Terungkap, Apple Larang Penjahat di Film Pakai iPhone

Informasi yang menyebut Apple tidak mengizinkan produknya digunakan karakter jahat di film diungkap oleh sutradara Rian Johnson.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 29 Feb 2020, 08:00 WIB
Diterbitkan 29 Feb 2020, 08:00 WIB
Salah satu adegan film Knives Out.
Salah satu adegan film Knives Out. (Foto: Dok. IMDb/ Lionsgate)

Liputan6.com, Jakarta - Produk-produk Apple tak dimungkiri sudah banyak malang melintang muncul di berbagai film. Mulai dari iPhone hingga MacBook kerap digunakan karakter di berbagai film.

Meski kerap dianggap sebagai product placement biasa, Apple ternyata memiliki aturan ketat terhadap penggunaan produknya di industri perfilman. Hal ini diungkapkan oleh sutradara Rian Johnson dalam sebuah sesi di Vanity Fair.

Adapun syarat tersebut, seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (29/2/2020), adalah perangkat Apple tidak boleh digunakan oleh karakter penjahat.

"Apple, mereka membolehkan kamu menggunakan iPhone dalam film, tapi-ini sangat penting-jika kamu pernah menonton film misteri, orang jahat tidak boleh kelihatan memakai iPhone," tuturnya.

Rian mengungkapkan informasi tersebut saat membahas mengenai adegan di Knives Out, film yang disutradarai olleh dirinya dan dibintangi Daniel Craig, Toni Collette, dan Jamie Lee Curtis.

Tersebab dia mengungkapkan informasi ini, dapat dipastikan karakter penjahat dalam film misteri atau detektif tidak boleh kedapatan menggunakan produk Apple. Karenanya, unsur misteri di film itu mungkin saja dapat ditebak.

"Setiap pembuat film yang memiliki karakter jahat di filmnya, tapi seharusnya itu menjadi rahasia, akan membunuh saya," tutur Rian menambahkan mengingat dia telah mengungkap salah satu rahasia di industri film.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aturan Ketat Produk Apple di Film

Peluncuran Apple iPhone 11. Kredit: YouTube/Apple
Peluncuran Apple iPhone 11. Kredit: YouTube/Apple

Perlu diketahui, Apple memang dikenal sangat ketat mengatur kemunculan produk besutannya yang digunakan di layar lebar maupun TV. Menurut sejumlah laporan, perusahaan memang ingin menjaga citra produknya.

Bahkan, dari salah satu laporan dari Wired pada 2002 menemukan dalam film 24, karakter protagonis dalam film tersebut menggunakan iMac, sedangkan karakter jahatnya menggunakan PC Windows.

Tidak hanya itu, dari situs MacRumors, Apple juga memiliki pedoman apabila produknya digunakan dalam film, sebaiknya disorot dengan kondisi yang baik, termasuk memperlihatkan ikon yang menunjukkan bahwa itu produk Apple.

(Dam/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya