Debat Capres 2024 Baru Mulai, Warganet Sudah Perang Tagar di X Twitter

Debat Capres-Cawapres 2024 berlangsung sengit dan ramai di media sosial. Simak ulasan dan tanggapan warganet tentang tiga pasangan calon di sini.

oleh Yuslianson diperbarui 12 Des 2023, 20:02 WIB
Diterbitkan 12 Des 2023, 19:55 WIB
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat capres pada Selasa (12/12/2023).
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat capres pada Selasa (12/12/2023). (Foto: Tangkapan layar Youtube KPU RI)

Liputan6.com, Jakarta - Debat Capres-Cawapres 2024 digelar pada Selasa (12/12/2023) malam ini memang sudah menarik perhatian publik, baik di dunia nyata hingga ranah media sosial.

Pada debat Capres-Cawapres 2024 sebelumnya, masyarakat di Tanah Air dapat menyaksikan ketiga calon pasangan Presiden 2023, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Pada sesi debat pertama Capres-Cawapres 2024 ini, hanya masing-masing calon presiden yang akan menyampaikan gagasan dan visi-misi sesuai tema.

Meski begitu, masing-masing Cawapres 2024 seperti Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD juga ikut menghadiri debat Capres-Cawapres hari ini.

Selain menyimak penampilan dan argumen dari tiga pasangan calon di berbagai saluran penyiaran, warganet ikut meramaikan acara debat Capres-Cawapres 2024 di media sosial, khususnya di X Twitter.

Terbukti, acara debat Capres-Cawapres 2024 dimulai "perang" tagar untuk pasangan Capres dan Cawapres pun sudah trending topic di Twitter.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com via Trends24, Selasa (12/12/2023), tagar dan keyword Jelas MasBowoGibran Tegas, #GanjarSikatKorupsi, dan #DebatCapres sudah trending di Twitter.

Sementara itu, tagar untuk pasangan nomor urut 1, yaitu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar masih "hilang" dari ranah media sosial milik Elon Musk itu.

Beragam tagar dan kata kunci terkait dengan ketiga Capres 2024 pun sudah ramai bermunculan, dan memenuhi lini masa X Twitter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berikut adalah beberapa di antaranya:

<p>Capres nomor urut 1, Anies Baswedan menyalami capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo di arena debat Capres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)</p>

"Pokoknya ya cuma ganjar yang anti korupsi dan tegas sama pungli, yang lain mah mana berani, pokoknya ganjar aja #GanjarSikatKorupsi," kata @A**** di Twitter.

"Tidak main-main, mboten korupsi mboten ngapusi sudah dibuktikan di Jawa Tengah dan mengakar sampai masyarakat pedesaan #GanjarSikatKorupsi," ucap @B****.

Akun Twitter @J**** menulis, "Yes, kebijakan Jelas MasBowoGibran Tegas akan memastikan jalan yang lebih sederhana serta terjangkau untuk rakyat ketika menginginkan keadilan di pengadilan. #MemastikanRasaNyaman VisiPakbowo KeadilanYgPasti."

"Support pemberantasan koruptor. Jelas MasBowoGibran Tegas hendak meningkatkan transparansi pd sistem aturan dan ketentuan di kebijakkan. #MemastikanRasaNyaman VisiPakbowo KeadilanYgPasti," ujar @p****.

Perang tagar adalah salah satu cara untuk menunjukkan dukungan atau kritik terhadap capres dan cawapres yang sedang berdebat. Dengan menggunakan tagar tertentu, warganet dapat menyampaikan pendapat, saran, atau meme yang berkaitan dengan debat capres 2024.


Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Kenakan Kemeja Bergambar 'Sat Set' dan 'Tes Tes'

<p>Ganjar Pranowo saat debat capres di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). (Foto: Tangkapan layar Youtube KPU RI)</p>p>Debat Capres-Cawapres 2024 yang pertama resmi dimulai malam ini, Selasa, 12 Desember 2023. Berlokasi di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, masing-masing calon presiden dan wakil presiden akan menyampaikan visi dan misinya.

Debat Capres 2024 yang dijadwalkan dimulai pada pukul 18.00 WIB menjadi pukul 19.19 WIB. Di debat perdana ini, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tampil kompak mengenakan seragam dengan warna yang sama.

 Dari pantauan Liputan6.com, pasangan capres nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mengenakan setelan jas berwarna hitam, kemeja putih, dan kopiah hitam.

Kemudian, capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sama seperti sebelum-sebelumnya selalu kompak mengenakan kemeja santai berwarna biru.

 


Ganjar - Mahfud MD

<p>Ganjar Pranowo Tampil Beda di Debat Capres 2024, Kenakan Kemeja Putih Bertuliskan 'Sat Set'. Sementara Mahfud MD Bertuliskan 'Tes Tes' (Foto: Instagram.com/mohmahfudmd)</p>

Dan, capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD kompak mengenakan kemeja putih. Namun, ada yang bikin gagal fokus dari kemeja yang mereka kenakan di Debat Capres-Cawapres perdana ini.

Di kemeja yang dikenakan Ganjar Pranowo, terdapat tulisan 'Sat Set' di sisi kanan dan simbol tiga jari di sisi kanan kemeja.

Sementara di kemejanya Mahfud MD, terdapat tertulisan 'Tes Tes' di sisi kanan dan gambar timbangan di sisi kanan.

Hingga berita ini dibuat, belum diketahui pasti arti dari tulisan yang mereka cantumkan di kemeja yang mereka kenakan Debat Capres 2024.

Namun, Mahfud MD sendiri sudah mengunggah foto mengenakan kemeja tersebut di akun Instagram pribadinya, @mohmahfudmd.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya