NEC akan Bangun Sistem Komunikasi dan Pengumpulan Data untuk MRT Jakarta Fase 2

Proyek MRT Jakarta Fase 2 akan memperpanjang jalur sepanjang 16 km yang dibuka pada tahap pertama lebih jauh ke utara sekitar 6 km, dengan total panjang kurang lebih 22 km.

oleh Iskandar diperbarui 02 Agu 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 14:00 WIB
Progres Pembangunan MRT Jakarta Rute Bundaran Hotel Indonesia-Kota
PT MRT Jakarta (Perseroda) per 25 Juni 2024, mencatat progres pembangunan paket CP 201 (Stasiun Bundaran HI-Monas) mencapai 78,5 persen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - NEC Corporation akan membangun sistem komunikasi, sistem pengawasan fasilitas, pengumpulan data untuk proyek perluasan jalur utara-selatan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Fase 2.

Dalam membangun fasilitas untuk MRT Jakarta Fase 2 ini NEC bekerja sama dengan Larsen & Toubro Limited, sebuah perusahaan konstruksi berbasis di India serta subkontraktor khusus dari kontraktor utama Sojitz Corporation, perusahaan perdagangan terkemuka di Jepang.

“Dengan memanfaatkan teknologi digital canggih dan secara aktif berupaya mengembangkan infrastruktur transportasi, NEC akan terus berkontribusi terhadap perkembangan baru di Indonesia dan meningkatkan kenyamanan bagi penumpang,” kata General Manager Global Transport Integration Department NEC Corporation, Misako Ebisawa.

Melalui keterangan tertulisnya, Jumat (2/8/2024), perusahaan menegaskan akan tetap berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan guna menyediakan infrastruktur transportasi yang aman, terjamin, dan efisien.

Untuk diketahui, proyek ini didukung oleh pemerintah Jepang melalui pinjaman bantuan pembangunan dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

Proyek MRT Jakarta Fase 2 akan memperpanjang jalur sepanjang 16 km (Stasiun Lebak Bulus-Stasiun Bundaran HI) yang dibuka pada tahap pertama lebih jauh ke utara sekitar 6 km (antara Stasiun Bundaran HI dan Stasiun Kota), dengan total panjang kurang lebih 22 km.

Jalur ini akan membawa penumpang antara Stasiun Lebak Bulus hingga Stasiun Kota dalam waktu kurang lebih 45 menit dan dijadwalkan beroperasi penuh pada tahun 2030.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Teknologi Sistem Komunikasi MRT Jakarta

Progres Pembangunan MRT Jakarta Rute Bundaran Hotel Indonesia-Kota
Pekerja mengecek mesin bor terowongan (tunnel boring machine) pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2A CP 203 di terowongan bawah tanah Stasiun Kota, Jakarta, Kamis (11/7/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seperti halnya MRT Jakarta Fase 1 yang selesai pada Maret 2019, NEC akan membangun sistem komunikasi, serta sistem pengendalian fasilitas dan pengumpulan data untuk perluasan tersebut.

Sistem komunikasi akan menggunakan teknologi telekomunikasi topologi jaringan lingkaran untuk transmisi tulang punggung/backbone, public address system, dan sistem telekomunikasi lainnya yang akan terhubung dengan jaringan utama.

Sistem Fasilitas SCADA akan memantau dan mengendalikan perangkat dan proses yang diperlukan untuk pengoperasian kereta api, serta sistem untuk mengumpulkan data.

 


MRT Jakarta Fase 2 Terdiri dari 2 Tahap

Progres Pembangunan MRT Jakarta Rute Bundaran Hotel Indonesia-Kota
Fase 2A tersebut dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI—Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027, dan segmen dua Harmoni—Kota yang ditargetkan selesai pada 2029. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Mengutip situs resmi MRT Jakarta, pembangunan MRT Jakarta Fase 2 terdiri dari dua tahap.

Tahap pertama fase 2A meliputi jalur utama sepanjang sekitar 5,8 kilometer dengan enam stasiun bawah tanah (Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok).

Ditambah satu stasiun at grade (Kota) berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1728 Tahun 2018 tentang Penetapan Lokasi untuk Pembangunan Jalur MRT koridor BHI-Kota.

Tahap kedua yaitu fase 2B terdiri dari Stasiun Kota, Mangga Dua, Gunung Sahari, dan Ancol hingga Depo di Ancol Barat sekitar 5,2 kilometer. Fase 2B ini masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study).

Selain membangun infrastruktur jalur utama kereta, pembangunan fase 2 juga akan meliputi penataan kembali area Jalan Gajah Mada—Jalan Hayam Wuruk dengan pelebaran akses pejalan kaki (trotoar) dan pesepeda.

Itu termasuk penyediaan rak sepeda di setiap stasiun MRT Jakarta dan area turun naik penumpang (drop on/off) untuk bus non-BRT, mobil yang membawa penumpang prioritas, dan logistik.


Infografis MRT Era Baru Warga Jakarta. (Liputan6.com/Triyasni)

Infografis MRT Era Baru Warga Jakarta
Infografis MRT Era Baru Warga Jakarta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya