BCAP Catat Pendapatan Rp 1,38 Triliun pada Semester I 2022

PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) catat pertumbuhan pendapatan dan laba pada semester I 2022.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 05 Sep 2022, 19:32 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2022, 19:32 WIB
Ilustrasi Laporan Keuangan
Ilustrasi Laporan Keuangan.Unsplash/Isaac Smith

Liputan6.com, Jakarta - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) mencatatkan pendapatan konsolidasi Rp 1,38 triliun, meningkat 8 persen pada semester I 2022 dari Rp 1,28 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Pendapatan BCAP untuk semester I 2022 terutama berasal dari bunga dan dividen sebesar Rp 804,3 miliar, yang juga mengalami kenaikan sebesar 12,7 persen dari Rp 713,7 miliar pada semester I 2021. 

Selain itu, pendapatan Perseroan yang berasal dari sektor digital melambung dari Rp 45,8 miliar pada semester I 2021 menjadi Rp 145,1 miliar pada semester I 2022, atau setara 217,0 persen. Hal ini sejalan dengan komitmen dan fokus BCAP dalam mengembangkan ekosistem layangan keuangan digital yang terintegrasi.

Kemudian, laba bersih Perseroan melesat hampir empat kali lipat atau setara 283,1 persen, dari Rp 16 miliar menjadi Rp 61,2 miliar pada semester pertama tahun ini. Pendapatan konsolidasi BCAP pada kuartal II 2022 tumbuh 9,7 persen menjadi Rp 662,8 miliar dari Rp 603,9 miliar pada kuartal II 2021. 

Peningkatan tersebut didukung oleh pendapatan digital yang melonjak signifikan hingga 789,1 persen dari Rp 8,5 miliar pada kuartal II 2021 menjadi Rp 75,9 miliar pada kuartal II 2022.

Pertumbuhan kinerja yang fantastis tercermin melalui laba bersih Perseroan naik 4.863,7 persen dari Rp 0,4 miliar pada kuartal II tahun 2021 menjadi Rp 21,6 miliar pada kuartal II 2022.

Sedangkan, PEFINDO menaikkan peringkat kredit BCAP menjadi "idBBB+” dari “idBBB” dengan outlook stabil. Peningkatan peringkat mencerminkan posisi bisnis BCAP yang menguat, menyusul perkembangan signifikan dalam strategi integrasi ekosistem digital yang memanfaatkan exposure MNC media, permodalan di atas rata-rata, serta likuiditas dan fleksibilitas keuangan yang memadai.

PEFINDO berpendapat peringkat dapat dinaikkan lebih lanjut jika profil bisnis BCAP terus menguat secara signifikan melalui perbaikan berkelanjutan dari indikator bisnis dan keuangan anak perusahaan utama.

 


Traveloka Gandeng BCAP Perluas Layanan Transaksi Pembayaran

Pergerakan IHSG Ditutup Menguat
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas Indonesia, Jakarta, Senin (27/7/2020). Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,66% atau 33,67 poin ke level 5.116,66 pada perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), anak perusahaan PT MNC Investama Tbk (BHIT) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Traveloka Indonesia (Traveloka) untuk kemitraan antara anak perusahaan dan afiliasi BCAP dan Traveloka. 

Melalui unit bisnis layanan keuangan (financial services), Traveloka juga menyediakan solusi keuangan antara lain berupa layanan pembayaran, pembiayaan (multifinance) hingga asuransi, guna membantu konsumennya memenuhi aspirasi gaya hidup.

Melalui kerja sama ini, BCAP berencana memperluas layanan yang diberikan Traveloka guna memperkaya pengalaman pengguna di kedua platform. PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP atau MNC Bank) dan PT Flash Mobile (FM), anak perusahaan BCAP, antara lain akan mendukung pembayaran tagihan-tagihan di platform Traveloka.

Selanjutnya, aplikasi Motion Pay oleh PT MNC Teknologi Nusantara (MTN), anak perusahaan BCAP, akan melakukan joint promo program dengan Traveloka untuk voucher discount Traveloka Points dan voucher voucher lainnya yang tersedia dalam platform milik Traveloka.

 

 


Kembangkan Kapabilitas Digital

FOTO: PPKM, IHSG Ditutup Menguat
Layar komputer menunjukkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta, Kamis (9/9/2021). IHSG Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis sore ditutup menguat 42,2 poin atau 0,7 persen ke posisi 6.068,22 dipicu aksi beli oleh investor asing. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit Motion Banking untuk transaksi di platform Traveloka. 

Nasabah yang melakukan transaksi menggunakan Kartu Kredit Visa dari Motion Banking dapat memanfaatkan kupon diskon atau bonus, termasuk poin loyalitas Traveloka Points, untuk bertransaksi di platform Traveloka.

Kemudian, kerja sama ini juga melibatkan program promosi pembukaan rekening Motion Banking melalui platform Traveloka, di mana pelanggan dapat memperoleh keuntungan, termasuk bonus Traveloka Points. 

Seluruh program kerja sama BCAP dan Traveloka akan dipromosikan di media afiliasi BCAP.

"Kami sangat antusias bekerja sama dengan Traveloka, yang memungkinkan kami untuk  mengembangkan kapabilitas digital lending MotionBanking kepada para pengguna  melalui produk-produk layanan keuangan dari Traveloka," kata Direktur Utama BCAP, Yudi Hamka dikutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia, Senin, 8 Agustus 2022.


Saling Lengkapi Ekosistem

Pembukaan Awal Tahun 2022 IHSG Menguat
Pekerja melintas di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Senin (3/1/2022). Pada pembukan perdagagangan bursa saham 2022 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung menguat 7,0 poin atau 0,11% di level Rp6.588,57. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dengan kolaborasi ini, Traveloka dan BCAP akan saling melengkapi ekosistem dan mempermudah proses pembayaran dan  transaksi di platform Traveloka, serta mempromosikan Motion Banking, MotionPay, juga brand Motion lainnya kepada para pengguna Traveloka.

"Seiring dengan komitmen kami dalam mendukung pertumbuhan inklusi keuangan nasional, kemitraan dengan BCAP diharapkan dapat semakin memudahkan akses finansial kepada masyarakat luas dalam pemenuhan kebutuhan perjalanan dan gaya hidupnya,“ ujar Head of Business and Market Development, Traveloka Group, Willy Sakareza.

Dia menambahkan, tidak hanya memberikan dampak positif kepada konsumen, pihaknya juga optimistis kemitraan ini akan meningkatkan nilai bisnis kedua belah pihak.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya