Uya kuya Resmi Dilantik Jadi Anggota DPR RI, Berharap Menempati Komisi 1, 3 atau 9

Apabila boleh memilih, Uya Kuya berharap ditempatkan di komisi 1, 3 atau 9 setelah dilantik menjadi anggota DPR RI.

oleh M Altaf Jauhar diperbarui 02 Okt 2024, 19:09 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2024, 19:00 WIB
Uya Kuya
Mewakili Dapil Jakarta 2, Uya Kuya meraih 81.463 suara dan mengamankan kursi di Senayan sebagai anggota DPR. Ia janji bakal amanah dan tak mengecewakan. (Foto: Dok. Instagram @king_uyakuya)

Liputan6.com, Jakarta Uya Kuya menjadi salah satu figur publik yang melenggang ke Senayan menjadi anggota dewan. Uya Kuya telah resmi dilantik sebagai anggota DPR RI untuk periode 2024-2029.

Jika Astrid akan ditempatkan di komisi yang berfokus pada dunia pendidikan dan kesehatan, Uya Kuya belum dapat memastikan di komisi mana akan bertugas. Namun apabila boleh memilih, Uya berharap ditempatkan di komisi 1, 3 atau 9.

"Ya alhamdulillah pelantikan 1 Oktober, kita mulai bekerja untuk rakyat," ujar Uya Kuya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

"Kalau Astrid kan ada di komisi pendidikan kesehatan, kalau saya belum tahu ditempatkan di komisi berapa. Kalau saya sih harapannya antara Komisi 1, 3 atau 9," Uya Kuya menambahkan.

 


Uya mengungkap alasannya berharap ditempatkan di antara ketiga komisi yang dimaksud

Potret Deretan Selebritis yang Resmi Dilantik Sebagai Anggota DPR RI 2024-2029
Selebriti, Uya Kuya saat rapat paripurna pelantikan anggota DPR Republik Indonesia terpilih periode 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Uya Kuya terpilih dari Partai Amanat Nasional (PAN) daerah pemilihan DKI Jakarta II dengan perolehan suara sebanyak 81.463. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Uya mengungkap alasannya berharap ditempatkan di antara ketiga komisi tersebut. Uya merasa lebih mudah menjalani tugasnya di komisi 1, karena berkaitan dengan Kementerian Luar Negeri, Kominfo, KPI dan Pertahanan.

"Komisi 1 itu kan ada Kementerian Luar Negeri, Kominfo, KPI dan Pertahanan. Kalau Kominfo dan KPI tentu kita banyak tahu soal itu, apalagi termasuk sejarah Indonesia. Kalau Kemenlu, karena konsen saya 4 tahun terakhir ini banyak lingkungan kewarganegaraan Indonesia di luar negeri. Memang itu yang saya lakukan sebagai pribadi," jelasnya.

 


Uya merasa memiliki kedekatan pada bidang yang difokuskannya

Anggota DPR dari Fraksi PAN Surya Utama alias Uya Kuya.
Anggota DPR dari Fraksi PAN Surya Utama alias Uya Kuya. (Liputan6.com/ Delvira Hutabarat)

Sementara untuk Komisi 3 yang mengurus pada penegakan hukum, Polri, KPK dan Kemenkumham, Uya merasa memiliki kedekatan pada bidang yang difokuskan tersebut. Apalagi, ia mengaku sering mengawal kasus-kasus hukum yang ada di Indonesia.

"Komisi 3 penegakan hukum Polri KPK Kemenkumham. Di antara ketiga ini kan saya juga banyak mengawal kasus-kasus hukum di Indonesia, dari KDRT, bullying terus masalah-masalah hukum, banyak," kata Uya.

 


Siap membuktikan integritasnya dalam menjalankan amanat sebagai wakil rakyat

Uya siap membuktikan integritasnya dalam menjalankan amanat sebagai wakil rakyat. Di tengah rasa skeptis pada artis yang terjun di politik, Uya ingin menunjukkan bahwa artis dapat menunjukkan integritas nya sebagai anggota dewan.

"Walau banyak masyarakat yang skeptis sama artis yang jadi anggota dewan ya kita buktikan. Beri kesempatan artis-artis itu untuk membuktikan. Jangan-jangan artis-artis yang anggota dewan ini justru yang lebih berdampak buat masyarakat. Kami harapkan begitu, amin," ucap Uya Kuya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya