pengelola Wisata Geyser Cisolok, Febby Marwan Taufan. 

Febby mengatakan, jika memasuki akhir pekan atau momen libur panjang hari besar jumlah wisatawan akan lebih meningkat dibanding hari biasa. Sebagian besar wisatawan mancanegara itu berasal dari negara Timur Tengah.

“Kalau untuk weekend yah apalagi di high season (musim ramai) itu ada peningkatan, paling kunjungan ke tempat wisata itu lokal untuk hari biasa, kebanyakan memang ke geyser, terus untuk wisatawan dari mancanegara kebanyakan dari Timur Tengah,” jelasnya. 

Sebagai salah satu dari keajaiban dunia, Geyser Cisolok merupakan bagian dari UNESCO Global Geopark Ciletuh. Wisata alam ini buka dari pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 18.00 WIB.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya