Pemerintah Diminta Jamin Stok Pangan dan BBM Saat 3 Momen Besar Ini

Kebutuhan bahan pangan dan BBM pasti akan meningkat di bulan-bulan mendatang saat berlangsungnya momen Ramadan dan Lebaran, Asian Games serta Pilkada.

oleh Nurmayanti diperbarui 04 Mei 2018, 13:53 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2018, 13:53 WIB
Jelang Ramadan, Kemendag Jamin Pasokan Sembako Aman
Aktivitas perdagangan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (20/4). Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim harga pangan terkendali. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah diminta memastikan ketersediaan bahan pangan dan bahan bakar minyak (BBM), seiring berlangsungnya 3 momen dalam bulan Agustus. Momen dimaksud yakni pelaksanaan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, Pilkada Serentak, serta Asian Games. 

Ini disampaikan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Dia mengingatkan jika kebutuhan bahan pangan dan BBM pasti akan meningkat di bulan-bulan mendatang. "Maka Kementerian Perdagangan dan Bulog sebaiknya meningkatkan stok persediaan bahan pangan," ujar dia, Jumat (4/5/2018).

Apalagi, kata dia, kini Bulog memiliki pimpinan baru yakni Budi Waseso yang sebelumnya menjabat Kepala BNN. Kepala Bulog yang baru diharapkan bisa memastikan ketersediaan pangan tersebut.

Khusus BBM, dipastikan permintaan di masyarakat bertambah seiring pelaksanaan momem mudik Lebaran. Untuk itu, politikus yang kerap disapa Bamsoet ini berharap Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dipimpin Ignasius Jonan, mempersiapkan stok BBM dengan baik.

"Pertama tujuannya adalah agar masyarakat mendapat kemudahan dalam mendapatkan BBM. Kedua, mengawasi dugaan adanya penimbunan BBM," dia menambahkan.

Di sisi keamanan, Bamsoet berharap Komisi III DPR dan Komisi V DPR mendorong Polri serta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan diri. Caranya dengan memperhatikan kondisi infrastruktur jalan dan transportasi, guna memperlancar arus mudik.

 


Pilkada dan Asian Games

20150724-Harga BBM
Petugas SPBU saat melayani pengemudi motor untuk menuangkan BBM jenis Pertalite di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Jumat (25/7/2015). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Kemudian khusus pelaksanaan pilkada serentak, Bamsoet meminta lembaga penyelenggara pemilu dan Polri meningkatkan pengawasan. Potensi pelanggaran dinilai berpotensi muncul muncul seiring pelaksanaan ajang pilkada itu.

"Pengawasan agar penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dapat berjalan dengan aman dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya

Terkait Asian Games, dia berharap Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Panitia Penyelenggara secara gencar memublikasikan kegiatan itu. Baginya, informasi ajang olahraga besar itu harus mulai diperkuat ke masyarakat.

"Misalnya melalui berbagai media dan tempat-tempat publik yang strategis dan ramai pengunjung," cetus Bamsoet.

Dia berharap masyarakat mendukung kesuksesan pelaksanaan ajang untuk negara di benua Asia itu.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya