Pilkada Garut 2024 Hanya Diikuti Dua Pasang Calon?

Menjelang pendaftaran bakal calon pasangan pilkada Garut 2024 pada 27-29 Agustus mendatang, KPUD Garut telah melakukan konsultasi mengenai tahapan pilkada dengan pemerintah daerah, TNI-Polri, tentang aturan massa pendukung.

oleh Jayadi Supriadin diperbarui 25 Agu 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2024, 10:00 WIB
Pasangan Abdusy Syakur Amin- L. Putri Karlina (Santri) yang diusung Golkar, Gerindra, Nasdem, PAN dan PKB segera mendeklarasikan pasangan mereka dalam waktu dekat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Pasangan Abdusy Syakur Amin- L. Putri Karlina (Santri) yang diusung Golkar, Gerindra, Nasdem, PAN dan PKB segera mendeklarasikan pasangan mereka dalam waktu dekat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Garut - KPUD Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan sudah ada dua bakal pasangan calon Bupati Garut dan Wakil Bupati Garut yang telah berkonsultasi persyaratan.

“Sudah ada yang konsultasi, itu timnya mereka yang datang, nanti saja ya, nanti disampaikan,” ujar Ketua KPUD Garut Dian Hasanudin, menanggapi dua bakal pasang calon yang akan segera melakukan pendaftaran, Jumat (23/112024).

Para LO (Liaison Officer) dari bakal calon pasangan berkonsultasi mengenai pemenuhan persyaratan, termasuk legalisasi ijazah, laporan pajak, dan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). 

Menurutnya, menjelang persiapan pembukaan pendaftaran pilkada 2024 bakal calon pasangan pada 27-29 Agustus mendatang, KPUD Garut telah melakukan konsultasi mengenai tahapan pilkada dengan pemerintah daerah, TNI-Polri, tentang aturan membawa massa pendukung.

Untuk memudahkan pendaftaran pilkada 2024, rencananya Sabtu (24/8/2024) esok hari, lembaganya segera melakukan pertemuan dan pembahasan dengan seluruh partai politik, untuk menentukan jadwal pendaftaran para pasangan jagoan mereka.

“Mudah-mudahan sudah ada gambaran, jadi dari 27 sampai 29 itu mereka ngambil di jam berapa, di tanggal berapa untuk pelaksanaan pendaftaran, sehingga kita juga memiliki kesiapan dalam prosesnya,” papar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


PKS-PPP

Pasangan Helmi Budiman-Yudi Lasminingrat, yang diusung PKS-PPP siap menjadi pendaftar pertama di KPUD Garut. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Pasangan Helmi Budiman-Yudi Lasminingrat, yang diusung PKS-PPP siap menjadi pendaftar pertama di KPUD Garut. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Sebelumnya, Wawan Kurnia, Ketua Tim Gabungan pemenangan pasangan Helmi Budiman-Yudi Lasminingrat, yang diusung PKS-PPP siap menjadi pendaftar pertama di KPUD Garut.

“Kami menargetkan untuk menjadi pendaftar pertama pasangan Helmi-Yudi pada 27 Agustus mendatang,” ujar dia, dalam konferensi pers, Kamis (15/8/2024) lalu.

Selain PKS-PPP yang memiliki dukungan 14 kursi di DPRD Garut, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) siap menambah kekuatan mereka. Bahkan berdasarkan informasi yang beredar, Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep yang juga putra bungsu Presiden Jokowi, bakal menjadi jurkan pasangan Helmi-Yudi.

Sementara itu, pasangan Abdusy Syakur Amin- Luthfianisa Putri Karlina (Santri) yang diusung Golkar, Gerindra, Nasdem, PAN dan PKB bakal segera mendeklarasikan pasangan mereka dalam waktu dekat.

“Deklarasinya diserahkan ke partai masing-masing, kalau pendaftaran kami rencanakan pada 28 Agustus 2024,” ujar Abdusy Syakur Amin, salah satu satu calon Bupati Garut dari Golkar saat diminta penjelasannya.

Hingga kini dukungan partai yang ditujukan bagi pasangan anak Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto itu, terbilang gemuk dengan komposisi kursi di DPRD Garut mencapai 28 kursi.

Sementara partai Demokrat dan PDIP yang memiliki total kursi 8 di parlemen Garut, hingga kini belum menentukan sikap, apakah akan berlabuh dengan pasangan Helmi-Yudi, atau dengan pasangan Syakur-Putri (Santri). Kita tunggu akhir gebrakan mereka.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya