Kesaksian Moeldoko Ingat Anak Buah yang Gugur di Timor Leste Saat Nonton Film Sayap-sayap Patah

Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko, menonton film Sayap-sayap Patah yang dibintangi Nicholas Saputra dan Ariel Tatum di Metropole XXI Jakarta.

oleh Wayan Diananto diperbarui 01 Sep 2022, 12:30 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2022, 12:30 WIB
Poster film Sayap-sayap Patah. (Foto: Dok. Maxima Pictures/ IMDb)
Poster film Sayap-sayap Patah. (Foto: Dok. Maxima Pictures/ IMDb)

Liputan6.com, Jakarta - Film Sayap-saya Patah yang dibintangi Nicholas Saputra dan Ariel Tatum menyita perhatian berbagai pihak, termasuk Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko. Moeldoko menonton film karya sutradara Rudi Soedjarwo di Metropole XXI Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Nonton bareng Sayap-sayap Patah digelar Moeldoko bersama rekan muda yang bekerja di Staf Kepresidenan RI. Usai menonton, ia berbagi kesan soal film yang telah menyerap lebih dari 1,5 juta penonton itu.

“Saat (menonton) itu, saya membayangkan istri saya seringnya ditinggal. Sudah nanti nangis benaran,” kata Moeldoko lalu tertawa lepas. “Saya secara pribadi melihat ini top luar biasa,” ia menyambung.

Selain mengapresiasi film Indonesia yang bergairah di tengah wabah, Moeldoko ingin anak buahnya mengambil makna dalam setiap peristiwa atau momen penting yang terjadi dalam alur Sayap-sayap Patah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memaknai Peristiwa

Adegan film Sayap-sayap Patah. (Foto: Dok. Maxima Pictures/ IMDb)
Adegan film Sayap-sayap Patah. (Foto: Dok. Maxima Pictures/ IMDb)

“Kalau bisa memaknai peristiwa, maka mereka akan kaya dengan input untuk merumuskan kebijakan, begitu kira-kira. Yang kedua, siapa tahu dari mereka nanti akan ada yang dapat (jodoh) tentara atau polisi ya seperti itulah tugasnya,” Moeldoko mengulas.

Setelahnya, ia mengenang momen saat masih aktif sebagai komandan lapangan. Beberapa anak buahnya gugur saat bertugas di Timor Timur atau Timor Leste. Bagian tersulit kala menghadapi situasi itu yakni menyampaikan kabar duka kepada istri dan keluarga anak buah yang gugur.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Hal yang Sangat Sulit

Moeldoko dan Denny Siregar
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bersama dengan Denny Siregar produser film Sayap-Sayap Patah di XXI Metropole, Jakarta Pusat Rabu (31/8/2022). (Liputan6.com/Benedikta Ave Martevalenia)

“Satu hal yang sangat sulit, saat saya operasi di Timor Timur, tiga anggota saya gugur. Kembali dari daerah operasi, saya amat sangat sulit menghadapi istri. Ini tadi yang dilukiskan ya seperti itulah kondisinya,” kenangnya.

Bagi Moeldoko, adegan demi adegan dalam Sayap-sayap Patah sangat real dan menyentuh hati nurani. Ini tak lepas dari akting para bintang yang meyakinkan. “Luar biasa (akting mereka). Sangat sempurna, bagus,” Moeldoko menyanjung.

 


1,5 Juta Penonton

Infografis Sayap-sayap Patah raih 1,5 juta penonton lebih. (Foto: Dok. Instagram @sayapsayappatahfilm)
Infografis Sayap-sayap Patah raih 1,5 juta penonton lebih. (Foto: Dok. Instagram @sayapsayappatahfilm)

Seperti diketahui, Sayap-sayap Patah telah mengumpulkan 1,5 juta penonton. Kabar bahagia ini disampaikan akun Instagram resmi film Sayap-sayap Patah pada Rabu (31/8/2022).

1,5 juta penonton udah bantu nyariin paket Leong di penjara. Terimakasih Indonesia! Best Regards, Keluarga Film Sayap-Sayap Patah,” cuitnya bersama foto adegan yang menampilkan Iwa K di balik jeruji besi.

 

 

infografis perfilman indonesia
Jumlah produksi film Indonesia, berapa banyak? (Liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya