Del Sarono Bikin Wali Kota dan Uskup Bogor Terkagum-kagum Usai Lakukan Aksi Melukis Terbalik Sambil Bernyanyi

Del Sarono dikenal sebagai penyanyi yang juga mantan manajer Inul Daratista.

oleh Aditia Saputra diperbarui 21 Mei 2023, 14:47 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2023, 06:00 WIB
Del Sarono melukis wajah Uskup Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Suukur O.F.M.
Del Sarono melukis wajah Uskup Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Suukur O.F.M.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Del Sarono kembali unjuk kebolehan dalam melukis terbalik. Kali ini dia membuat lukisan wajah Uskup Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Suukur O.F.M. Melihat hasil lukisan yang diselesai sekitar 5 menit,  Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto berdecak kagum.

"Kok bisa melukis objek sembari terbalik,” ujar Bima Arya melihat hasil lukisan yang ditorehkan oleh Del Sarono, penyanyi yang sempat banting setir menjadi manajer pedangdut Inul Daratista. 

Namun kini ia kembali lagi sebagai solois yang dikombinasikan dengan aksi melukis tebalik. Rabu (17/5) malam di acara pembukaan Pameran Seni Rupa Non Digital (Lukian, Patung, Elemen Estetik) yang bertajuk Via Pulchritudinis (Melalui Jalan Keindahan) Del memang diundang untuk perform. 

"Saya memang sudah lama diundang panitia untuk memeriahkan acara pembukaan pameran ini. Setelah menimbang dan memikirkan dengan matang, saya memilih melukis sosok Uskup Bogor," kata pelantun tembang Rinduku ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memakai Pakaian Kas Daerah

Del Sarono melukis wajah Uskup Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Suukur O.F.M.
Del Sarono melukis wajah Uskup Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Suukur O.F.M.

Dan tibalah giliran Del untuk tampil. Del yang sudah siap sejak semula dengan busana khas Nusa Tenggara Timur (NTT) pun naik ke pentas. Tak berlama lama intro musik pun mulai terdengar dimainkan oleh musisi.  Tembang Cintaku yang dipopulerkan mendiang Chrisye mulai dilantunkan lagu sembari melukis.

Di saat bersamaan ia melanjutkan goresan pertama dari Uskup Bogor yang menyapukan kuas dengan membuat simbol angka dua. Dari goresan itulah Del kemudian melanjutkan misinya melukis wajah sang Uskup. Penonton dan tamu undangan yang menyaksikan aksi Del ada yang terkagum-kagum, dan ada juga yang ikut berdendang sembari mengamati aksi Del. 

"Cintaku gelora asmara seindah lembayung senja …. Indahnya nikmat bercinta…,” lagu itu dibawakan dengan apik oleh Del Sarono. 

Urusan menyanyi bukan kendala yang berarti baginya. Sembari berdendang tangannya dengan lincah menyapukan kuas di atas kanvas dan menuntaskan lukisan dengan bahan cat akrilik itu.

Saat lagu tuntas dinyanyikan, selesai pula lukisan yang dibuat dengan cara terbalik itu. Pembawa acara mengucapkan terima kasih kepada Del yang sudah melaksanakan aksinya melukis terbalik sembari bernyanyi.

 


Terkagum-kagum

Del Sarono melukis wajah Uskup Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Suukur O.F.M.
Del Sarono melukis wajah Uskup Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Suukur O.F.M.

Lukisan pun diserahkan kepada Uskup Bogor. Setelah menerima lukisan, dia berkomentar singkat namun padat. “Hebat ya bisa nyanyi sambil melukis dengan cara terbalik dan dalam waktu cepat. Ini anugerah dan karunia yang harus disyukuri. Terima kasih sudah membuat karya ini,” begitu komentar Uskup setelah menerima lukisan wajahnya.

Tak hanya Wali Kota Bima Arya dan Uskup Paskalis Bruno Suukur yang heran menyaksikan pertunjukan yang dilakukan Del Sarono. Ada juga seorang pastor yang memberikan apresiasi. “Kamu tadi menyanyi, melukis dan juga joget.  Dan melukisnya juga  njungkel (salto).  Kok bisa ya..? Keren, keren,” puji Pastor Tukiyo.

 


Berbeda

Dalam setiap pertunjukannya Del akan melukis salah satu sosok tokoh yang hadir di acara yang ia isi. Kalau begitu setiap pertunjukan lukisannya selalu berbeda dong? 

"Tentu saja, soalnya lukisan itu kan satu kali saja. Untuk event selanjutnya saya akan melukis sosok yang lain, begitu seterusnya,” tegas Del yang kini sudah berstatus Ibu Persit, setelah ia resmi dinikahi  oleh Brigjen TNI FX Giyono yang juga sebagai Direktur Pendidikan Latihan (Diklat) Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya