BCA Kucurkan Kredit kepada MPX Logistics untuk Proyek IKN

PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) telah mendapatkan kredit investasi dari BCA. Kredit tersebut bakal digunakan untuk pembiayaan pembelian unit armada truk tronton.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 20 Nov 2023, 12:32 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2023, 12:32 WIB
BCA Kucurkan Kredit Rp 40,94 Miliar kepada MPX Logistics untuk Dukung Proyek IKN
PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memberikan fasilitas kredit kepada PT MPX Logistics International Tbk (MPXL)(Foto: Unsplash/Scott Graham)

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memberikan fasilitas kredit kepada PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) senilai Rp 40,94 miliar. Kredit tersebut akan dialokasikan untuk sejumlah investasi dari MPX Logistics International

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Senin (20/11/2023), MPXL telah melakukan penandatanganan perjanjian kredit dengan PT Bank Central Asia Tbk atas fasilitas kredit dari bank berupa kredit investasi, dengan total jumlah sebesar Rp.40.940.000.000 atau Rp 40,94 miliar.

Sekretaris Perusahaan MPX Logistics International Nilam Sari Siregar menuturkan, pihaknya telah mendapatkan kredit investasi dari BCA. Kredit tersebut bakal digunakan untuk pembiayaan pembelian unit armada truk tronton baru, pembangunan garasi dan bengkel perseroan.

"Kredit Investasi ini akan digunakan untuk pembiayaan pembelian unit armada truk tronton baru, pembangunan garasi dan bengkel perseroan,” kata Nilam. 

Bila dirinci, dampak kepada Perseroan atas fasilitas kredit yang diterima dari BCA antara lain pembelian unit baru armada truk tronton untuk proyek IKN dan Jalan Tol. Selain itu, revenue atau pendapatan Perseroan meningkat sehingga kegiatan usaha MPXL berkembang.

Dalam berita sebelumnya, pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sudah di depan mata. PT MPX Logistics International Tbk (MPXL), salah satu emiten perusahaan logistics terkemuka, siap berpartisipasi dalam proyek-proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 

Untuk merealisasikan partisipasi itu, Pekan lalu MPXL telah mengirimkan sejumlah unit dari armadanya, untuk mendukung aktivitas pembangunan kawasan pemerintahan di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. 

"Proyek pengangkutan material IKN ini akan berdampak meningkatkan sisi pendapatan dari jasa angkut perseroan dari tahun ke tahun karena ini proyek pembangunan jangka panjang," kata Direktur MPXL Wijaya Candera dikutip Kamis, 31 Agustus 2023. 

 


Tahap Awal

Pasar saham Indonesia naik 23,09 poin
Pekerja mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan Sekuritas, Jakarta, Rabu (14/11). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil bertahan di zona hijau pada penutupan perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam tahap awal ini MPXL mengirimkan sebanyak 5 unit Armada Tronton jenis Hi-Blow untuk project pengangkutan semen curah. Total dari armada yang akan menjadi salah satu ujung tombak pembangunan IKN itu berjumlah 50 unit kendaraan truk. Total kapasitas (kemampuan angkut) 50 armada truk tersebut berkisar 36 ribu ton semen curah setiap bulan.

Tentunya upaya MPX Logistics International ini dapat membantu proses pengiriman material lebih cepat, efesien dan tersistem dengaan baik. Ini akan membuat material untuk pembangunan IKN ini selalu tersedia sehingga proses pengecoran BUMN Karya maupun Swasta menjadi lancar. Perseroan saat ini bekerja sama dengan Cemindo Gemilang Tbk (CMNT) untuk mengirimkan material semen curah ke lokasi proyek IKN. 

Wijaya juga mengatakan, perseroan dalam tahap pembicaraan untuk jadwal pengiriman armada truk setelah selesai mengikuti Tender jasa angkutan material semen curah untuk proyek IKN yang diadakan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) . 

"Pembangunan IKN merupakan sejarah baru untuk mewujudkan peradaban baru. Kami ingin MPXL bisa ikut berkontribusi di dalam pembangunan sejarah baru Indonesia ini.," tutur Wijaya.


Perusahaan China Gandeng MPX Logistics Garap Proyek Phoenix Resources International

Penandatanganan MoU PT China West Development Indonesia dan PT MPX Logistic International Tbk (Foto: MPX Logistics Internasional)
Penandatanganan MoU PT China West Development Indonesia dan PT MPX Logistic International Tbk (Foto: MPX Logistics Internasional)

Sebelumnya diberitakan, MPX Logistics International (MPXL), sebuah perusahaan logistik berskala internasional  mengumumkan penandatanganan kontrak kemitraan strategis dengan PT China West Development Indonesia untuk proyek-proyek di Indonesia pada Rabu, 31 Mei 2023.

MoU ini juga mencakup pembelian material semen curah OPC sebanyak 100.000 ton lebih. Sebagai anak perusahaan dari China State Construction Corporation (CSCEC), PT China West Development Indonesia termasuk perusahaan konstruksi dengan reputasi mumpuni.

Menurut data yang diketahui perseroan, CSCEC ini adalah perusahaan public terbesar di industri beton China dan merupakan salah satu dari 500 perusahaan Top Fortune di China. tak hanya itu, perusahaan asal China ini juga perusahaan urutan 20  teratas di industri bahan bangunan China.

Nota kesepemahaman ini menandai kesepakatan awal untuk kerja sama yang erat antara MPX Logistics International dan PT China West Development Indonesia. MPXL akan bertindak sebagai penyedia logistik dan transportasi untuk proyek konstruksi yang dilakukan oleh PT China West Development Indonesia di Indonesia.

"Kami sangat bangga dapat mengerjakan proyek bersama PT China West Development Indonesia untuk mendukung kemajuan infrastruktur di Indonesia," kata Direktur Utama (Dirut) MPX Logistics Internasional Wijaya Candera, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (6/6/2023).

"Kemitraan ini akan menjamin pengiriman yang efisien, andal, dan terukur dari material konstruksi ke lokasi proyek,”ia menambahkan.

Proyek pertama yang akan digarap adalah pembangunan Pulp Project di Tarakan atau Phoenix Resources International Project, Kalimantan Utara. MPXL akan mengatur pengiriman material senilai Rp 130 miliar selama 15 bulan, serta penyewaan alat berat.

Kalimantan Utara saat ini merupakan salah satu propinsi yang akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) . Ini akan meningkatkan investasi dari perusahaan nasional dan multinasional karena sumber Energi hijau yang murah dan ramah lingkungan.

 


Masuk Bisnis Penyewaan Alat Berat

MPX Logistics Internasional
MPX Logistics Internasional

MPXL memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam industri logistik yang meliputi jaringan transportasi, material proyek dan pergudangan. Penandatanganan MoU ini akan memungkinkan MPXL untuk menggunakan keahliannya dalam menyediakan ekspedisi dan pengaturan logistik yang tepat waktu dan efisien.

"Adanya penandatanganan MoU ini adalah wujud kepercayaan dari mitra kami, dan juga dengan MOU ini MPXL secara resmi masuk juga di bisnis penyewaan alat berat sebagai divisi baru perusahaan kami. Saya berharap kerja sama ini dapat menjadi acuan bagi kami untuk selalu bersemangat menggali proyek-proyek baru dan akan selalu ikut andil dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia,“ ujar dia.

MPXL terus berupaya untuk mengembangkan jaringan logistik yang kuat dan membantu perusahaan-perusahaan nasional dan internasional memenuhi kebutuhan logistik mereka.

Melalui kemitraan strategis ini, MPXL akan memperkuat posisinya di industri logistik Indonesia dan dapat membantu meningkatkan kemajuan infrastruktur di Indonesia. Sebagai perusahaan logistik terkemuka, MPX Logistics memiliki visi untuk memberikan layanan yang unggul dan terpercaya bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Dengan kemitraan strategis ini, MPXL akan menambah nilai terhadap proyek-proyek di Indonesia melalui pengiriman material yang tepat waktu dan efisien. Kontrak kemitraan strategis ini adalah langkah maju penting bagi MPXL dalam memperkuat posisinya sebagai penyedia logistik terkemuka yang mampu mengatasi tantangan logistik di Indonesia.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya