Perusahaan Game Square Enix Umumkan Bakal Ganti Presiden

Menggantikan Yosuke Matsuda yang akan lepas jabatan, posisi Presiden Square Enix akan diambil alih Takashi Kiryu

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 07 Mar 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 07 Mar 2023, 20:30 WIB
Presiden Square Enix Yosuke Matsuda (Square Enix)
Presiden Square Enix Yosuke Matsuda (Square Enix)

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan game Square Enix mengumumkan bakal mengganti Presiden saat ini, Yosuke Matsuda, sambil menunggu persetujuan rapat pemegang saham tahunan pada bulan Juni mendatang.

Ke depannya, Matsuda akan digantikan oleh Takashi Kiryu sebagai Presiden Square Enix. Kiryu saat ini menjabat sebagai direktur di perusahaan Jepang itu.

Dalam pernyataannya, perusahaan mengatakan keputusan ini dibuat "untuk membentuk kembali tim manajemen dengan tujuan mengadopsi inovasi teknologi yang terus berkembang dan memaksimalkan kreativitas grup perusahaan."

Dilansir IGN, dikutip Selasa (7/3/2023), Matsuda sudah menjabat sebagai Presiden Square Enix sejak 2013.

Selama 10 tahun menjabat, dia sudah mengawasi penjualan studio pengembang game baratnya Crystal Dynamics, Square Enix Montreal, dan Eidos Montreal, dengan nilai USD 300 juta, ke Embracer Group.

Keputusan lainnya yang dinilai cukup kontroversial adalah Matsuda mengadvokasi integrasi teknologi blockchain, ke dalam pembuatan game.

"Hingga saat ini, di sebagian besar game, kami menyediakan konten sebagai produk jadi dan para pemain memainkan konten tersebut," kata Matsuda tahun lalu.

"Namun, ada beberapa pemain di dunia yang ingin berkontribusi untuk membuat game menjadi lebih menarik, dengan membuat pengaturan dan cara bermain yang baru," ujarnya.

Matsuda juga mengklaim, di masa depan, perusahaan ingin memanfaatkan kekuatan pemain-pemain itu, untuk membuat game yang akan terus berkembang.


Final Fantasy XVI Jadi Game Terakhir Matsuda di Square Enix

Final Fantasy XVI
Tanggal rilis Final Fantasy XVI. (Doc: Square Enix)

Menurut Matsuda, jika mereka bisa memberikan insentif pada pemain yang berkontribusi di pengembangan dengan memanfaatkan blockchain, mungkin saja konten inovatif dan menarik dapat dibuat dari ide-ide pengguna.

Melalui surat Tahun Baru 2023-nya, Matsuda bahkan menyebut "blockchain" hingga 14 kali, dan mengutipnya sebagai "domain bisnis baru" yang Square Enix "paling fokus" untuk dikejar.

Sementara itu, dikutip dari Gamesindustry.biz, pengganti Matsuda, Takashi Kiryu, bergabung dengan Square Enix pada Juni 2020, sebagai General Manager untuk divisi perencanaan perusahaan di Square Enix Holdings.

Kiryu juga telah memegang sejumlah peran, dan saat ini menjabat sebagai direktur dari perusahaan induk. Jika disetujui, Matsuda akan menghabiskan bulan-bulan terakhirnya sebagai Presiden Square Enix, untuk memimpin perilisan Final Fantasy XVI.

 


Jadwal Rilis Final Fantasy XVI

Final Fantasy XVI
Harga Final Fantasy XVI Collector's Edition. (Doc: Square Enix)

Final Fantasy XVI sendiri dijadwalkan rilis pertama kali pada 22 Juni 2023 untuk PlayStation 5. Hal ini seperti diungkap dalam sebuah trailer beberapa waktu lalu.

Selain mengungkap tanggal rilis, gamer juga diperlihatkan bagaimana gameplay di dalam gim FFXVI, dan sejumlah Espers (makhluk mistis) yang dapat pemain temukan sepanjang permainan.

Dari trailer yang ada saat ini, sejumlah Espers ikonik di seri Final Fantasy seperti Odin dan Ifrit bisa player lihat sosoknya di dalam gim. Dalam Final Fantasy XVI ini, gamer akan diperkenalkan cerita baru di semesta Final Fantasy dengan latar abad pertengahan.

Gim ini merupakan kisah Clive Rosfield, seorang pejuang bertitle "First Shield of Rosaria" dan bersumpah untuk melindungi adik laki-lakunya, Joshua.

Disebutkan, Joshua memiliki Eikon of Fire dalam bentuk burung Phoenix yang legendaris. Tak lama, Clive pun akan terjebak dan berperan penting dalam tragedi besar di dalam gim baru Final Fantasy ini.

(Dio/Isk)


Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya