7 Tips Jitu Atur Keuangan Keluarga

Saat berkeluarga banyak kewajiban sehingga perlu motivasi untuk mengatur keuangan keluarga.

oleh Agustina Melani diperbarui 19 Mei 2016, 05:30 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2016, 05:30 WIB
3 Kesalahan Saat Menabung yang Justru Bikin Kamu Tambah Boros
Niatnya menabung, tapi kok, uang yang keluar jadi tambah banyak?

Liputan6.com, Jakarta - Ketika sebelum berkeluarga mengatur keuangan mungkin bukan hal yang terlalu sulit, kita hanya mengelola keuangan untuk diri kita sendiri.

Namun bagaimana jika telah berkeluarga, apakah mengatur keuangan menjadi hal yang sulit. Memang sebagian orang memiliki kesulitan untuk mengelola keuangan bahkan saat dia belum berkeluarga.

Namun kadang kala sebagian orang justru bisa mengatur keuangan setelah berkeluarga. Mengapa, karena saat berkeluarga banyak sekali kewajiban atau kebutuhan yang harus dipenuhi bersama-sama sehingga memberikan motivasi untuk bisa mengatur keuangan keluarga dengan baik supaya setiap kebutuhan dapat tercukupi.

Untuk itu perlu cara untuk mengatur keuangan keluarga agar menjadi lebih mudah. Berikut beberapa tips untuk mengatur keuangan keluarga yang bisa kita ikuti seperti dikutip dari www.cermati.com, .Kamis (19/5/2016):

1. Membuat Anggaran Belanja

Membuat anggaran keluarga setiap bulannya akan sangat membantu kita untuk mengatur keuangan keluarga. Anggaran belanja ini disesuaikan dengan jumlah pendapatan setiap bulan.

Dengan demikian, kita akan bisa mengatur pendapatan tersebut sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga selama satu bulan, bahkan bila perlu dapat menyisihkan dari pendapatan tersebut untuk menabung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cukupi Kebutuhan Primer

2. Usahakan untuk Cukup

Usahakan untuk mencukupi setiap kebutuhan primer dengan penghasilan yang didapat atau sesuai dengan anggaran yang telah dibuat.

Jika memang semua kebutuhan primer telah tercukupi boleh saja untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan tersiernya asalkan sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Dengan begitu, penghasilan kita dapat mencukupi untuk setiap kebutuhan atau pengeluaran.

3. Menabung

Menabung merupakan salah satu bagian penting dari sebuah pengelolaan keuangan, tidak terkecuali dalam mengelola keuangan keluarga.

Menabung bisa dimasukkan ke dalam anggaran setiap bulan yang wajib untuk dilakukan. Dengan menabung akan membantu keluarga dalam mempersiapkan masa depan yang baik atau untuk menghadapi segala kondisi yang tidak terduga, seperti menghadapi kondisi pailit, sakit, atau bahkan kecelakaan.

4. Mengikuti Asuransi

Selain menabung, mengikuti asuransi merupakan salah satu pilihan yang bisa kita ambil untuk membantu mengelola keuangan keluarga. Dengan mengikuti asuransi kita akan mendapatkan suatu kemudahan dalam jangka waktu panjang.

Misalnya saja mengikuti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan asuransi lainnya sesuai dengan kebutuhan setiap keluarga.


Berinvestasi

5. Berinvestasi

Berinvestasi bisa menjadi langkah atau cara dalam mengatur sebuah keuangan. Melakukan investasi dengan cara menanamkan sejumlah uang sebagai modal dan kemudian harapannya uang sebagai modal tersebut dapat berkembang.

Jadi kita akan mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut. Namun perlu diperhatikan saat akan melakukan investasi. Pastikan kita berinvestasi untuk hal yang baik dan dapat dilihat perkembangannya. Jangan uang yang kita tanamkan sebagai modal malah tidak jelas arahnya dan kita kehilangan uang tersebut.

6. Membatasi Cicilan Kredit

Saat akan melakukan kredit perlu pertimbangan terhadap jumlah cicilan yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Sebaiknya mengambil kredit hanya untuk kebutuhan dalam jangka waktu yang panjang misalnya membeli rumah, kendaraan atau membuka sebuah usaha.

Pertimbangkan pula terhadap jangka waktu pengembalian kredit tersebut, dan sebaiknya melakukan kredit dengan cicilan yang cukup besar yang akan menghabiskan setiap penghasilan yang didapatkan.


Tambah Penghasilan

7. Menambah Penghasilan

Jika saat mengatur keuangan keluarga merasa kesulitan karena jumlah penghasilan kita tidak dapat memenuhi setiap kebutuhan. Maka tidak ada salahnya untuk menambah penghasilan dengan cara mencari pendapatan lain dengan memanfaatkan kemampuan serta waktu luang yang ada. Dengan demikian, hal ini akan membantu kita untuk mengatur keuangan keluarga serta dapat memenuhi setiap kebutuhan.

Jangan Lupa Menabung

Itulah beberapa tips yang bisa kita ikuti untuk mengatur keuangan keluarga. Pastikan untuk selalu membuat anggaran belanja setiap bulannya karena setiap bulan setiap kebutuhan akan ada yang berbeda, juga prioritaskan tiap kebutuhan yang memang dianggap sangat penting.

Selain itu, kita juga bisa menabung, berinvestasi atau mengikuti asuransi. Hal-hal tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang atau untuk mempersiapkan segala kondisi yang tidak terduga.

Jika semua tips dapat kita jalankan maka akan sangat memudahkan kita untuk mengatur keuangan keluarga, terutama jika kita bisa mencari pemasukan tambahan sehingga dapat membantu kita untuk memenuhi segala kebutuhan keluarga dengan baik. (Ahm/Ndw)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya