Penulis Hilman Hariwijaya Meninggal Dunia, Warganet Kenang Lupus di Twitter

Penulis sekaligus pencipta karakter Lupus dalam novel Lupus, Hilman Hariwijaya meninggal dunia pada 9 Maret 2022. Warganet pun mengucapkan duka cita dan bernostalgia tentang Lupus melalui Twitter.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 09 Mar 2022, 11:51 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2022, 11:51 WIB
Hilman Hariwijaya, penulis novel Lupus, meninggal dunia (https://www.instagram.com/p/CX0eshsFN1-/)
Hilman Hariwijaya, penulis novel Lupus, meninggal dunia (https://www.instagram.com/p/CX0eshsFN1-/)

Liputan6.com, Jakarta - Penulis novel Lupus, Hilman Hariwijaya meninggal dunia pada Rabu, 9 Maret 2022. Lupus merupakan karakter dalam novel, cerita pendek, dan film yang digandrugi oleh anak muda di tahun 1980-an akhir dan 1990-an.

Mulanya, Lupus ditulis oleh Hilman Hariwijaya dalam bentuk cerita pendek di majalah Hai sejak Desember 1986. Cerita-cerita pendek tersebut dibukukan menjadi sebuah novel Lupus. Popularitas Lupus membuatnya diangkat ke layar lebar hingga layar kaca.

Lekat dikenal sebagai pembesut karakter Lupus, ucapan duka cita atas meninggalnya Hilman Hariwijaya pun dikicaukan oleh warganet di dunia maya, terutama melalui Twitter.

Saking banyaknya ucapan duka cita untuk almarhum Hilman Hariwijaya, 'Lupus' dan 'Hilman' pun menjadi trending topic di linimasa Twitter Indonesia.

"Beristirahatlah dalam damai, penulis favoritku, ayah dari Lupus dan Olga, Hilman Hariwijaya," cuit seorang warganet.

Warganet lainnya bernostalgia, Lupus telah membuatnya belajar membuat balon dari permen karet, yang sampai saat ini masih dilakukan oleh pemilik akun tersebut. Di samping itu, ia juga mencuitkan ucapan duka cita untuk Ayah Lupus, Hilman Hariwijaya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Karakter Lupus

Lupus, Karakter Paling Ikonis Karya Hilman Hariwijaya yang Meninggal Dunia
Lupus karya Hilman Hariwijaya. (dok. Instagram @thehilmanhariwijaya/https://www.instagram.com/p/CRkVgL9NaXQ/Dinny Mutiah)

Pada 1986, Hilman Hariwijaya menciptakan karakter Lupus, seorang lelaki yang tinggal bersama adik perempuan bernama Lulu dan ibu yang ia panggil Mami.

Keseruan cerita Lupus makin terasa berkat kehadiran beberapa sahabat, yakni Boim dan Gusur yang jenaka.

Lupus dalam cerita rekaan ini berprofesi sebagai pelajar dan wartawan muda di sebuah majalah.

Selain merilis novel saat Lupus dewasa, Hilman Hariwijaya juga merilis buku Lupus Kecil dan Lupus ABG yang menceritakan Lupus di masa SD dan SMP-nya.

Selain Lupus, karya lain Hilman adalah Olga. Olga merupakan karakter tokoh perempuan yang diciptakan pada 1990 di majalah Mode.

Olga adalah seorang pelajar yang memiliki pekerjaan paruh waktu sebagai penyiar di radio Ga Ga. Seperti Lupus, Olga juga sempat digarap dalam bentuk serial televisi.


Kabar Hilman Hariwijaya Meninggal Dunia

Hilman Hariwijaya, Penulis Lupus Meninggal Dunia
Hilman Hariwijaya, penulis Lupus meninggal dunia. (Tangkapan Layar Instagram/thehilmanhariwijaya)

Kabar Hilman Hariwijaya meninggal dunia dibagikan oleh akun Instagram Nessa Sadin.

"Innalillahi wainnaillahi rojiun Telah berpulang Hilman Hariwijaya Rabu, 9 Maret 2022 pukul 08.02wib Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya untuk almarhum," tulis Nessa Sadin, Rabu (9/3/2022).

Dalam unggahannya, Nessa Sadin menampilkan foto Hilman Hariwijaya dengan dua anaknya. Tampak dalam foto tersebut, Hilman Hariwijaya mengenakan tshirt berwarna hitam dengan logo action hero, Batman. 

Belum diketahui apa penyebab Hilman Hariwijaya meninggal dunia. Namun, sejak beberapa tahun terakhir, penulis sejumlah cerita di sinetron televisi ini memang tengah terbaring sakit.

Hilman Hariwijaya sempat mengunggah dirinya tengah terbaring di ranjang perawatan yang disiapkan di rumahnya sejak Desember 2021. Kala itu, Hilman Hariwijaya juga sempat mengunggah foto bersama action figure Spiderman.

(Tin/Isk)


Infografis Tentang 5G

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya