Anime A Condition Called Love Menyebut Nasi Goreng Pakai Bahasa Indonesia, Sempat Bikin Heboh Wibu Tanah Air

Momen nasi goreng pada salah satu episode anime A Condition Called yang telah tayang sejak beberapa bulan lalu, sempat membuatnya jadi perbincangan publik Tanah Air.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 25 Okt 2024, 18:30 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2024, 18:30 WIB
A Condition Called Love
Anime A Condition Called Love. (East Fish Studio/JNN via IMDb)

Liputan6.com, Jakarta Anime bergenre drama slice of life berjudul Hananoi-kun to koi atau A Condition Called Love sempat menyita perhatian sejumlah wibu di Tanah Air. Momen menarik pada salah satu episode yang telah tayang sejak beberapa bulan lalu, membuat anime ini sempat jadi perbincangan publik.

Pada episode 3 yang telah mengudara pada April 2024 lalu, dua karakter anime A Condition Called Love, Hotaru Hinase dan Saki Hananoi, sedang berkencan ke suatu taman hiburan. Akhirnya, mereka pun mampir ke sebuah area makan di lokasi tersebut.

Tanpa terduga, Hotaru menyebutkan beberapa makanan yang membuatnya heboh saking antusiasnya. Mulai dari kebab, borscht (sup asal Ukraina), dan nasi goreng! Menariknya, saat menyebut nasi gorerng, Hotaru tetap berteriak "nasi goreng" ketimbang menyebutnya dalam bahasa Jepang, yakni "yakimeshi".

Momen menarik dalam anime dari adaptasi manga karya  Megumi Morino tersebut, sempat diunggah ulang oleh beberapa akun media sosial di Tanah Air. Sekejap saja, unggahan adegan tersebut membuat para wibu Tanah Air heboh kala itu.

 

Momen Kata Nasi Goreng Diteriakkan dalam A Condition Called Love

Nasi Goreng Gila Sabang
Nasi Goreng Gila Sabang. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Dalam momen romantis episode 3 anime A Condition Called Love, terlihat Hotaru diajak makan malam oleh Saki setelah mereka berjalan-jalan menikmati suasana taman bermain.

Setelah tiba di kedai makan, Hotaru pun tampak heboh lantaran tiga makanan favoritnya ada di sana. Mereka berdua lalu memesannya.

"Kebab! Borscht! Nasi goreng!" teriak Hotaru heboh, sebelum ia membawa satu boks nasi goreng yang dilengkapi oleh telur mata sapi, kerupuk merah, dan irisan ketimun di tangannya, kami simak melalui platform BStation via bilibili.tv, Jumat (25/10/2024).

 

Menekankan Secara Tersirat Makanan dari Indonesia

Bendera kedua negara, Jepang dan Indonesia sebagai simbol hubungan diplomatik.
Bendera kedua negara, Jepang dan Indonesia sebagai simbol hubungan diplomatik. (Screenshot Youtube Sekretariat Presiden)

Menelusuri adegan setelah momen tersebut, secara tersirat disampaikan oleh kedua karakter tersebut bahwa nasi goreng yang mereka pesan itu seolah berasal dari racikan juru masak asal Indonesia.

"Aku dengar, mereka membuka macam-macam kedai makanan dari seluruh dunia selama pameran Natal. Maaf, ya bukan restoran asli," kata Saki.

"Tidak apa-apa! Aku memang sangat ingin mencoba makanan dari seluruh dunia!" sahut Hotaru.

 

Kehebohan Wibu Tanah Air

Anime A Condition Called Love
Anime A Condition Called Love. (East Fish Studio/JNN via IMDb)

Setelah momen tersebut diunggah ulang sejumlah akun media sosial, seketika juga A Condition Called Love sempat viral dan menjadi salah satu tontonan favorit kala itu.

"Mereka sudah tau cara memviral kn anime 🗿," tulis seorang warganet di komentar dalam unggahan akun TikTok @wibukost.

"Gawat ni anime tau cara fyp🔥," seloroh netizen lainnya.

"Ada Indonesia coy 😱 yg cinta indonesia like 🥰," celetuk lainnya antusias.

 

Bukan Satu-satunya Anime yang Memasukkan Unsur Indonesia

Menelusuri lebih jauh, A Condition Called Love bukanlah satu-satunya anime yang memasukkan unsur atau hal-hal terkait dari Indonesia. Sebenarnya, sudah banyak para animator atau studio animasi Jepang yang menyertakannya baik itu berdasarkan manga atau komik aslinya, maupun baru dimasukkan saat anime dalam proses produksi.

Sebut saja unsur Bali dalam anime Dragon Ball edisi lawas yang memang sudah diperlihatkan dalam manga. Lalu kosakata 'selamat pagi' dan 'selamat malam' dalam anime Nichijou,

Bahkan hingga Captain Tsubasa yang terang-terangan menampilkan adegan Timnas Jepang berlaga melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Lalu Tsubasa mengatakan, "Aku tak sabar ingin bertemu kalian lagi bulan Desember di Jakarta."

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya